Menu

Mode Gelap
Djauzi dan Rafa Jadi Mojang Jajaka Kota Bandung 2023 *Pemilu 2024 Momentum Bagi Rakyat Indonesia Menentukan Masa Depan Negara dan Bangsa* Ini salah satu manfaat dari pajak yang Anda bayarkan… fasilitas kesehatan kepada seluruh masyarakat Indonesia, seperti @bpjskesehatan_ri. Ditjen pen pada rapat kerja HIMKI tahun 2023 Penandatanganan nota kesepahaman dan perjanjian kerja sama antara badan pengawas keuangan dan pembangunan dengan provinsi Papua Selatan Papua tengah Papua pegunungan dan Papua barat daya

Pendidikan · 22 Dec 2022 04:59 WIB ·

Berkembang Bersama Program Kampus Merdeka Studi Independen di Binar Academy


 Berkembang Bersama Program Kampus Merdeka Studi Independen di Binar Academy Perbesar

Kampus merdeka telah membuka program Magang dan Studi Independen (MSIB) batch tiga yang dibuka pada tanggal 1 Juni 2022. Magang dan Studi Independen Bersertifikat (MSIB) bertujuan untuk mengembangkan kemampuan spesifik yang dimiliki mahasiswa di era digital saat ini dan minat mahasiswa untuk berkembang. MSIB batch tiga ini bersifat terbuka bagi mahasiswa yang ingin mengikuti magang dan studi independen di perusahaan yang telah bekerja sama dengan program ini.

Menteri Pendidikan Kebudayaan Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek), Nadiem Anwar Makarim mengungkapkan bahwa MSIB bukanlah program magang dan studi independen biasa. Mitra perusahaan program MSIB ini adalah perusahaan yang sudah terjamin dalam pengembangan talenta baru, sehingga mahasiswa yang mengikuti program ini akan mendapatkan banyak pengalaman menyenangkan dan metode pembelajaran yang berkualitas dari mentor yang berpengalaman.

Salah satu mitra perusahaan yang bekerja sama dengan program MSIB yaitu PT Lentera Bangsa Benderang atau saat ini lebih dikenal dengan nama Binar Academy. Binar academy adalah perusahaan yang bergerak di bidang teknologi yang memiliki fokus pada pengembangan kemampuan talenta digital dengan memperbanyak pengalaman belajar talenta digital yang mengikuti studi di binar academy. Tujuan didirikannya perusahaan ini adalah mencari cahaya baru atau talenta digital baru yang nantinya diharapkan mampu menginspirasi banyak orang dan memberikan perubahan baru dalam mengembangkan teknologi Indonesia kedepannya.

Kegiatan menarik yang diadakan binar academy salah satunya adalah sharing session yang dilakukan di luar jam kegiatan pembelajaran dan dilaksanakan di waktu yang sudah ditentukan bersama oleh siswa binar. Beberapa opini dari mahasiswa yang pernah mengikuti program kampus merdeka MSIB di binar academy di batch ketiga menyatakan bahwa momen sharing session merupakan metode pembelajaran yang menyegarkan pikiran sehingga mahasiswa merasa nyaman dalam belajar. Sharing session juga merupakan momen untuk saling berkenalan satu sama lain antara siswa binar dengan siswa lain dari kampus yang berbeda – beda. Acara ini dapat dijalankan jika telah dilakukan pemilihan ketua pelaksana acara karena ketua pelaksana ini nantinya yang akan menentukan permainan dan jalanya acara. Permainan yang biasa dimainkan dalam acara ini adalah tebak gambar online, tebak lagu online, dan masih banyak lagi permainan dan acara lainnya. Tidak hanya itu,  kegiatan ini juga merupakan momen dimana mahasiswa yang mengikuti studi di binar academy dapat mengeluarkan beban masalah dipikirannya misalnya, tentang kegiatan pembelajaran, tentang sistem mengajar mentornya sudah sesuai atau belum, maupun tentang kehidupan sehari – hari. Dengan adanya sesi curhat pada Sharing session juga akan meningkatkan kemampuan diri yang dimiliki mahasiswa dimana kita akan berani untuk berbicara di depan umum.

Cara untuk meningkatkan kemampuan dasar mahasiswa juga bisa kita dapatkan selama pembelajaran berlangsung yaitu berupa motivasi yang diberikan oleh mentor. Motivasi yang diberikan juga cukup menarik untuk diterapkam, motivasi yang diberikan mentor yang masih diingat menurut mahasiswa yang pernah mengikuti program ini diantaranya terdapat materi belajar percaya diri kepada kemampuan sendiri. Pada motivasi ini, mentor menyampaikan agar kita jangan takut untuk menghadapi sebuah kegagalan. Kita sebagai mahasiswa harus berani mencoba meskipun resiko yang dihadapi cukup besar karena jika kita takut dalam menghadapi sebuah kegagalan maka di kehidupan seterusnya, kita tidak bisa berkembang menjadi pribadi yang lebih baik dan akan terus berada pada zona nyaman kita sendiri.

Artikel ini telah dibaca 33 kali

Baca Lainnya

Naik Bus, Ganjar-Mahfud Hadiri Sidang Perdana Sengketa Pilpres di MK

9 May 2024 - 10:39 WIB

Antisipasi sesar lembang.brin dorong bangunan di bandung gunakan anti gempa

8 May 2024 - 20:13 WIB

Tak Lagi Nyaleg DPR RI, Ono Surono: Saya Diperintah Nyalon DPRD Jabar

8 May 2024 - 19:02 WIB

Ganjar-Mahfud Resmi Deklarasi Oposisi!

8 May 2024 - 17:55 WIB

Jokowi Rajin Bagi-bagi Bansos, Uang Dari Mana? Ini Kata Sri Mulyani

6 April 2024 - 10:59 WIB

Saat Presiden Sukarno Tidak Punya Uang Menjelang Lebaran????

1 April 2024 - 19:11 WIB

Trending di Bisnis