Menu

Mode Gelap
Djauzi dan Rafa Jadi Mojang Jajaka Kota Bandung 2023 *Pemilu 2024 Momentum Bagi Rakyat Indonesia Menentukan Masa Depan Negara dan Bangsa* Ini salah satu manfaat dari pajak yang Anda bayarkan… fasilitas kesehatan kepada seluruh masyarakat Indonesia, seperti @bpjskesehatan_ri. Ditjen pen pada rapat kerja HIMKI tahun 2023 Penandatanganan nota kesepahaman dan perjanjian kerja sama antara badan pengawas keuangan dan pembangunan dengan provinsi Papua Selatan Papua tengah Papua pegunungan dan Papua barat daya

Nasional · 22 Dec 2022 19:32 WIB ·

Berkembang Bersama Kampus Merdeka Ruangguru


 Berkembang Bersama Kampus Merdeka Ruangguru Perbesar

Apa Itu Studi Independen Kampus Merdeka? 

Studi Independen Kampus Merdeka adalah program yang bertujuan untuk memberi kesempatan kepada mahasiswa untuk belajar dan mengembangkan diri melalui aktivitas di luar kelas, namun tetap diakui sebagai bagian dari perkuliahan. Misalnya seperti, mengikuti pelatihan atau kelas online.  Dengan mengikuti program ini, kamu dapat menguasai keahlian yang lebih spesifik dan praktis yang dicari dalam dunia kerja. 

 

Studi Independen akan berlangsung selama 1 hingga 2 semester dengan mengambil dari jatah SKS yang kamu miliki. Dengan mengikuti program ini, kamu juga bisa mendapatkan Sertifikat Kampus Merdeka dan berbagai keuntungan seperti, 

  • Pembelajaran yang relevan

Ilmu praktis dan sertifikasi yang sesuai kebutuhan industri.

  • Ubah aspirasi jadi aksi

Kesempatan untuk masuk ke dalam jalur karir yang diinginkan.

  • Kreativitas tanpa batas

Pengalaman mengimplementasikan ilmu sesuai standar industri.

  • Bangun dan perluas koneksi

Berjejaring dengan pihak yang relevan dengan karir pilihanmu.

Kini juga telah hadir Studi Independen Ruangguru yang menyediakan berbagai program studi yang menarik dan dapat meningkatkan keahlianmu, khususnya di bidang teknologi dan digital.

 

Ruangguru saat ini bekerjasama dengan Kampus Merdeka untuk membekali dan mempersiapkan generasi muda agar menjadi Lulusan Andalan di masa depan. Adapun Studi Independen Ruangguru bertujuan untuk memberikan pengalaman pembelajaran yang mendalam berbasis proyek dan penanganan bisnis nyata. 

 

Nantinya di Studi Independen Ruangguru kamu akan menjalani studi online komprehensif yang terdiri dari: 

 

  • Pembelajaran Mandiri, yaitu proses belajar melalui video pembelajaran online yang diajarkan oleh para pemimpin top di industri dengan total 91-150 jam. 
  • Pembelajaran Daring Sinkron, setiap peserta program studi mandiri akan memiliki kelas (25 mahasiswa) dengan mentor atau ahli eksternal untuk meningkatkan kompetensi teknis dengan total pembelajaran 332-482 jam.
  • Pendampingan, 1 on 1 mentoring berkelanjutan dengan mentor selama program (dua mingguan/2 jam) dengan total 40-50 jam
  • Kuliah Umum, yaitu sesi webinar/pembelajaran dua mingguan dengan keahlian eksternal untuk meningkatkan kompetensi umum kamu (dua mingguan-50 jam)
  • Tugas, tugas pembelajaran berbasis proyek dengan total waktu selama 270-450 jam

 

Di studi Independen Ruangguru, program studi yang saya ambil yaitu Frontend Engineering. 

Pada program tersebut bakal diajarkan untuk menciptakan situs web yang interaktif dan responsif. Di program pada batch 3,kita disuguhi 9  kelas dan tiap kelas menjelaskan topik mengenai front-end engineering, 9 kelas tersebut yaitu : 

  1. General Competence
  2. Software Engineering
  3. Front End Web Development with HTML & CSS
  4. Programming with JavaScript
  5. Interacting With Web API’s
  6. Intro Node.js
  7. Front End Web Development with React
  8. Consuming RESTful API
  9. Front End Deployment to Production

Kesembilan kelas tersebut diakses melalui aplikasi ruang guru camp yang ada pada PlayStore atau bisa diakses juga melalui website https://camp.ruangguru.com.Nanti setelah kita resmi dinyatakan lolos, maka akan mendapatkan sebuah username dan password yang telah dikirim oleh ruang guru melalui email, dan platform yang dipakai untuk komunikasi, pada batch 3 ini kami diarahkan ke salah satu platform yaitu discord, disana semua kegiatan yang berhubungan dengan pengumuman, QnA, sampai diskusi dilakukan. Pihak ruang guru nanti akan membagi kelas, tiap kelas terdapat 1 mentor dan 20-25 siswa studi independen ruang guru camp, program mentoring dilaksanakan minimal 1x tiap minggu dan minimal 1x coaching selama masa bakti di ruang guru camp. Mentoring sendiri yaitu suatu kegiatan belajar bersama dengan mentor yang telah ditentukan oleh pihak ruang guru camp sendiri. Biasanya tiap sesi mentoring terdapat paling banyak 10 siswa, tiap sesi membahas tentang program yang telah berlangsung pada waktu itu.Coaching sendiri yaitu suatu pertemuan 1 on 1 antara mentor dan siswa, disana dilaksanakannya sharing session tentang personalitas, seperti impian siswa kedepannya, cita-cita, keluhan pribadi, sampai problematika atau keresahan keresahan yang dialami oleh siswa itu sendiri.Untuk sistem pembelajaran dan penugasan yang telah diberikan oleh ruang guru sendiri yaitu melalui LMS, dan grader(sistem yang dirancang khusus oleh ruang guru camp untuk mengukur penilaian dalam tugas tugas yang diberikan, dan juga terdapat plagiarism detector didalamnya).

 

Itulah penjelasan mengenai apa itu Kampus Merdeka di salah satu mitra yaitu Ruangguru. Bagi kamu yang ingin mengetahui lebih banyak mengenai Studi Independen Ruangguru, bisa pantau terus instagram Ruangguru dan juga website kampus merdeka.

 

Artikel ini telah dibaca 101 kali

Baca Lainnya

Tim PKM RSH UMS, Lakukan Penelitian Tentang Taktik Bahasa dalam Kejahatan Siber

24 June 2024 - 12:01 WIB

Pemanfaatan Sampah Dapur Menjadi Cairan Serbaguna bersama Mahasiswa Pengabdian Masyarakat UPN “Veteran” Jawa Timur

22 June 2024 - 18:26 WIB

Sosialisasi “Pentingnya Sertifikasi Halal bagi UMKM Muda di Desa Candi, Kab. Sidoarjo”

20 June 2024 - 11:06 WIB

Kerja Bakti “Pembersihan Sampah Sekitar Sungai di Desa Ciburial RW 7

15 June 2024 - 21:50 WIB

Kegiatan Pengolahan Sampah Terpadu di Desa Ciburial “Mengubah Sampah Organik Menjadi Pupuk Kompos”

15 June 2024 - 21:43 WIB

Profil Desa Ciburial: Keindahan Alam yang Membutuhkan Pengelolaan Sampah Terpadu

15 June 2024 - 21:33 WIB

Trending di Pendidikan