Menu

Mode Gelap
Djauzi dan Rafa Jadi Mojang Jajaka Kota Bandung 2023 *Pemilu 2024 Momentum Bagi Rakyat Indonesia Menentukan Masa Depan Negara dan Bangsa* Ini salah satu manfaat dari pajak yang Anda bayarkan… fasilitas kesehatan kepada seluruh masyarakat Indonesia, seperti @bpjskesehatan_ri. Ditjen pen pada rapat kerja HIMKI tahun 2023 Penandatanganan nota kesepahaman dan perjanjian kerja sama antara badan pengawas keuangan dan pembangunan dengan provinsi Papua Selatan Papua tengah Papua pegunungan dan Papua barat daya

Pendidikan · 19 May 2022 15:01 WIB ·

Ar-Rahman dan Ar-Rahim : Pendidikan


 Ar-Rahman dan Ar-Rahim : Pendidikan Perbesar

MEDIABANGSA.CO.ID, Pasti kalian sudah tau mengenai Perbedaan kedua sifat Allah Ar-Rahman dan Ar-Rahim. Sebelum membahas lebih lanjut apa kalian tau apa itu pendidikan? dan apa itu sifat Allah Ar Rahman dan Ar Rahim yang dapat kita terapkan dalam dunia pendidikan?

Pendidikan

adalah mempelajari pengetahuan, keterampilan, dan kebiasaan beberapa orang atau sekelompok orang yang diturunkan dari satu generasi ke generasi berikutnya. Cara menurunkan dari generasi ke generasi melalui sebuah oraganisasi pengajaran, pelatihan, atau penelitian. Pendidikan sering terjadi di bawah bimbingan oleh orang lain yang memiliki pengetahuan lebih, tetapi juga memungkinkan secara otodidak. Etimologi kata pendidikan itu sendiri berasal dari bahasa Latin yaitu ducare, berarti “menuntun, mengarahkan, atau memimpin” dan awalan e, berarti “keluar”. Jadi, pendidikan berarti kegiatan “menuntun ke luar”.

Serta setiap pengalaman yang memiliki efek formatif pada cara orang berpikir, merasa, atau tindakan dapat dianggap pula sebagai pendidikan. Pendidikan formal umumnya dibagi menjadi tahap seperti prasekolah, sekolah dasar, sekolah menengah pertama, sekolah menengah atas, dan kemudian perguruan tinggi. Sedangkan pendidikan non-formal nya adalah seperti pengajian, pondok pesantren.

Ar-Rahman

adalah sifat Allah dimana sifat Ar Rahman ini merupakan wujud kasih sayang Allah. Alla memberikan kasih sayangnya terhadap semua hamba-Nya ketika di dunia baik yang beriman maupun yang tidak. Maka kita tidak perlu heran jika menemukan orang-orang yang tidak beriman tetapi diberikan nikmat yang luar biasa seperti harta, ketenaran, kecerdasan, jabatan dan lain sebagainya.

Ar-Rahim

adalah sifat Allah Yang Maha Penyayang, sebagaimana dikutip dari buku Cerita & Makna Asmaul Husna Untuk Anak karya Siti Wahyuni dan Arini Nurpadilah.

Perbedaan Ar-Rahman dan Ar-Rahim

Perbedaan dari kedua sifat Allah yaitu sifat Ar-Rahman dan Ar-Rahim dimana Ar-Rahman merupakan sifat yang Maha Penyayang dan Ar-Rahim sifat Maha Pengasih, apabila kedua sifat Allah kita maknai bersama akan menjadi sifat Allah yang Maha Pengasih Lagi Maha Penyayang.

Penerapannya

Didalam pendidikan cara kita menerapkan atau meneladani kedua sifat Allah Ar-Rahman dan Ar-Rahim dalam kehidupan sehari hari seperti di lingkungan sekolah, kampus, atau pondok pesantren. Diantaranya :

  • Lingkungan Sekolah :
    • Saling mengasihani teman apabila teman mengalami kesulitan.
    • Menegur teman untuk mendengarkan penjelasan guru ketika ramai dikelas dengan tujuan mengasihani guru kita yang bersusah payah menerangkan untuk didengarkan baik baik oleh muridnya.
  • Lingkungan Kampus :
    • Dengan mambantu teman yang tidak tau menau tentang kampus, seperti memberi tau alur bagaimana cara pembayaran spp, atau memberi tau bagaimana alur dan syarat syarat untuk lulus.
    • Tidak menginjak injak tanaman.
  • Lingkungan Pondok Pesantren :
    • Membantu segala kegiatan.
    • Merawat segala pemberian dari guru.
    • Membersihkan buku buku atau kitab kitab supaya bisa tetap terjaga kualitas buku dan kitab kitabnya.

Kesimpulan

Jadi, Kesimpulannya dari perbedaan kedua sifat Allah yaitu sifat Ar-Rahman dan Ar-Rahim adalah bahwa Ar-Rahman merupakan nama di antara nama-nama Allah dan menunjukkan makna rahmat yang luas. Sedangkan, Ar-Rahim merupakan nama bagi Allah yang menunjukkan makna perbuatan Allah dalam melimpahkan rahmat-Nya, dan Allah berkuasa melimpahkan rahmat-Nya kepada siapa saja yang Dia kehendaki.

Artikel ini telah dibaca 17 kali

Baca Lainnya

Pemanfaatan Sampah Dapur Menjadi Cairan Serbaguna bersama Mahasiswa Pengabdian Masyarakat UPN “Veteran” Jawa Timur

22 June 2024 - 18:26 WIB

Sosialisasi “Pentingnya Sertifikasi Halal bagi UMKM Muda di Desa Candi, Kab. Sidoarjo”

20 June 2024 - 11:06 WIB

Kerja Bakti “Pembersihan Sampah Sekitar Sungai di Desa Ciburial RW 7

15 June 2024 - 21:50 WIB

Kegiatan Pengolahan Sampah Terpadu di Desa Ciburial “Mengubah Sampah Organik Menjadi Pupuk Kompos”

15 June 2024 - 21:43 WIB

Profil Desa Ciburial: Keindahan Alam yang Membutuhkan Pengelolaan Sampah Terpadu

15 June 2024 - 21:33 WIB

Tax Policy and Economic Elites: Going Where the Money is Earmarking

12 June 2024 - 05:59 WIB

Trending di Pendidikan