Menu

Mode Gelap
Djauzi dan Rafa Jadi Mojang Jajaka Kota Bandung 2023 *Pemilu 2024 Momentum Bagi Rakyat Indonesia Menentukan Masa Depan Negara dan Bangsa* Ini salah satu manfaat dari pajak yang Anda bayarkan… fasilitas kesehatan kepada seluruh masyarakat Indonesia, seperti @bpjskesehatan_ri. Ditjen pen pada rapat kerja HIMKI tahun 2023 Penandatanganan nota kesepahaman dan perjanjian kerja sama antara badan pengawas keuangan dan pembangunan dengan provinsi Papua Selatan Papua tengah Papua pegunungan dan Papua barat daya

Bisnis · 26 May 2023 09:20 WIB ·

*Upacara Waisak 2567/ 2023 dan Thudong Dari Thailand Bukti Budaya Leluhur Kita Yang Tinggi*

Jacob Ereste :

Wali Spiritual Indonesia, Sri Eko Sriyanto Galgendu akan memberikan sambutan atas nama tokoh lintas agama di Indonesia dan Ketua Umum GMRI (Gerakan Moral Rekonsiliasi Indonesia) pada acara Gema Waisak 2567/ 2023 bertema “Memperkokoh Moral Membangun Kedamaian Bangsa” yang akan dilaksanakan pada 28 Mei 2023 pukul 11.00 sampai sekesai di Exhibition Hall, Lantai GF, Mega Glodok, Kemayoran, Jakarta.

Acara dirangkai dengan ramah-tamah bersama Bhikku Sangha ini akan dihadiri Dirjen Bimas Bhudda Kemeneg RI dan Pjd. Gubernur DKI Jakarta dengan memberikan cendramata bagi tamu dan undangan.

Sri Eko Sriyanto Galgendu mengatakan akan menyampaikan inti dari relevansi gerakan kesadaran kebangkitan dan kesadaran spiritual bagi segenap warga bangsa Indonesia dalam upaya membangun kedamaian bersama umat beragama di Indonesia yang plural dan kondusif sehingga dapat maksimal berkontribusi bagi bangsa dan negara.

Kecuali itu, pendiri sekaligus motor penggerak utama GMRI ini mengingatkan agar umat Bhudda di Indonesia memberi apresiasi upara Thudong yang dilakukan para Bhikku dari Thailand berjalan kali menuju Candi Brobudur, sebagai penghormatan pada warisan budaya leluhur suku bangsa Nusantara yang menjadi telah mendapat pengakuan sekaligus kebanggaan seluruh bangsa di dunia.

Uoacara Thudong adalah ritual berjalan kaki yang dilakukan oleh para bhikkhu dari Thailand. Dalam arti harafiah, ritual ‘thudong’ sebagai sarana untuk melepaskan diri berbagai beban yang tak baik bagi kehidupan, baik untuk manusia maupun alam semesta.

Jika upara ritual Thudong yang dilakukan menuju Csndi Brobudur itu dapat berjalan lancar seperti yang tekah diperhitungkan, maka perjalanan kaki par Bhikku dari Thailand itu akan memaduki kawasan Candi Brobudur pada 2 Juni 2023, kata Sri Eko Sriyanto Galgendu mengimgforasikan. Dan GMRI tengah melakukan koordinasi dengan berbagai pihak untuk memberi sambutan pada kehadiran para Bhikku di Candi Brobudur. Karena bagaimana pun, ritual Thudong itu semakin mengukuhkan warisan luluhur suku bangsa Nusantara bernilai universal.

Pecenongan, 23 Mei 2023

Artikel ini telah dibaca 17 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Tim PKM RSH UMS, Lakukan Penelitian Tentang Taktik Bahasa dalam Kejahatan Siber

24 June 2024 - 12:01 WIB

Pemanfaatan Sampah Dapur Menjadi Cairan Serbaguna bersama Mahasiswa Pengabdian Masyarakat UPN “Veteran” Jawa Timur

22 June 2024 - 18:26 WIB

Sosialisasi “Pentingnya Sertifikasi Halal bagi UMKM Muda di Desa Candi, Kab. Sidoarjo”

20 June 2024 - 11:06 WIB

Kerja Bakti “Pembersihan Sampah Sekitar Sungai di Desa Ciburial RW 7

15 June 2024 - 21:50 WIB

Kegiatan Pengolahan Sampah Terpadu di Desa Ciburial “Mengubah Sampah Organik Menjadi Pupuk Kompos”

15 June 2024 - 21:43 WIB

Profil Desa Ciburial: Keindahan Alam yang Membutuhkan Pengelolaan Sampah Terpadu

15 June 2024 - 21:33 WIB

Trending di Pendidikan