Menu

Mode Gelap
Djauzi dan Rafa Jadi Mojang Jajaka Kota Bandung 2023 *Pemilu 2024 Momentum Bagi Rakyat Indonesia Menentukan Masa Depan Negara dan Bangsa* Ini salah satu manfaat dari pajak yang Anda bayarkan… fasilitas kesehatan kepada seluruh masyarakat Indonesia, seperti @bpjskesehatan_ri. Ditjen pen pada rapat kerja HIMKI tahun 2023 Penandatanganan nota kesepahaman dan perjanjian kerja sama antara badan pengawas keuangan dan pembangunan dengan provinsi Papua Selatan Papua tengah Papua pegunungan dan Papua barat daya

Teknologi · 20 May 2022 14:11 WIB ·

Trend! Cara Menggunakan Kamera Analog Pemula


 Trend! Cara Menggunakan Kamera Analog Pemula Perbesar

Cara Menggunakan Kamera Analog Bagi Pemula. Di jaman yang sudah serba digital ini tentu semakin banyak jenis kamera yang keluar dipasaran. For instance, kamera digital, kamera DSLR, mirrorless, kamera compact, polaroid, dan lain sebagainya.

Above all, kamera analog termasuk kamera jadul dan dianggap memiliki filter yang tidak natural. Namun, akhir akhir ini kamera analog menjadi tren dikalangan anak muda dan pecinta fotografi.

Apa itu Kamera Analog?

Kamera analog merupakan jenis kamera yang menggunakan roll film untuk mengambil gambar. In other words, kamera analog tidak menghasilkan gambar digital. Hasil gambar yang sudah dipotret baru bisa dilihat melalui proses scan dan development terlebih dahulu.

Moreover, kamera analog tidak hanya memiliki satu jenis saja. Kamera analog punya berbagai jenis, salah satunya adalah kamera analog point and shoot (35mm) yang tergolong terjangkau dan mudah digunakan bagi pemula.

Therefore, masih banyak orang yang bingung bagaimana cara menggunakan kamera analog yang tepat agar hasil jepretan bisa memuaskan. Tepat sekali, disini akan dibagikan cara kerja kamera analog.

Cara Menggunakan Kamera Analog

Before that, harap diingat bahwa kamera analog membutuhkan roll film sebagai media untuk menangkap gambar dan juga hasil jepretan tidak bisa langsung dilihat. Maka dari itu, simak langkah langkah berikut.

  1. Firstly, siapkan kamera analog, roll film, dan baterai AA. For instance, kamera Cannonmate Tiger dan roll film Kodak Color Plus 200 (35mm).
  2. Secondly, pasang baterai pada tempat baterai agar kamera bisa menyala.
  3. Thirdly, buka backdoor pada kamera untuk meletakkan roll film. Pastikan lubang pada roll film sudah pas dengan gerigi yang ada. Perhatikan, jangan buka backdoor ketika roll film sudah didalam agar hasil gambar tidak terbakar. Buka backdoor hanya ketika roll film sudah habis.
  4. In addition, nyalakan kamera kemudian coba jepret sebanyak 2 kali untuk memastikan roll film bisa digunakan. Kita bisa foto sebanyak 36 kali
  5. After that, Jika roll film sudah habis (terlihat pada counter film), rewind roll film agar kembali tergulung seperti semula. Kemudian roll film bisa diambil.
  6. Most importantly, scan dan develop roll film untuk melihat hasil gambar. Scan dan develop bisa dilakukan pada jasa pencucian film terdekat. Biasanya jasa scan dan develop seharga sekitar 50 – 70 ribu.

Kesimpulan

In conclusion, kamera analog membutuhkan kesabaran dan ketelatenan karena kita tidak tau hasil jepretan kita bagaimana. Lebih lebih lagi, kamera analog memiliki range harga mulai dari 100 ribu hingga jutaan. Maka dari itu, sesuaikan saja dengan budget dan kebutuhan masing masing.

Begitulah cara menggunakan kamera analog bagi pemula. Jika ingin mempelajari lebih dalam dan diiringi dengan praktek secara langsung, Youtube menyediakan berbagai macam tutorial dan penjelasan mengenai kamera analog.

Pastikan untuk selalu update seputar berita terbaru, hanya di media bangsa.

Terima Kasih! 🙂

 

Artikel ini telah dibaca 56 kali

Baca Lainnya

*Aksi Bersama Segenap Elemen Masyarakat, Pers, Kaum Buruh, Aktivis Pergerakan Menolak UU Penyiaran & Pandemi Treaty*

28 May 2024 - 11:02 WIB

*Adakah yang Tahu Letak Jalan Culik di Bandung*

27 May 2024 - 15:31 WIB

*Kearifan Lokal Dapat Menjadi Bekal Membuka & Masuk Dalam Gerbang Indonesia Emas Tahun 2045*

26 May 2024 - 10:32 WIB

*Persiapan Generasi Milenial Hari Ini Untuk Membuka & Masuk ke Gerbang Indonesia Emas Pada Tahun 2045*

26 May 2024 - 00:46 WIB

Semangat Kebangkitan Nasional Untuk Energi Menuju Indonesia Emas

20 May 2024 - 15:42 WIB

Naik Bus, Ganjar-Mahfud Hadiri Sidang Perdana Sengketa Pilpres di MK

9 May 2024 - 10:39 WIB

Trending di Bisnis