Istilah copywriting pasti sudah tidak asing dalam dunia digital marketing. Nah, apa sih copywriting itu?
Definisi
Copywriting merupakan suatu teks pemasaran atau iklan untuk mempersuasi konsumen membeli barang atau menggunakan jasa dari suatu brand. Meskipun terdengar simpel, ternyata copywriting juga memiliki tekniknya sendiri, lho! Seorang copywriter dituntut untuk bisa menarik perhatian audiens melalui tulisan singkat.
Bagaimana sih kiat-kiat dalam membuat copywriting yang menarik? Berikut langkah-langkah dalam membuat copywriting.
Langkah-Langkah Copywriting
- Kenali Produk
Ketika akan memasarkan suatu produk, tentunya kita harus memiliki pemahaman mengenai produk yang akan dipasarkan. Hal-hal krusial yang perlu diketahui ini mencakup keunikan, fitur, dan manfaat dari produk. Dengan mengenali produk, kita bisa menekankan promosi pada unique selling point atau USP dari suatu produk. USP sendiri merupakan keunikan dari suatu produk yang tidak dapat ditemukan di brand lainnya. Dengan kata lain, suatu hal yang membuat produk kita unggul dibandingkan kompetitor.
- Kenali Konsumen
Sebuah produk hadir untuk menjawab permasalahan konsumen. Oleh karena itu, selain mengenal produk yang akan dipasarkan, penting untuk mengenali kebutuhan konsumen. Pertama-tama, kita dapat menentukan target market dari brand kita. Misalnya, apabila kita ingin memasarkan sebuah minuman kekinian, jelas target market kita merupakan anak muda. Dengan mengenali konsumen, kita dapat membuat copywriting yang disesuaikan dengan kebutuhan target market kita.
- Buat Headline yang Memikat
Hal pertama yang dibaca oleh audiens adalah headline iklan. Meskipun hanya terdiri dari beberapa kata, membuat headline yang menarik tidaklah mudah. Pertama, kita harus dapat mencantumkan manfaat produk. Contohnya, “Ingin Ubah Wajah Kusam Menjadi Cerah?”. Kedua, menggunakan data yang menarik perhatian audiens. Biasanya, data ini dapat berupa angka atau persentase. Contohnya, “30% Wanita di Indonesia Menggunakan Produk Ini.”. Terakhir, tidak menggunakan kalimat yang terlalu panjang. Cukup berisi inti dari produk yang ingin diiklankan.
Nah, kita sudah membahas langkah-langkah membuat copywriting yang menarik. Dengan menggunakan tips-tips ini, harapannya kita bisa memasarkan produk kita dengan lebih baik lagi. Semoga berguna!
Baca Lainnya: Apa itu Figma? Mengenal Lebih Dekat Fitur Figma!