Menu

Mode Gelap
Djauzi dan Rafa Jadi Mojang Jajaka Kota Bandung 2023 *Pemilu 2024 Momentum Bagi Rakyat Indonesia Menentukan Masa Depan Negara dan Bangsa* Ini salah satu manfaat dari pajak yang Anda bayarkan… fasilitas kesehatan kepada seluruh masyarakat Indonesia, seperti @bpjskesehatan_ri. Ditjen pen pada rapat kerja HIMKI tahun 2023 Penandatanganan nota kesepahaman dan perjanjian kerja sama antara badan pengawas keuangan dan pembangunan dengan provinsi Papua Selatan Papua tengah Papua pegunungan dan Papua barat daya

Teknologi · 19 May 2022 03:47 WIB ·

Tips Berinternet dengan aman agar terhindar dari malware


 Berbagai macam Malware yang tersebar di internet. (image source : https://pixabay.com/) Perbesar

Berbagai macam Malware yang tersebar di internet. (image source : https://pixabay.com/)

 

Malware adalah istilah yang digunakan untuk software berbahaya yang dirancang untuk merusak atau melakukan tindakan yang tidak diinginkan terhadap sistem komputer. Contoh software berbahaya meliputi :

  • Virus
    Virus komputer adalah sebuah program software kecil yang menyebar dari satu komputer ke komputer lain dan mengganggu pengoperasian komputer. virus dapat merusak atau menghapus data di komputer.
  • Worm
    Worm merupakan kode komputer yang menyebar tanpa interaksi pengguna. sebagian besar worm dimulai sebagai lampiran email yang menginfeksi komputer ketika dibuka.
  • Trojan
    Trojan adalah software berbahaya yang bersembunyi di dalam program lain. Program ini kemudian akan menaruh kode ke dalam sistem operasi yang memungkingkan hacker untuk mengakses komputer yang terinfeksi.
  • Spyware
    Spyware merupakan software yang bisa mengubah konfigurasi komputer atau mengumpulkan data dan informasi pribadi. program ini dikhususkan untuk melacak dan mengumpulkan data semua kegiatan internet pengguna.
  • software keamanan yang belum terjamin
    software ini biasanya akan berusaha membuat anda berpikir bahwa komputer terserang virus dan biasanya menyuruh untuk mengunduh atau membeli produk yang menghapus virus. Nama produk ini sering berisi kata-kata seperti Antivirus, Shield, Security, Protection, atau Fixer.

Nah, Untuk terhindar dari Software-Software yang dianggap Malware seperti diatas, Berikut Tips Berinternet dengan aman dan nyaman.

1. Pasang Antivirus dan Update secara berkala

Antivirus adalah salah satu aplikasi yang wajib diinstal pada sebuah sistem operasi terutama bagi pengguna windows. Antivirus ini mempunyai daftar-daftar software yang dianggap berbahaya dan menghapusnya dari sistem operasi. Namun Untuk memilih Antivirus yang aman pengguna juga harus berhati-hati dan memilih antivirus dengan lisensi yang jelas.

2. Hindari Website yang terlihat mencurigakan

Pada masa digital sekarang ini banyak sekali bentuk penipuan, dan salah satunya adalah mengarahkan ke sebuah website dimana korban diminta untuk mengisikan sebuah informasi data diri untuk mengklaim sebuah hadiah, atau website tersebut sudah terdapat spyware didalamnya. oleh karena itu pengguna internet harus lebih berhati hati dalam mengunjungi sebuah website terutama website yang mencurigakan dengan domain yang terkesan asing dan tidak pernah didengar.

3. Hindari menekan iklan mencurigakan pada sebuah Website

Di era sekarang pun iklan juga bisa digunakan sebagai media kejahatan. Tak jarang iklan-iklan yang dipasang di sebuah website juga bisa mengandung malware berbahaya yang bisa merusak komputer, dan biasanya pemicu penyebaran malware lewat iklan adalah dengan menekan iklan tersebut. Oleh karena itu pastikan berhati hati dan tidak asal klik iklan pada sebuah website terutama selain dari penyedia iklan resmi.

4. Berhati-hati ketika menggunakan jaringan terbuka

Wi-Fi Gratis adalah layanan yang paling diminati oleh pengguna masa ini, pasalnya kita dapat berselancar di internet tanpa biaya yang mahal cukup dengan mengoneksikan perangkat kita pada jaringan yang sudah terhubung di internet. akan tetapi jaringan yang tidak memiliki kata sandi atau bisa dikatakan sebagai jaringan terbuka, berpotensi menyebarkan virus ke perangkat yang telah terkoneksi disebabkan oleh banyaknya pengguna yang bisa terhubung dengan jaringan dengan mudah. Dengan jaringan terbuka tersebut memudahkan peretas untuk melakukan aksinya jadi pastikan untuk menggunakan jaringan yang aman.

5. Waspada saat menerima email dari pengirim tak dikenal

Tidak jarang pengguna internet menerima email dari pengirim yang tak dikenal, dan isi dari email tersebut terdapat lampiran atau attachment. Bisa jadi lampiran atau attachment tersebut sengaja dikirim berisi malware sebagai sarana untuk mengambil informasi dari penerima. Untuk menghindarinya, pastikan untuk menerima email dari pengirim yang dikenal atau email dari aktifitas yang kita lakukan dan kita sedang menunggu email tersebut.

Artikel ini telah dibaca 19 kali

Baca Lainnya

*Aksi Bersama Segenap Elemen Masyarakat, Pers, Kaum Buruh, Aktivis Pergerakan Menolak UU Penyiaran & Pandemi Treaty*

28 May 2024 - 11:02 WIB

*Adakah yang Tahu Letak Jalan Culik di Bandung*

27 May 2024 - 15:31 WIB

*Kearifan Lokal Dapat Menjadi Bekal Membuka & Masuk Dalam Gerbang Indonesia Emas Tahun 2045*

26 May 2024 - 10:32 WIB

*Persiapan Generasi Milenial Hari Ini Untuk Membuka & Masuk ke Gerbang Indonesia Emas Pada Tahun 2045*

26 May 2024 - 00:46 WIB

Semangat Kebangkitan Nasional Untuk Energi Menuju Indonesia Emas

20 May 2024 - 15:42 WIB

Naik Bus, Ganjar-Mahfud Hadiri Sidang Perdana Sengketa Pilpres di MK

9 May 2024 - 10:39 WIB

Trending di Bisnis