Menu

Mode Gelap
Djauzi dan Rafa Jadi Mojang Jajaka Kota Bandung 2023 *Pemilu 2024 Momentum Bagi Rakyat Indonesia Menentukan Masa Depan Negara dan Bangsa* Ini salah satu manfaat dari pajak yang Anda bayarkan… fasilitas kesehatan kepada seluruh masyarakat Indonesia, seperti @bpjskesehatan_ri. Ditjen pen pada rapat kerja HIMKI tahun 2023 Penandatanganan nota kesepahaman dan perjanjian kerja sama antara badan pengawas keuangan dan pembangunan dengan provinsi Papua Selatan Papua tengah Papua pegunungan dan Papua barat daya

Bisnis · 2 Oct 2023 08:41 WIB ·

Tingkatkan Transaksi Ritel, Pertamina Hadirkan Puluhan UMKM di Inacraft


 Tingkatkan Transaksi Ritel, Pertamina Hadirkan Puluhan UMKM di Inacraft Perbesar

Media Bangsa – PT Pertamina (Persero) akan menghadirkan 20 usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) binaan pada gelaran Jakarta International Handicraft Trade Fair (Inacraft) 2023 di Jakarta pada 4-8 Oktober 2023.

Hal tersebut disampaikan VP CSR dan SMEPP Management Pertamina, Fajriyah Usman, dalam keterangan tertulisnya, Minggu (1/10/2023).

 Menurut Fajriyah,  UMKM yang ikut serta telah melewati kurasi sejak awal September 2023.
UMKM tersebut merupakan binaan program Pendanaan Usaha Mikro Kecil (PUMK) serta di bawah naungan Rumah BUMN Pertamina serta PF Preneur.

“Sejumlah produk kerajinan dan fesyen mitra binaan Pertamina tersebut mulai dari produk kain songket, jumputan, tenun, sasirangan, serta batik,” kata Fajriyah.

Produk wastra unggulan tersebut akan dibawa oleh perajin songket Ilham Bahari, Jumputan Pelangi, Kantan Sasirangan, Griya Kain Solo, Batik Gunawan Design, Batik Sumber Arafat, dan Kainnesia.

Koleksi busana muslim akan diusung Meeta Fauzan dan Almira, serta busana dengan kain printing bercerita karya Haluan Bali.

Lalu, produk aksesoris akan diramaikan Mutiara Gitbay, Puri Bali Silver, Kraton Leather, Adhimas Handycraft, Faiza Bordir, sepatu tenun Sikilib, tas dan produk kerajinan berbahan goni dari N21 Handmade, aneka produk perabotan kayu dari Akar Dewa Jati, dan juga produk kesehatan tradisional seperti VCO dari Bali Pure.

Menurut Fajriyah, mulai bergeliatnya kegiatan pameran secara luring atau offline, serta hadirnya produk-produk yang terseleksi, akan menjadi daya tarik di booth mitra binaan Pertamina, sehingga akan meningkatkan transaksi ritel dan grup pembeli dari dalam dan luar negeri.

Fajriyaj mengharapkan, proyeksi transaksi Inacraft kali ini tidak berbeda jauh dari ajang serupa pada Maret 2023, dengan UMKM binaan Pertamina mencatatkan transaksi Rp2,4 miliar.

Fajriyah mengungkapkan, kehadiran UMKM binaan Pertamina di Inacraft juga akan diramaikan dengan booth eksklusif merchandise Moto GP.

“Sejalan dengan tema program tanggung jawab sosial dan lingkungan (TJSL) perusahaan yakni ‘Energizing Community Sustainability’, Pertamina berharap kegiatan pembinaan UMKM binaan melalui pameran nasional ini, tidak sekadar meningkatkan penjualan pada saat pameran, namun sekaligus menjadi peluang untuk mendapatkan buyer potensial di industri kreatif, pariwisata, sebagai wujud keberlanjutan pembinaan ekonomi para mitra UMKM,” katanya.

Artikel ini telah dibaca 13 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Satgas Yonif 133/YS Gelar Kuali Merah Putih di Zona Merah

16 April 2024 - 09:46 WIB

Fundamental Ekonomi Indonesia Tetap Kuat Redam Dampak Konflik Timur Tengah

16 April 2024 - 09:36 WIB

Dukung Program Pompanisasi, Kementan Gencarkan Listrik Masuk Sawah

15 April 2024 - 08:12 WIB

Kementan dan Provinsi Banten Kembangkan Padi Varietas Biosalin

15 April 2024 - 08:03 WIB

Ini Bentuk Dukungan Pemerintah terhadap Petani

11 April 2024 - 11:33 WIB

KKP Raih Pengakuan Standar Internasional Antisuap

11 April 2024 - 11:23 WIB

Trending di Bisnis