Menu

Mode Gelap
Djauzi dan Rafa Jadi Mojang Jajaka Kota Bandung 2023 *Pemilu 2024 Momentum Bagi Rakyat Indonesia Menentukan Masa Depan Negara dan Bangsa* Ini salah satu manfaat dari pajak yang Anda bayarkan… fasilitas kesehatan kepada seluruh masyarakat Indonesia, seperti @bpjskesehatan_ri. Ditjen pen pada rapat kerja HIMKI tahun 2023 Penandatanganan nota kesepahaman dan perjanjian kerja sama antara badan pengawas keuangan dan pembangunan dengan provinsi Papua Selatan Papua tengah Papua pegunungan dan Papua barat daya

Pendidikan · 19 May 2022 10:25 WIB ·

Menerapkan Business Model Canvas Pada Bisnis


 Entrepreneur. Chart with keywords and icons Perbesar

Entrepreneur. Chart with keywords and icons

Tegaknya perekonomian suatu negara tidak terlepas dari peran seorang enterpreuner. Membangun dan mengembangkan bisnis dengan berbagai perubahan, inovasi dan ide-ide baru ke dalam pangsa pasar yang mereka tuju. Meskipun banyaknya pengusaha Indonesia yang sukses dan mampu mencapai taraf internasional, tak dapat dipungkiri kalau banyak juga bisnis yang mengalami kegagalan. Terutama pada era pandemi sebelumnya, berbagai usaha dan umkm gulung tikar karena tidak mampu mengatasi perubahan.

Oleh karena itu, pentingnya seorang enterpreuner untuk merancang strategi bisnis yang baik sehingga mampu mencapai tujuannya. Salah satunya yaitu dengan menggunakan menerapkan Business Model Canvas pada bisnis anda. Business Model Canvas adalah salah satu kerangka manajemen bisnis yang berfungsi untuk merancang strategi bisnis yang dijalankan.

Dengan menerapkan business model canvas, anda bisa memaparkan dan merencanakan ide bisnis ataupun konsep bisnis yang anda inginkan. Tidak hanya itu, kita juga dapat sekaligus melakukan analisa untuk membuat strategi bisnis yang cocok dengan bisnis yang dijalankan. Model bisnis ini pertama kali diperkenalkan oleh Alexander Osterwalder dalam bukunya yang berjudul Business Model Generation tahun 2005. Dengan adanya bmc tersebut, dapat memudahkan anda untuk melihat gambaran bisnis yang ingin anda kembangkan.

Bagaimana Cara Membuat Business Model Canvas?

Business Model Canvas Template

Kerangka BMC memiliki 9 komponen penting yaitu:

  • Customer Segments

Kepada siapa produk ingin kalian pasarkan? Siapa yang bakal membeli produk anda? Disini anda harus tentukan target pengguna dari produk bisnis yang dikembangkan.

  • Value Propositions

Nilai dan kelebihan dari produk yang anda tawarkan pada pelanggan. Mengapa pengguna memilih produk/jasa anda? Apa sih yang menjadi nilai tarik dari produk anda.

  • Channels

Cara atau bagaimana Langkah yang anda lakukan untuk bisa mencapai target anda. Anda bisa menggunakan berbagai teknik marketing untuk mampu memasarkan produk hingga ke pelanggan.

  • Customer Relationship

Disini selain memasarkan produk dan menjangkau pelanggan, suatu bisnis juga harus bisa mempertahankan pelanggan karena bisnis merupakan usaha jangka Panjang. Sehingga dibutuhkan suatu strategi yang mampu mempertahankan relationship yang baik dengan pelanggan.

  • Revenue Streams

Poin penting dalam menjalankan bisnis tentunya pada keuntungan atau laba yang dihasilkan. Oleh sebab itu, pada komponen ini dituliskan poin poin dari bagaimana bisnis anda menghasilkan keuntungan.

  • Key Resources

Selain customer, anda juga harus mengetahui sumber daya yang anda punya dalam menjalankan bisnis. Dengan mengetahui hal tersebut mampu mempermudah anda dalam memetakkan strategi dan menargetkan tujuan.

  • Key Activities

Kegiatan utama dari bisnis anda seperti kegiatan yang dilakukan dalam mencapai tujuan bisnis anda, Langkah yang dilakukan untuk menciptakan value proposition produk anda, dan lainnya.

  • Key Partners

Untuk mempu memenuhi sumber daya yang anda miliki, tentunya dibutuhkan mitra/pemasok. Sumber daya yang tidak mampu anda dapatkan sendiri dan salah satu factor untuk mempu menjalankan key activities bisnis anda.

  • Cost Structure

Komponen terakhri yaitu biaya atau pengeluaran apa saja yang dikeluarkan untuk menjalankan bisnis anda, mulai dari channels, key activies, key resource dan kebutuhan lainnya.

Komponen – komponen tersebut akan disusun perkotak dan disatukan dalam satu frame, sehingga kerangka inilah yang dikenal dengan Business Model Canvas. Dengan perkembangan teknologi saat ini, banyak situs website yang menyediakan template business model canvas yang lebih menarik visualisasinya dan mempermudah analisa bisnis anda.

Artikel ini telah dibaca 63 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Pemanfaatan Sampah Dapur Menjadi Cairan Serbaguna bersama Mahasiswa Pengabdian Masyarakat UPN “Veteran” Jawa Timur

22 June 2024 - 18:26 WIB

Sosialisasi “Pentingnya Sertifikasi Halal bagi UMKM Muda di Desa Candi, Kab. Sidoarjo”

20 June 2024 - 11:06 WIB

Kerja Bakti “Pembersihan Sampah Sekitar Sungai di Desa Ciburial RW 7

15 June 2024 - 21:50 WIB

Kegiatan Pengolahan Sampah Terpadu di Desa Ciburial “Mengubah Sampah Organik Menjadi Pupuk Kompos”

15 June 2024 - 21:43 WIB

Profil Desa Ciburial: Keindahan Alam yang Membutuhkan Pengelolaan Sampah Terpadu

15 June 2024 - 21:33 WIB

Tax Policy and Economic Elites: Going Where the Money is Earmarking

12 June 2024 - 05:59 WIB

Trending di Pendidikan