Pengertian Copywriting

Copywriting diambil dari kata Copy yang artinya teks yang digunakan individu atau brand  untuk mempromosikan atau menjual sesuatu. Sedangkan, writing adalah kegiatan menghasilkan tulisan.

campaign dari tokopedia menggunakan KOL

Jadi …

Copywriting bisa kita artikan sebagai teknik untuk berkomunikasi secara tidak langsung-melalui tulisan persuasif atau sugestif-dengan audiens/pembaca.

Apa Bedanya Tagline dan Slogan Pada Copywriting?

Tagline dan Slogan menjadi pendukung dalam kesuksesan copywriting yang dipakai. Nah, apa sih bedanya tagline dan slogan?..

Tagline sering juga disebut logo verbal. tagline merepresentasikan visi dan misi merek/brand. Tagline menggunakan frasa yang unk, inspiratif, sindiran, dan lain-lain.

 copywriting tagline oleh bhinaya.co.id

Slogan digunakan untuk memasarkan suatu produk atau jasa dari sebuah brand. Slogan biasanya digunakan dalam jangka waktu tertentu, selama produk itu ada.

  • menggunakan kalimat ajakan,
  • berisi fitur atau manfaat produk,
  • tentang calon konsumen.

contoh slogan dengan iphone 13 Pro

Tata Krama Penulisan Ketika Kita Berjualan (Offline dan Online)

Sajikanlah iklan dengan bahasa yang mudah agar calon pembeli pahami dan hindari menyesatkan.

warung dengan penulisan unik tanpa copywriting

Sebaiknya, hindari juga menggunakan kata-kata superlatif seperti :

  • “pagar”
  • “nomer satu”
  • “atas”, atau
  • kata-kata yang berawalan “ter”.

Mengenal Perbedaan Fitur, Keunggulan, Manfaat, dan Nilai Copywritng

Fitur (Feature)

Karakteristik khusus yang terdapat atau melekat pada suatu produk. Fitur erat kaitanya dengan fasilitas, bahan, spesifikasi, warna, bentuk, tekstur. Contoh :

Barang: Hijab

  • Kain voile
  • Pewarna tekstil dari Jepang
  • Jahitan dengan mesin impor dari Jerman

 

Keuntungan _

segala hal(fungsi atau peran) yang bisa dilakukan oleh fitur, Contoh :

fitur: Kain

Keunggulan :

  • Tekstur yang sangat halus dan ringan
  • Pengguna mudah membentuk sesuai selera
  • Awet dan tidak menerawang

Manfaat (Benefit)

Apa yang bakal calon konsumen dapatkan ketika membeli produkmu(barang atau jasa). Oleh karena itu, fokus pada penjelasan manfaat ada di benak, pikiran, kehendak, dan perasaan hati konsumen. Contoh :

  • Tekstur yang sangat halus dan ringan sehingga nyaman untuk kamu pake seharian
  • Mudah kamu bentuk sehingga bisa menyesuaikan selera fesyenmu
  • Bebas kerawang sehingga kamu tanpa perlu takut keluar rumah

Nilai(Nilai)

sesuatu yang ketika konsumen memilikinya, ia merasakan atau mendapatkan kebahagiaan. Contoh :

  • Kenyamanan  dari bahan berkualitas hijab Pira Kambera mampu  membantumu lebih produktif  saat bekerja. Baik saat di dalam ruangan maupun di luar ruangan

Struktur Copywriting

  1. Judul:
  2. Salinan Tubuh
  3. Penutupan

Judul:

Headline adalah bagian terpenting dari copywriting. Jika headline-mu lemah dalam menarik perhatian pembaca kurang dari 5 detik, mereka akan mengabaikan isi penawaranmu—sebagus apa pun isinya!Contoh.

  • Ternyata, Pasta Gigi Ini Ampuh
    Banget Ngilangin Noda di Gigimu
  • Kamu Lagi Nyari Jasa Desain yang
    “Harga Temen”?

Salinan Tubuh

Bagian inti atau isi dari copy yang terdiri dari kalimat pengantar, deskripsi produk, fitur produk, manfaat produk, keunikan produk, alasan kenapa orang harus beli, bonus, garansi, dan harga.

Penutupan

Bagian penutup copy yang berisi

  • testimoni,
  • bukti sosial
  • menakuti calon pembeli
  • panggilan untuk bertindak

Contoh CTA dengan kalimat panjang

  1. Beli sekarang sebelum kamu kehabisan!
  2. Miliki sekarang mumpung lagi diskon!
  3. Bawa pulang sekarang untuk tampil keren!

Formula Copywriting: MAS

masalah

Guna membangkitkan respon dan rasa keingintahuan audiens. Kamu harus bisa mengidentifikasi masalah audiens dengan sebaik-baiknya. Poin masalah ini letaknya ada di headline.

Agitasi

Apa itu agitasi? Pengertian agitasi yang dimuat KBBI, yakni sebuah hasutan (membangkitkan perhatian) kepada banyak orang. Poin agitasi ini letaknya ada di bodycopy.

Solusi

Setelah berhasil mengidentifikasi masalah, mengagitasi audiens, dan tahap terakhir, yakni memberikan solusi!

Berikan solusi kepada audiens dengan manfaat barang atau jasa yang kamu tawarkan.

Poin solusi ini letaknya ada di closing.

Penutup

Jadi, copywriting sangat memiliki manfaat dalam penulisan menjadikan brand atau merek bisa dikenal banyak orang melalui tagline atau slogan yang dibuat. Dengan kemampuan copywriting kamu bisa mempengaruhi calon customer untuk membeli produk kamu sehingga kamu bisa menaikan omzet dengan hanya sebuah tulisan.