Menu

Mode Gelap
Djauzi dan Rafa Jadi Mojang Jajaka Kota Bandung 2023 *Pemilu 2024 Momentum Bagi Rakyat Indonesia Menentukan Masa Depan Negara dan Bangsa* Ini salah satu manfaat dari pajak yang Anda bayarkan… fasilitas kesehatan kepada seluruh masyarakat Indonesia, seperti @bpjskesehatan_ri. Ditjen pen pada rapat kerja HIMKI tahun 2023 Penandatanganan nota kesepahaman dan perjanjian kerja sama antara badan pengawas keuangan dan pembangunan dengan provinsi Papua Selatan Papua tengah Papua pegunungan dan Papua barat daya

Pendidikan · 5 Jul 2023 00:26 WIB ·

Studi Independent “Becoming Professional UI/UX Designer” di Alterra Academy : menciptakan generasi yang tanggap teknologi


 Studi Independent “Becoming Professional UI/UX Designer” di Alterra Academy : menciptakan generasi yang tanggap teknologi Perbesar

Kampus Merdeka

 

Kampus Merdeka adalah sebuah konsep pendidikan tinggi yang diperkenalkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Konsep ini bertujuan untuk memberikan kebebasan yang lebih besar kepada mahasiswa dalam menentukan jalan pendidikan mereka sendiri. Di bawah Kampus Merdeka, mahasiswa memiliki fleksibilitas untuk memilih mata kuliah, dosen, dan bahkan institusi pendidikan yang ingin mereka ikuti. Dengan adanya Kampus Merdeka, diharapkan mahasiswa dapat mengembangkan kemampuan diri sesuai dengan minat dan potensi mereka secara lebih bebas dan kreatif.

Salah satu aspek penting dari Kampus Merdeka adalah adanya Program Merdeka Belajar. Program ini memungkinkan mahasiswa untuk belajar di luar kelas dengan lebih mandiri dan beragam. Mahasiswa dapat mengakses sumber belajar online, melakukan magang atau praktik kerja di perusahaan, atau bahkan mengambil mata kuliah di luar kampus mereka. Dengan Program Merdeka Belajar, mahasiswa memiliki kesempatan untuk memperluas pengetahuan dan keterampilan mereka di luar kurikulum yang sudah ditetapkan, sehingga mereka dapat menghadapi tantangan dunia kerja dengan lebih siap.

Selain itu, Kampus Merdeka juga mendorong kolaborasi antarinstansi pendidikan. Dalam konsep ini, mahasiswa tidak hanya terikat pada satu institusi pendidikan, tetapi juga dapat mengambil mata kuliah di universitas atau institusi lain. Hal ini memungkinkan mahasiswa untuk mendapatkan akses ke sumber daya dan pengalaman yang lebih beragam. Kolaborasi ini juga melibatkan pertukaran dosen dan penelitian antarinstitusi, sehingga menciptakan ekosistem pendidikan yang lebih dinamis dan inovatif.

Logo Alterra Academy

Alterra Academy aktif dalam mendukung program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang diperkenalkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. MBKM adalah program yang memberikan kebebasan kepada mahasiswa untuk memilih dan mengakses berbagai program pembelajaran di luar kampus mereka. Sebagai institusi pendidikan yang inovatif, Alterra Academy berperan dalam mendukung inisiatif ini dengan menyediakan program pembelajaran yang relevan dan bermanfaat bagi mahasiswa.

Alterra Academy juga memberikan dukungan dan aksesibilitas bagi mahasiswa yang ingin mengikuti MBKM di luar kampus mereka. Mereka menyediakan opsi pembelajaran jarak jauh atau online untuk memungkinkan mahasiswa mengakses materi pembelajaran dari mana saja. Selain itu, institusi ini juga dapat menjalin kerjasama dengan perguruan tinggi lain untuk menyelenggarakan program bersama atau pertukaran mahasiswa. Dengan demikian, mahasiswa yang ingin mengikuti program MBKM di Alterra Academy dapat memperoleh pengalaman belajar yang kaya dan bermanfaat.

Program MBKM (Studi Independent) ini memiliki beberapa mitra atau perusahaan yang bekerjasama dari berbagai industri. Salah satu mitra tersebut adalah PT Marka Kreasi Persada(Alterra Academy). Program studi independen di Alterra sendiri memberikan beberapa macam program yang menarik, yaitu: Becoming Professional UI/UX Designer, Be A Top Search Quality Engineer, 2023 Complete Mobile Engineer Career With Flutter, 2023 Complete Front-End Engineer Career With ReactJS, dan 100% Mastering Golang Programming. Program studi independen bersertifikat yang diadakan oleh Alterra ini berlangsung selama 4 bulan,  yang dimulai pada tanggal 16 Februari dan berakhir pada tanggal 30 Juni 2023.

Pandu Ali Wijaya merupakan salah satu mahasiswa yang mengikuti program MBKM Studi Independent di PT Marka Kreasi Persada(Alterra Academy). Dia merupakan mahasiswa yang sedang menempuh semester 6 jurusan Informatika di Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur. Selama mengikuti program pembelajaran UI/UX Design, seluruh mahasiswa diberikan materi mengenai  Introduction UI/UX Designer, Design proses Framework, User Persona, Affinty Diagram, User Flow, Interface Structure, Building Portofolio, Design System, Visual Hierarchy, Professional Skill, Mini Project, dan ditutup dengan pengerjaan Capstone Project di akhir sesi pembelajaran. Menurut Pandu Ali Wijaya, pembelajaran yang diberikan oleh Alterra Academy ini mudah dipahami, materinya ringkas, cocok bagi orang-orang yang ingin mendalami UI/UX Design, dan dapat mendapatkan pengalaman yang baru tentunya.

Kesimpulannya, mengikuti MBKM dengan program UI/UX design di Alterra Academy adalah langkah yang positif untuk mengembangkan keterampilan dan pengetahuan dalam desain antarmuka pengguna yang efektif. Melalui studi independent, mahasiswa dapat memperoleh pemahaman mendalam dan pengalaman praktis dalam menciptakan pengalaman pengguna yang menarik dan intuitif. Dengan dukungan dan bimbingan yang diberikan oleh Alterra Academy, mahasiswa dapat meningkatkan kompetensi mereka dan siap menghadapi tantangan di dunia desain UI/UX.

Artikel ini telah dibaca 42 kali

Baca Lainnya

Tim PKM RSH UMS, Lakukan Penelitian Tentang Taktik Bahasa dalam Kejahatan Siber

24 June 2024 - 12:01 WIB

Pemanfaatan Sampah Dapur Menjadi Cairan Serbaguna bersama Mahasiswa Pengabdian Masyarakat UPN “Veteran” Jawa Timur

22 June 2024 - 18:26 WIB

Sosialisasi “Pentingnya Sertifikasi Halal bagi UMKM Muda di Desa Candi, Kab. Sidoarjo”

20 June 2024 - 11:06 WIB

Kerja Bakti “Pembersihan Sampah Sekitar Sungai di Desa Ciburial RW 7

15 June 2024 - 21:50 WIB

Kegiatan Pengolahan Sampah Terpadu di Desa Ciburial “Mengubah Sampah Organik Menjadi Pupuk Kompos”

15 June 2024 - 21:43 WIB

Profil Desa Ciburial: Keindahan Alam yang Membutuhkan Pengelolaan Sampah Terpadu

15 June 2024 - 21:33 WIB

Trending di Pendidikan