Menu

Mode Gelap
Djauzi dan Rafa Jadi Mojang Jajaka Kota Bandung 2023 *Pemilu 2024 Momentum Bagi Rakyat Indonesia Menentukan Masa Depan Negara dan Bangsa* Ini salah satu manfaat dari pajak yang Anda bayarkan… fasilitas kesehatan kepada seluruh masyarakat Indonesia, seperti @bpjskesehatan_ri. Ditjen pen pada rapat kerja HIMKI tahun 2023 Penandatanganan nota kesepahaman dan perjanjian kerja sama antara badan pengawas keuangan dan pembangunan dengan provinsi Papua Selatan Papua tengah Papua pegunungan dan Papua barat daya

Pendidikan · 26 Dec 2022 04:01 WIB ·

MBKM Artificial Intelligence Track di Startup Campus


 MBKM Artificial Intelligence Track di Startup Campus Perbesar

Apa itu MBKM dan Startup Campus?

Startup.png
Startup Campus – Program Artificial Intelligence merupakan Studi Independen Bersertifikat yang diselenggarakan oleh Yayasan Bakti Achmad Zaky dan didukung penuh oleh Kemdikbud Ristekdikti di bawah naungan inisiatif KAMPUS MERDEKA.Namun, berbeda dengan lainnya, program Artificial Intelligence Startup Campus berfokus pada project computer vision, yang memiliki demand dan future prospect yang menjanjikan untuk para talenta digital.
Keinginan saya untuk menjadi seorang Machine Learning Engineer tentunya tidak akan terwujud tanpa adanya fasilitas mumpuni yang mewadahi. Untungnya, kebutuhan akan fasilitas telah terpenuhi dengan adanya program MBKM ini. Saya, Daffa Kuanta Rahadian (20), mahasiswa Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur, telah mengikuti dan menyelesaikan pembelajaran Kampus Merdeka bersama Startup Campus Program Artificial Intelligence.
Program MBKM ini sangat bermanfaat bagi para mahasiswa yang hanya ingin berfokus pada satu studi. Jika dibandingkan dengan perkuliahan biasa yang mengharuskan kita untuk mengambil banyak mata kuliah sekaligus dalam 1 semester. Tentunya program ini menurut saya lebih baik karena membuat fokus kita tidak terbagi dengan studi lain.

Pengalaman Studi Independen Bersama Startup Campus

Seputar pengalaman saya dengan Startup Campus program Artificial Intelligence selama kurang lebih 6 bulan. Di sini saya diajarkan banyak hal, dimulai dari hal yang sangat mendasar seperti penjelasan sederhana mengenai AI, apa kegunaannya untuk masyarakat hingga pembelajaran mendalam mengenai cara untuk membuat sebuah model AI menggunakan metode Machine Learning dan Deep Learning dan model AI seperti apa yang harus dibuat tergantung dengan tujuan dan permasalahannya.
Saya juga diajarkan sedikit mengenai Data Science karena memang, Data Science dan Machine Learning itu tidak dapat dipisahkan. Oleh karena itu para mentor Startup Campus menginginkan, mengajarkan dan menganjurkan kami untuk juga belajar sedikit mengenai Data Science. Karena apabila nanti sewaktu – waktu tertarik dengan Data Science kami sudah tahu dasar – dasar dan apa yang harus seorang Data Science lakukan.
FP.png

Final Project

Selain itu di akhir program saya diberikan tugas final project yang mengharuskan tim AI bekerja sama dengan tim Backend dimana backend juga merupakaan salah satu program Startup Campus, untuk mengerjakan projek akhir berupa website E-Commerce yang menjual beberapa barang fashion seperti baju, celana, tas, dsb. Di sini tim AI diharuskan membuat sebuah model Convolutional Neural Network yang dapat memahami sebuah input gambar dan mendeteksi benda apa yang ada di dalam gambar tersebut. Sedangkan tim Backend diharuskan untuk membuat situsnya.
Di Startup Campus, final project yang kita kerjakan tidak hanya untuk sekedar penilaian saja. Karena final project ini juga akan dilombakan dan kita akan bersaing dengan kelompok lain untuk menjadi juara 1,2 atau 3. Akan ada hadiah yang diberikan untuk 3 tim terbaik berupa uang tunai 10 juta, 8 juta dan 6 juta sesuai urutan juara untuk setiap tim. Sehingga kita semakin dipacu semangatnya untuk lebih giat dalam belajar dan mengerjakan final projectnya untuk menjadi tim terbaik.
Dari sekitar kurang lebih 70 peserta dari masing – masing program artificial intelligence dan backend. Dibagi secara merata ke dalam 24 tim, tim saya bernama “Ayam Betutu” dan project akhir saya bernama “TUTU.
TUTU2.png
TutuSearch
Beruntungnya, kami tim “Ayam Betutu” menjadi juara pertama dalam kompetisi final project ini. Sungguh tidak sia – sia perjuangan 2 bulan kami dalam mengerjakan final project ini.
319357922_680594920283087_753964339794403080_n (1).jpg
Final Project Showcase Winner
Saya sangat berterima kasih dengan adanya program MBKM ini. Karena saya sangat terbantu dalam meningkatkan potensi yang saya miliki. Mengingat Machine Learning akan menjadi salah satu prospek pekerjaan yang sangat menjanjikan.
Artikel ini telah dibaca 97 kali

Baca Lainnya

Ganjar: Sukarno Tak Pernah Bicara Kepentingan Pribadi, Keluarga

5 July 2024 - 14:45 WIB

Ganjar hingga Ahok jadi ketua dpp PDIP hingga 2025

5 July 2024 - 14:35 WIB

Mahasiswa Agribisnis Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur Sosialisasikan Pembuatan Eco Enzym di Gapoktan Keputih Bersemi

4 July 2024 - 17:36 WIB

Mahasiswa Agribisnis UPN Jawa Timur Gelar Kerja Bakti Bersama Gapoktan Keputih Bersemi: Mengembangkan Komoditas Organik untuk Masa Depan Berkelanjutan

4 July 2024 - 14:23 WIB

Mata dan mulut tertutup lakban seorang pria di temukan tewas gantung diri di fly over Cimindi Cimahi Bandung

28 June 2024 - 11:56 WIB

Tim PKM RSH UMS, Lakukan Penelitian Tentang Taktik Bahasa dalam Kejahatan Siber

24 June 2024 - 12:01 WIB

Trending di Pendidikan