Menu

Mode Gelap
Djauzi dan Rafa Jadi Mojang Jajaka Kota Bandung 2023 *Pemilu 2024 Momentum Bagi Rakyat Indonesia Menentukan Masa Depan Negara dan Bangsa* Ini salah satu manfaat dari pajak yang Anda bayarkan… fasilitas kesehatan kepada seluruh masyarakat Indonesia, seperti @bpjskesehatan_ri. Ditjen pen pada rapat kerja HIMKI tahun 2023 Penandatanganan nota kesepahaman dan perjanjian kerja sama antara badan pengawas keuangan dan pembangunan dengan provinsi Papua Selatan Papua tengah Papua pegunungan dan Papua barat daya

Pendidikan · 20 Dec 2022 00:28 WIB ·

Studi Indepedent Solusi Mahasiswa untuk Keluar dari Zona Nyaman di Perkuliahan (MSIB Batch 3 UI/UX Research & Design di Binar Academy)


 Studi Indepedent Solusi Mahasiswa untuk Keluar dari Zona Nyaman di Perkuliahan (MSIB Batch 3 UI/UX Research & Design di Binar Academy) Perbesar

Kampus Merdeka merupakan salah satu perwujudan pembelajaran yang menerapkan pada mahasiswa (student centered learning). Kampus merdeka merupakan bagian dari kebijakan Merdeka Belajar oleh Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia yang memberikan kesempatan bagi mahasiswa/i untuk mengasah kemampuan sesuai bakat dan minat dengan terjun langsung ke dunia kerja sebagai persiapan karir masa depan. 

Logo Binar Academy dan Kampus Merdeka

Binar Academy adalah sebuah lembaga pendidikan non-formal yang bertujuan untuk menghasilkan talenta-talenta digital yang berkompetensi di bidangnya. Lembaga ini berdiri di Jakarta pada tahun 2016 oleh Alamanda Shantika, Dita Aisyah dan Seto Loreno. Binar Academy memiliki kurikulum bersertifikat Education Alliance Findland 2021. Kurikulum tersebut merupakan lembaga akreditasi pendidikan teknis dari Finlandia, yang mengevaluasi efektivitas pendidikan yang diberikan dalam hal tujuan pengajaran, metode pengajaran (pedagogik) dan penggunaannya. Melalui kegiatan MBKM Studi Independen di Binar Academy ini menjadi salah satu implementasi dalam tercapainya program Kemendikbud dalam membentuk mahasiswa yang mampu bersaing secara sosial, kerja sama, manajemen diri dan tuntutan kerja disaat pesatnya perkembangan zaman. Kegiatan ini berlangsung dari tanggal 1 Agustus 2022 sampai dengan tanggal 31 Desember 2022 selama 5 bulan. Masing-masing kelas akan terdapat 25 peserta dengan didampingi oleh satu fasilitator di setiap kelasnya. Peserta akan dipandu dengan fasilitator yang bertugas sebagai mentor yang akan menjelaskan materi dan bimbingan selama pembelajaran.

Saya Real Ananda Kristi salah satu peserta Magang dan Studi independen Bersertifikat dari Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur Prodi Sistem Informasi yang berhasil lolos dalam seleksi untuk mengikuti program MSIB Batch 3 di PT Lentera Bangsa Benderang (Binar Academy). Untuk kelas yang saya ikuti dalam program ini adalah UI/UX Research & Design. Terdapat 8 chapter utama pada UI/UX Research & Design yang mana 1 chapter-nya dilaksanakan selama 2 minggu dan untuk sesi tatap muka dalam 1 minggu terjadi 3 kali yaitu setiap hari senin,rabu, dan jumat pukul 07:00-10:00 malam.

Suasana Studi Independent di Binar Academy

Selama program berlangsung kita akan diberikan sebuah challenge atau tugas yang diberikan 1 kali per chapternya. Challenge tersebut dikerjakan bertujuan untuk bisa naik tingkat ke level materi selanjutnya.Pada chapter terakhir yaitu Platinum terdapat sebuah tugas final projek atau tugas akhir. Tugas akhir ini dilaksanakan dengan berkolaborasi dengan kelas lain yang dimana pada kali ini UI/UX Research & Design berkolaborasi dengan Projek Manager. Pada tugas akhir ini Binar Academy menggunakan metode kerangka kerja scrum yang dimana dibagi menjadi 3 sprint yang pada setiap seprint memiliki waktu 2 minggu. Pada tugas akhir ini saya mendapatkan topik untuk membuat sebuah tampilan aplikasi dengan tema Aquatech (Aquaculture Technology) yaitu platform yang fokus pada pengembangan bisnis di bidang akuakultur (pemeliharaan dan penangkaran berbagai macam hewan atau tumbuhan perairan yang menggunakan air sebagai komponen pokoknya). Disini tema yang saya dapatkan cukup menantang dibanding dengan tema lainnya yang dimana disini tim kami melakukan survei langsung dengan mengunjungi tambak dan juga kolam budidaya.

Berikut kurang lebih pengalaman saya ketika mengikuti Studi independen pada Binar Academy. Dengan kita mengikuti pembelajaran diluar kampus dan ingin merasakan bagaimana situasi dunia kerja yang sesungguhnya saya sangat merekomendasikan untuk setidaknya mengikuti sekali dalam perkuliahan karena hasil akhir dari MSIB ini bisa menjadi sebuah pengalaman dan juga portofolio yang sangat berharga saat nantinya kita lulus nantinya.

Penulis : Real Ananda Kristi

Artikel ini telah dibaca 74 kali

Baca Lainnya

Naik Bus, Ganjar-Mahfud Hadiri Sidang Perdana Sengketa Pilpres di MK

9 May 2024 - 10:39 WIB

Antisipasi sesar lembang.brin dorong bangunan di bandung gunakan anti gempa

8 May 2024 - 20:13 WIB

Tak Lagi Nyaleg DPR RI, Ono Surono: Saya Diperintah Nyalon DPRD Jabar

8 May 2024 - 19:02 WIB

Ganjar-Mahfud Resmi Deklarasi Oposisi!

8 May 2024 - 17:55 WIB

Jokowi Rajin Bagi-bagi Bansos, Uang Dari Mana? Ini Kata Sri Mulyani

6 April 2024 - 10:59 WIB

Saat Presiden Sukarno Tidak Punya Uang Menjelang Lebaran????

1 April 2024 - 19:11 WIB

Trending di Bisnis