Menu

Mode Gelap
Djauzi dan Rafa Jadi Mojang Jajaka Kota Bandung 2023 *Pemilu 2024 Momentum Bagi Rakyat Indonesia Menentukan Masa Depan Negara dan Bangsa* Ini salah satu manfaat dari pajak yang Anda bayarkan… fasilitas kesehatan kepada seluruh masyarakat Indonesia, seperti @bpjskesehatan_ri. Ditjen pen pada rapat kerja HIMKI tahun 2023 Penandatanganan nota kesepahaman dan perjanjian kerja sama antara badan pengawas keuangan dan pembangunan dengan provinsi Papua Selatan Papua tengah Papua pegunungan dan Papua barat daya

Bisnis · 7 Sep 2023 20:04 WIB ·

“SOSOK RIDWAN KAMIL ADALAH BACAWAPRES TERKUAT GANJAR PRANOWO”

Oleh : Angwar Sanusi

MEDIABANGSA.Peta politik nasional diawal September ini, semakin menuju hari H pendaftaran capres dan cawapres, menunjukkan titik terang. Siapa aja sosok cawapres yang nantinya bakal maju sudah keliatan namanya. Setelah sebelumnya ada nama seperti Muhaimin Iskandar yang berpasangan dengan capres Nasdem Anies Baswedan.

Saat ini muncul sosok bacawapres terbaru. Yang namanya kuat dan digadang-gadang menjadi pasangan Ganjar Pranowo. Nama tersebut adalah Ridwan Kamil. Sosok mantan Gubernur Jabar ini adalah salah satu nama yang saat ini paling kuat dijagokan berpasangan dengan Ganjar Pranowo.

Jika melihat rekam jejak dan karirnya selama bisa dibilang Ridwan kamil adalah sosok baru di dunia politik Indonesia. Sebelum pertama kali masuk menjadi Gubernur jabar pada 2018 lalu. Karir politik Ridwan kamil dimulai menjadi walikota bandung pada 2013. Saat itu dia maju didukung dari partai Gerindra dan PKS.

Saat terpilih menjadi walikota Bandung, Ridwan Kamil berpasangan dengan Oded Muhammad Danial. Dan dilantik pada 16 September 2013. Selama menjabat sebagai Wali Kota Bandung, banyak gebrakan yang dibuat olehnya terutama dalam hal sistem pelayanan publik serta tata Kota Bandung.

Banyaknya kemajuan yang dibuat selama menjabat sebagai Wali Kota Bandung membuat ia banyak meraih penghargaan. Dia bahkan terpilih kembali sebagai salah satu Wali Kota terbaik di Indonesia. Semasa di bawah Bandung banyak sekali membangun ruang terbuka Hijau bagi masyarakat. Banyak taman dan sarana olahraga dia bangun.

Kesuksesannya memimpin Kota besar seperti Bandung, membawanya maju ke level yang lebih tinggi. Yakni menjadi gubernur Jawa Barat. Pada saat itu dia dukung dari partai Nasdem, PKB, PPP, dan Hanura. Dan berpasangan dengan Uu Ruzhanul Ulum sebagai Calon Wakil Gubernur Jawa Barat.

Selama menjadi Gubernur Jabar banyak prestasi yang sudah ditorehkan yakni menerima penghargaan pemimpin inovatif. Pada 2019, Ridwan Kamil menerima penghargaan bergengsi, yakni Inspirational Leader se-Asia Pasifik dalam acara Govinsider Innovation Awards 2019 yang diselenggarakan di Markas PBB.

Dengan penghargaan ini, Ridwan kamil dianggap sebagai pemimpin yang visioner dan inovatif. Salah satu program Kang Emil yang diapresiasi melalui penghargaan tersebut adalah Program Desa Digital. Desa digital adalah sebuah konsep pengembangan desa di Jawa Barat yang menggunakan teknologi informasi& komunikasi.

Selanjutnya meraih 300an penghargaan sejak 2018. Sejak dia memimpin Jawa Barat telah meraih 345 penghargaan dari tingkat nasional maupun Internasional.Beberapa penghargaan yang ia sebut diantaranya meraih Juara Umum Tingkat Nasional pada Kontestasi Dewan Masjid Indonesia (DMI) Award 2022.

Dan pada 2021, Pemprov Jawa Barat berhasil meraih opini wajar tanpa pengecualian sebanyak 11 kali berturut-turut dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK). “Tidak kurang 345 penghargaan tingkat nasional dan internasional telah dianugerahkan kepada Provinsi Jawa Barat dalam kurun waktu 2018 hingga 2021,” pungkasnya.

Selain sejumlah prestasi, sosok Ridwan Kamil juga memiliki beberapa kontroversi selama dia menjabat. Diantaranya pembangunan kolam renang di rumah dinasnya. Pada saat awal kepemimpinannya sebagai Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil langsung memutuskan untuk merenovasi rumah dinasnya di Pakuan.

Namun keputusannya itu menuai kontroversi di masyarakat, sebab ia menambah fasilitas kolam renang di rumahnya itu. Terlebih anggaran yang dikeluarkan untuk membuat kolam renang itu cukup fantastis, yakni hingga Rp1,5 miliar. Namun dia menyatakan bahwa pembangunan kolam renang itu adalah untuk terapi renang yang ia lakukan karena kaki kirinya cedera.

Lalu selanjutnya Pembangunan Masjid Al Jabbar, pada akhir 2022 lalu. Ridwan Kamil meresmikan sebuah masjib nan megah di Kota Bandung, yakni masjid Al Jabbar. Pembangunan masjid yang digadang-gadang sebagai masjid kebanggaan warga Jawa Barat tersebut ternyata tidak terlepas dari sejumlah kritik.

Salah satu kritik yang muncul adalah tingginya biaya pembangunan masjid tersebut hingga Rp1 triliun yang menyedot anggaran provinsi.Tak hanya biaya pembangunan, biaya pembuatan konten masjid Al Jabar oleh Pemprov Jabar juga menyedot biaya yang tinggi, yakni Rp16,3 miliar.

Terlepas dari banyaknya prestasi yang sudah dia berikan. Dan besarnya dukungan warga Jawa barat, yang pasti mampu mendongkrak suara capresnya.Tetapi kontroversi pemakaian anggaran yang tidak perlu memang jadi catatan, termasuk nantinya jika positif jadi cawapres.
Pasti kekurangan itu akan dipakai oleh lawan politik untuk mendegradasi dan mendelegitimasi setiap paslon.

Selain itu, kebiasaan ini juga bisa sangat merugikan dan jadi kritikan tajam bagi pemerintahan Ganjar nantinya. Sekarang kembali pada diri kita sebagai pemilih, dengan segala kelebihan dan kekurangannya, apakah kita setuju jika seorang Ridwan Kamil menjadi cawapres Ganjar Pranowo?

Artikel ini telah dibaca 9 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Tim PKM RSH UMS, Lakukan Penelitian Tentang Taktik Bahasa dalam Kejahatan Siber

24 June 2024 - 12:01 WIB

Pemanfaatan Sampah Dapur Menjadi Cairan Serbaguna bersama Mahasiswa Pengabdian Masyarakat UPN “Veteran” Jawa Timur

22 June 2024 - 18:26 WIB

Sosialisasi “Pentingnya Sertifikasi Halal bagi UMKM Muda di Desa Candi, Kab. Sidoarjo”

20 June 2024 - 11:06 WIB

Kerja Bakti “Pembersihan Sampah Sekitar Sungai di Desa Ciburial RW 7

15 June 2024 - 21:50 WIB

Kegiatan Pengolahan Sampah Terpadu di Desa Ciburial “Mengubah Sampah Organik Menjadi Pupuk Kompos”

15 June 2024 - 21:43 WIB

Profil Desa Ciburial: Keindahan Alam yang Membutuhkan Pengelolaan Sampah Terpadu

15 June 2024 - 21:33 WIB

Trending di Pendidikan