Menu

Mode Gelap
Djauzi dan Rafa Jadi Mojang Jajaka Kota Bandung 2023 *Pemilu 2024 Momentum Bagi Rakyat Indonesia Menentukan Masa Depan Negara dan Bangsa* Ini salah satu manfaat dari pajak yang Anda bayarkan… fasilitas kesehatan kepada seluruh masyarakat Indonesia, seperti @bpjskesehatan_ri. Ditjen pen pada rapat kerja HIMKI tahun 2023 Penandatanganan nota kesepahaman dan perjanjian kerja sama antara badan pengawas keuangan dan pembangunan dengan provinsi Papua Selatan Papua tengah Papua pegunungan dan Papua barat daya

Uncategorized · 23 Dec 2022 15:22 WIB ·

Apa itu SEO? Pengertian, Manfaat, dan Skill Wajib Para SEO


 Apa itu SEO? Pengertian, Manfaat, dan Skill Wajib Para SEO Perbesar

SEO merupakan singkatan dari Seacrh Engine Optimization yang mana sebagai tehnik optimasi suatu website agar menempati halaman pertama dimesin pencarian google secara organik dengan keyword-keyword dan konten yang menarik.

Pengertian SEO

SEO adalah sebuah strategi untuk meningkatkan performa situs web agar berada pada ranking halaman pertama google. Jika situ web berhasil berada pada hasil pencarian teratas mesin pencari, tentu bisa meningkatkan traffic secara berkulaitas dan tingkat kepercayaan brand Anda juga akan meningkatkan. Dengan begitu, pertumbuhan bisnis jangka Panjang anda juga semakin baik.

SEO tidak hanya focus dalam menyajikan situs web yang baik di mata search engine namun juga bagaiman menyajian pengalaman pengguna yang baik. Dengan SEO, akan merasa lebih nyaman dalam menjelajhi situs web Anda sehingga dapat meningkakan penjualan dalam bisnis online anda.

SEO sendiri bekerja pada Search Engine yang baik. Mesin pencarian itu seperti Google sebagai raksasa internet, Bing, DuckDuckGo, Yahoo!, Baidu, Yandex, Ask.com, AOL, Ecosia. Nah, Disini kita akan mengimplementasikan SEO pada mesin pencarian Google.

 

Skill Wajib Para SEO

     1. Riset

Seorang SEO specialist wajib memiliki kemampuan riset yang baik. Misalnya, perlu menguasi riset keyword, riset competitor, hingga riset topik yang sedang tren saat ini. Riset yang mendalam akan memudahkan SEO specialist  dalam menentukan strategi  ang tepat.

     2. Analisis Data

SEO specialist juga perlu memahami proses analisis data. Hal ini disebabkan dalam mengevaluasi kinerja situs web di search engine, seringkali melibatkan metrik-metrik yang cukup rumit. Jika tidak memiliki kemampuan analisis data, SEO specialist tentu akan kesulitan menentukan strategi yang tepat dan kebingungan dalam menganalisis pencapaian yang berhasil didapatkan situs web tersebut

     3. Memahami Cara Kerja SEO

Untuk memulai karir sebagai SEO specialist, Anda perlu mengetahui cara kerja SEO. Setidaknya, Anda perlu memahami praktik terbaik pada SEO on-page dan SEO off-page agar dapat menentukan strategi optimasi yang tepat.

 SEO on-page adalah strategi optimasi yang dilakukan pada internal situs web, berfokus pada upaya peningkatan kualitas konten dan halaman web.

Contoh upaya optimasi SEO on-page yaitu mengoptimalkan judul dan meta description, memperhatikan posisi keyword dan struktur konten, mengoptimalkan tautan internal, dan sebagainya.

Sedangkan SEO off-page adalah strategi optimasi yang dilakukan dari luar situs web, biasanya digunakan untuk pemasaran konten, upaya promosi, maupun link building. Contohnya seperti mendapatkan backlink dari situs web lain, promosi situs web melalui media sosial, atau memanfaatkan forum online

     4. Mengetahui Trend SEO

Praktik terbaik SEO terus mengalami perubahan sejalan dengan pembaruan algoritma search engine. Seorang SEO specialist tentunya harus peka terhadap setiap perubahan trend tersebut agar dapat menentukan strategi optimasi yang tepat.

Untuk mencari tahu informasi terkait perkembangan SEO, Anda dapat mengikuti situs berita seperti Google Search Central. Selain itu, Anda juga bisa bergabung dengan forum-forum yang ada

     5. Kemampuan Dasar Menulis

SEO specialist juga perlu memiliki kemampuan dasar menulis. Alasannya sederhana, salah satu cara untuk mengoptimalkan performa situs web di search engine adalah dengan menyediakan konten berkualitas dengan teknik copywriting.

Dengan memahami dasar kepenulisan, tentu seorang SEO specialist dapat lebih mudah mengevaluasi konten mana yang memerlukan perbaikan dan mana yang dapat meningkatkan trafik pengunjung secara organic

     6. Komunikasi Yang Baik

SEO specialist dituntut untuk mampu bekerja sama dengan content writer, copywriter, web developer, dan divisi lain yang terkait. Oleh karena itu, SEO specialist memerlukan skill komunikasi yang baik agar dapat menjalin kerja sama tim dan menghasilkan output pekerjaan yang bagus

Manfaat SEO

  1. Menaikan Traffic Situs Web Anda
  2. Membangun Brand Anda
  3. Website lebih mudah ditemukan di pencarian pertama halaman google
  4. Mendapakan Leads hingga meningkatkan penjulaan

Penutup

Gimana tertarik menjadi seorang SEO Spesialist ?

Menjadi seorang SEO bukanlah hal yang mudah karena kita harus pandai dalam skill wajib yang tertera diatas untuk menunjang kesuksesan menjadi seorang SEO Spesialist. Kita harus tekun dalam belajar agar menjadi seorang spesialist yang kita inginkan.

 

Artikel ini telah dibaca 18 kali

Baca Lainnya

Naik Bus, Ganjar-Mahfud Hadiri Sidang Perdana Sengketa Pilpres di MK

9 May 2024 - 10:39 WIB

Antisipasi sesar lembang.brin dorong bangunan di bandung gunakan anti gempa

8 May 2024 - 20:13 WIB

Tak Lagi Nyaleg DPR RI, Ono Surono: Saya Diperintah Nyalon DPRD Jabar

8 May 2024 - 19:02 WIB

Ganjar-Mahfud Resmi Deklarasi Oposisi!

8 May 2024 - 17:55 WIB

Jokowi Rajin Bagi-bagi Bansos, Uang Dari Mana? Ini Kata Sri Mulyani

6 April 2024 - 10:59 WIB

Saat Presiden Sukarno Tidak Punya Uang Menjelang Lebaran????

1 April 2024 - 19:11 WIB

Trending di Bisnis