Menu

Mode Gelap
Djauzi dan Rafa Jadi Mojang Jajaka Kota Bandung 2023 *Pemilu 2024 Momentum Bagi Rakyat Indonesia Menentukan Masa Depan Negara dan Bangsa* Ini salah satu manfaat dari pajak yang Anda bayarkan… fasilitas kesehatan kepada seluruh masyarakat Indonesia, seperti @bpjskesehatan_ri. Ditjen pen pada rapat kerja HIMKI tahun 2023 Penandatanganan nota kesepahaman dan perjanjian kerja sama antara badan pengawas keuangan dan pembangunan dengan provinsi Papua Selatan Papua tengah Papua pegunungan dan Papua barat daya

Pendidikan · 20 May 2022 03:51 WIB ·

Sistem Informasi dan Informatika sama ? ini penjelasannya!


 Perbedaan antara Sistem Informasi dan Informatika Perbesar

Perbedaan antara Sistem Informasi dan Informatika

Pada artikel ini, akan memberikan gambaran referensi bagi teman-teman yang baru lulus dari bangku sekolah SMA atau SMK. Yang biasanya bakal bingung ketika mereka ingin memasuki dunia kuliah dan dihadapkan dengan kedua jurusan ini yaitu sistem Informasi dan Informatika. Alhasil banyak sekali yang sering mengalami salah jurusan karena salah paham, tapi apakah kedunya beneran sama?

Penjelasan Sistem Informasi

Untuk jurusan sistem informasi sendiri lebih menekankan pada kemampuan merancang, mengembangkan, dan menerapkan sistem informasi organisasi. Dan tujuan akhir dari sistem informasi itu sendiri khusus untuk memenuhi kebutuhan terhadap tenaga-tenaga baru yang terampil dan profesional, terutama yang berhubungan dengan pengembangan, pemanfaatan, dan pengelolaan Sistem Informasi/Teknologi Informasi dalam suatu organisasi atau suatu instansi.

Bidang yang dipelajari :

  1. Fondasi bidang bisnis,
  2. Administrasi bisnis,
  3. Prinsip-prinsip manajemen,
  4. Sistem informasi akuntansi dan keuangan,
  5. Sistem perusahaan.

Penjelasan Informatika

Sedangkan untuk jurusan informatika jurusan yang mempelajari perancangan, pengumpulan, klasifikasi, penyimpanan, pengeluaran, serta pengembangan komputasi dan prinsip-prinsip yang menjadi perancangan dan pengembangan mengolah data, informasi, atau pengetahuan yang direkam hingga teknis penyebarannya. Jurusan informatika juga mempelajari AI, aplikasi konsumen, dsb. Coding (mengembangkan program/aplikasi), logika dasar, diagram alir & proses perancangan sistem, hingga instalasi server.

Bidang yang dipelajari :

  1. Pemrograman,
  2. perancangan dan analisis algoritma,
  3. Arsitektur komputer,
  4. Jaringan komputer,
  5. Teori komputasi,
  6. Rekayasa perangkat lunak,
  7. Analisis numerik, dll.

Kesimpulan :

Jurusan Informatika bertujuan pada pengembangan perangkat lunak berkualitas. Serta pemutakhiran aplikasi yang berbasis pada Artificial Intelligence, Robotika, keamanan informasi dan jaringan, pengelolaan informasi multimedia, dan pengolahan data. Sedangkan Sistem Informasi bertujuan pada pengembangan, pengelolaan, dan pemanfaatan Teknologi Informasi atau Sistem Informasi dalam organisasi. Dalam dunia Sistem Informasi, administrasi bisnis, sistem informasi, prinsip manajemen, sistem perusahaan, sistem informasi keuangan dan akuntansi, serta pemrograman dan arsitektur aplikasi perusahaan.

 

Baca Juga : Berikut Kelebihan dan Kekurangan Artificial Intelligence Dalam Dunia Pendidikan!

Artikel ini telah dibaca 104 kali

Baca Lainnya

Naik Bus, Ganjar-Mahfud Hadiri Sidang Perdana Sengketa Pilpres di MK

9 May 2024 - 10:39 WIB

Antisipasi sesar lembang.brin dorong bangunan di bandung gunakan anti gempa

8 May 2024 - 20:13 WIB

Tak Lagi Nyaleg DPR RI, Ono Surono: Saya Diperintah Nyalon DPRD Jabar

8 May 2024 - 19:02 WIB

Ganjar-Mahfud Resmi Deklarasi Oposisi!

8 May 2024 - 17:55 WIB

Jokowi Rajin Bagi-bagi Bansos, Uang Dari Mana? Ini Kata Sri Mulyani

6 April 2024 - 10:59 WIB

Saat Presiden Sukarno Tidak Punya Uang Menjelang Lebaran????

1 April 2024 - 19:11 WIB

Trending di Bisnis