Menu

Mode Gelap
Djauzi dan Rafa Jadi Mojang Jajaka Kota Bandung 2023 *Pemilu 2024 Momentum Bagi Rakyat Indonesia Menentukan Masa Depan Negara dan Bangsa* Ini salah satu manfaat dari pajak yang Anda bayarkan… fasilitas kesehatan kepada seluruh masyarakat Indonesia, seperti @bpjskesehatan_ri. Ditjen pen pada rapat kerja HIMKI tahun 2023 Penandatanganan nota kesepahaman dan perjanjian kerja sama antara badan pengawas keuangan dan pembangunan dengan provinsi Papua Selatan Papua tengah Papua pegunungan dan Papua barat daya

Bisnis · 14 Feb 2023 12:12 WIB ·

Siapa sebenarnya kakek tua yang fotonya sering terpampang di rumah makan nasi Padang?

Dibeberapa Rumah Makan (RM) Padang, kerap kita melihat sebuah foto kakek-kakek [1]yang dipajang seolah menyambut kedatangan pelanggan. Saya pernah terkecoh, menyangka bahwa foto ini adalah pemilik RM tersebut, namun tidak hanya satu RM saja, ternyata hampir disetiap kedai selalu terpajang foto kakek ini.

Beliau adalah Ungku Saliah[2], lengkapnya adalah Syekh Kiramatullah Ungku Saliah, seorang ulama yang sangat dihormati masyarakat Sumatera Barat. Semasa hidup, beliau memiliki banyak keistimewaan sehingga dijuluki sebagai walisongo Sumatera.Sumber Foto)

Dikisahkan semasa perang mempertahankan kemerdekaan Indonesia (1945 – 1949) ketika agresi militer Belanda memasuki Sungai Sariak, banyak rakyat yang berdatangan untuk berlindung di suraunya. Ungku Saliah memimpin zikir hasilnya mortir yang dijatuhkan pesawat di samping surau, tidak meledak, hanya tercebur ke kolam.

Beliau dikenal dapat menyembuhkan orang sakit. Berbagai keistimewaan yang dimiliki oleh Ungku Saliah juga tentunya merupakan berkat atas izin Allah SWT. Oleh karena itu, masyarakat Sumatera Barat begitu menyayangi dan menghormati ulama tersebut. Hal inilah yang menjadi dasar alasan mengapa foto Ungku Saliah hampir selalu ada di setiap rumah makan padang, khususnya di ranah Minang.

Bahkan, tak cuma di rumah makan padang, tetapi fotonya juga kerap ditemukan diberbagai usaha yang dimiliki oleh masyarakat Sumatera Barat. Guna menunjukkan bukti rasa kagum yang begitu besar terhadap ulama Syech Kiramatulla Ungku Saliah

Artikel ini telah dibaca 709 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

*Aksi Bersama Segenap Elemen Masyarakat, Pers, Kaum Buruh, Aktivis Pergerakan Menolak UU Penyiaran & Pandemi Treaty*

28 May 2024 - 11:02 WIB

*Adakah yang Tahu Letak Jalan Culik di Bandung*

27 May 2024 - 15:31 WIB

*Kearifan Lokal Dapat Menjadi Bekal Membuka & Masuk Dalam Gerbang Indonesia Emas Tahun 2045*

26 May 2024 - 10:32 WIB

*Persiapan Generasi Milenial Hari Ini Untuk Membuka & Masuk ke Gerbang Indonesia Emas Pada Tahun 2045*

26 May 2024 - 00:46 WIB

Peran Pengacara di Pengadilan

21 May 2024 - 11:58 WIB

Peran Pengacara di Pengadilan

Semangat Kebangkitan Nasional Untuk Energi Menuju Indonesia Emas

20 May 2024 - 15:42 WIB

Trending di Bisnis