Menu

Mode Gelap
Djauzi dan Rafa Jadi Mojang Jajaka Kota Bandung 2023 *Pemilu 2024 Momentum Bagi Rakyat Indonesia Menentukan Masa Depan Negara dan Bangsa* Ini salah satu manfaat dari pajak yang Anda bayarkan… fasilitas kesehatan kepada seluruh masyarakat Indonesia, seperti @bpjskesehatan_ri. Ditjen pen pada rapat kerja HIMKI tahun 2023 Penandatanganan nota kesepahaman dan perjanjian kerja sama antara badan pengawas keuangan dan pembangunan dengan provinsi Papua Selatan Papua tengah Papua pegunungan dan Papua barat daya

Bisnis · 17 Feb 2023 14:22 WIB ·

“Saya lahir di sini, sudah biasa. Nggak takut lah,” kata seorang ibu sambil berdiri di atas jukung, menawarkan dagangannya.

Puluhan Jukung, perahu tradisional yang biasa digunakan masyarakat di sekitar Sungai Martapura, berkumpul setiap pagi di Pasar Terapung Lok Baintan, Banjar, Kalimantan Selatan.

Pedagang yang mayoritas ibu-ibu, berlomba menawarkan dagangannya. Meskipun perahunya sering saling bertabrakan, mereka sigap mengambil posisi menstabilkan perahu atau menunduk menghindari himpitan perahu yang lebih besar. Tak kenal takut.

Pasar Terapung ini sudah berlangsung sejak ratusan tahun lalu. Budaya Banjar memang identik dengan kehidupan sungai. Kedua pedagang dari dua sisi Sungai Martapura yang lebar, bertemu di tengah untuk saling menjajakan dagangannya. Sistem barter masih bisa kita jumpai di sini.

Kami menyusuri Sungai Martapura. Yang menarik, rumah-rumah di bantaran sungai ini menghadap ke sungai. Mereka tidak menjadikan sungai bagian belakang rumah, tetapi jadi beranda rumah. Masyarakat Banjar sangat menjaga sungainya sebagai bagian dari kehidupannya.

Falsafah hidup Urang Banjar dalam menjaga sungainya, sangat menginspirasi.

#AniesBaswedan #Martapura #Banjar #LokBaintan #pasarterapung #sungai #KalimantanSelatan #UntukIndonesia

Artikel ini telah dibaca 20 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Sosialisasi “Pentingnya Sertifikasi Halal bagi UMKM Muda di Desa Candi, Kab. Sidoarjo”

20 June 2024 - 11:06 WIB

Kerja Bakti “Pembersihan Sampah Sekitar Sungai di Desa Ciburial RW 7

15 June 2024 - 21:50 WIB

Kegiatan Pengolahan Sampah Terpadu di Desa Ciburial “Mengubah Sampah Organik Menjadi Pupuk Kompos”

15 June 2024 - 21:43 WIB

Profil Desa Ciburial: Keindahan Alam yang Membutuhkan Pengelolaan Sampah Terpadu

15 June 2024 - 21:33 WIB

Tax Policy and Economic Elites: Going Where the Money is Earmarking

12 June 2024 - 05:59 WIB

PERMASALAHAN KASUS GOOGLE TERHADAP KONSEP BUT

12 June 2024 - 02:56 WIB

Trending di Pendidikan