Menu

Mode Gelap
Djauzi dan Rafa Jadi Mojang Jajaka Kota Bandung 2023 *Pemilu 2024 Momentum Bagi Rakyat Indonesia Menentukan Masa Depan Negara dan Bangsa* Ini salah satu manfaat dari pajak yang Anda bayarkan… fasilitas kesehatan kepada seluruh masyarakat Indonesia, seperti @bpjskesehatan_ri. Ditjen pen pada rapat kerja HIMKI tahun 2023 Penandatanganan nota kesepahaman dan perjanjian kerja sama antara badan pengawas keuangan dan pembangunan dengan provinsi Papua Selatan Papua tengah Papua pegunungan dan Papua barat daya

Teknologi · 20 May 2022 04:46 WIB ·

Sampah Dengan Berbagai Permasalahannya


 Sampah Dengan Berbagai Permasalahannya Perbesar

Sampah adalah benda yang bersumber dari hasil aktivitas manusia maupun proses alam yang tidak memiliki nilai ekonomis. Dengan kata lain, sampah adalah barang yang tidak mempunyai nilai atau tidak berharga dan tidak dapat digunakan. Pada era sekarang ini berbagai permasalahan yang terkait dengan sampah tidak dapat diselesaikan secara menyeluruh. Masyarakat masih suka membuang sampah sembarangan. Meskipun sudah banyak upaya yang dilakukan oleh pemerintah untuk menanggulangi sampah dengan berbagai permasalahannya, seperti menyediakan tempat sampah.

Sedangkan dalam Undang-Undang No. 18 Tahun 2008 tentang pengelolaan sampah, sampah adalah sisa kegiatan sehari-hari manusia dan atau proses alam yang berbentuk padat dan sampah spesifik adalah sampah yang karena sifat, konsentrasi, dan atau volumenya memerlukan pengelolaan khusus. Sampah-sampah yang tidak dikelola dengan baik akan berpengaruh besar terhadap lingkungan hidup masyarakat yang tinggal di sekitarnya. Permasalahan sampah akan menimbulkan dampak negatif, seperti dampak terhadap kesehatan.

Contoh gambar membuang sampah pada tempatnya

Pengelolaan sampah dengan berbagai permasalahannya yang tidak tepat juga mempengaruhi kondisi sosial dan ekonomi masyarakat. Pada kondisi sosial, pengelolaan sampah yang buruk akan membentuk lingkungan yang kurang menyenangkan bagi masyarakat. Hal tersebut juga dapat memberikan dampak negatif terhadap kepariwisataan.

Kesimpulannya, penyebab seseorang membuang sampah sembarangan dikarenakan faktor malas, terdesak, kurangnya kesadaran diri, dan kurang peduli dengan lingkungan sekitar. Sembarangan tentu dapat kita ubah dengan memperkuat rasa kepedulian terhadap lingkungan dan bertekad pada diri sendiri untuk melakukan perubahan agar tidak membuang sampah sembarangan karena hal tersebut akan merugikan diri sendiri. Biasanya seseorang membuang sampah pada tempatnya karena kesadaran sendiri, jadi kesadaran dan tanggung jawab itu sangat penting bagi kita untuk menanamkan sifat kebersihan pada diri kita dan kesadaran akan tanggung jawab membuang sampah sembarangan. Jadi mulai sekarang sadarlah akan kebersihan itu indah dan sebagian dari pada iman mulai lah bertanggung jawab dengan sampah buanglah pada tempatnya karena akan indah.

Artikel ini telah dibaca 41 kali

Baca Lainnya

Naik Bus, Ganjar-Mahfud Hadiri Sidang Perdana Sengketa Pilpres di MK

9 May 2024 - 10:39 WIB

Antisipasi sesar lembang.brin dorong bangunan di bandung gunakan anti gempa

8 May 2024 - 20:13 WIB

Tak Lagi Nyaleg DPR RI, Ono Surono: Saya Diperintah Nyalon DPRD Jabar

8 May 2024 - 19:02 WIB

Ganjar-Mahfud Resmi Deklarasi Oposisi!

8 May 2024 - 17:55 WIB

Kenali Apa Itu Expert System / Sistem Pakar

17 April 2024 - 22:23 WIB

Database SQL VS Database NoSQL

16 April 2024 - 08:46 WIB

Trending di Tekno & Sains