Menu

Mode Gelap
Djauzi dan Rafa Jadi Mojang Jajaka Kota Bandung 2023 *Pemilu 2024 Momentum Bagi Rakyat Indonesia Menentukan Masa Depan Negara dan Bangsa* Ini salah satu manfaat dari pajak yang Anda bayarkan… fasilitas kesehatan kepada seluruh masyarakat Indonesia, seperti @bpjskesehatan_ri. Ditjen pen pada rapat kerja HIMKI tahun 2023 Penandatanganan nota kesepahaman dan perjanjian kerja sama antara badan pengawas keuangan dan pembangunan dengan provinsi Papua Selatan Papua tengah Papua pegunungan dan Papua barat daya

Pendidikan · 26 Dec 2022 02:03 WIB ·

Program MSIB Memberikan Dampak Positif di Kalangan Mahasiswa (MSIB Batch 3 UI/UX Designer di Alterra Academy)


 Program MSIB Memberikan Dampak Positif di Kalangan Mahasiswa (MSIB Batch 3 UI/UX Designer di Alterra Academy) Perbesar

Magang

Logo Kampus Merdeka

Kampus Merdeka merupakan salah satu perwujudan pembelajaran yang menerapkan pada mahasiswa (student centered learning). Kampus merdeka merupakan bagian dari kebijakan Merdeka Belajar oleh Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia yang memberikan kesempatan bagi mahasiswa/i untuk mengasah kemampuan sesuai bakat dan minat dengan terjun langsung ke dunia kerja sebagai persiapan karir masa depan.

 

Alterra Academy - Coding Bootcamp Programmer Indonesia

Logo Binar Academy dan Kampus Merdeka

Alterra Academy adalah lembaga kursus coding bootcamp yang dikhususkan untuk semua orang baik yang memiliki background IT maupun non-IT untuk menjadi programmer dan telah menghasilkan lulusan programmer dengan kualitas tinggi dan dibutuhkan industri di Indonesia. Sebagai edutech, Alterra Academy telah memberikan banyak kontribusi dalam perkembangan bidang teknologi di Indonesia yang dibuktikan dengan 12,000+ pendaftar di Alterra Academy, 109+ alumni professional dengan 98% employment rate serta alumni professional yang memiliki rata-rata gaji pertama di 1.9 UMP. Tantangan umum di bidang teknologi informasi adalah perkembangan tren yang pesat. Oleh karena itu, mata kuliah yang dilaksanakan Alterra Academy berstandar tinggi dan disesuaikan dengan kebutuhan dan tren industri teknologi digital.

Selain itu, para pengajar Alterra Academy juga merupakan para profesional berpengalaman di bidangnya masing-masing dan sangat berkompeten di bidangnya. Tujuannya adalah untuk membekali siswa Alterra Academy dengan pelatihan berkualitas tinggi, tidak hanya untuk mempelajari hard skill, tetapi juga untuk mendapatkan wawasan tentang industri teknologi digital, sehingga benar-benar membantu siswa Alterra Academy menjadi profesional berkualitas tinggi di bidangnya. dari teknologi digital. Maka dari itu Alterra Academy yang merupakan salah satu lembaga pendidikan IT yang mendapatkan kerja sama oleh Kemendikbud Ristek untuk mengadakan kegiatan Studi Indipenden Bersertifikat yang terdiri dari 5 kelas pada batch 3 ini, yaitu Becoming Professional UI/UX Designer, Be The Best Top Search Quality Engineer, How to be an Ideal Top Search React JS Front-End Engineer, Become a Master of Golang Programme​r, dan
Become a Flutter Master From Zero to Hero.

Saya Fahri Arya Pratama salah satu peserta Magang dan Studi independen Bersertifikat dari Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur Prodi Sistem Informasi yang berhasil lolos dalam seleksi untuk mengikuti program MSIB Batch 3 di PT Marka Kreasi Persada (Alterra Academy). Untuk kelas yang saya ikuti dalam program ini adalah Becoming Professional UI/UX Designer yang dilaksanakan dari bulan Agustus hingga Desember 2022 (1 semester perkuliahan). Kegiatan terbagi menjadi 2 fase, yaitu fase self learning (melalui LMS alta.id) dan fase mentoring bersama mentor setiap Senin – Jumat pukul 18.30 – 21.00 WIB pada 2 bulan pertama / Senin, Rabu, Jumat pukul 18.30 – 21.00 WIB pada bulan seterusnya.

Suasana Studi Independent di Alterra Academy

Selama program berlangsung kita akan diberikan mentoring dari 2 arah, yaitu sesi mentoring soft skill dan sesi mentoring hard skill. Diharapkan dengan dibaginya menjadi 2 sesi ini, materi yang disampaikan oleh mentor dapat lebih mudah dipahami oleh mentee dari program MSIB di Alterra Academy ini. Pada umumnya program Becoming Professional UI/UX Designer di Alterra Academy dibagi menjadi 3 fase pembelajaran. Fase pertama yaitu Weekly Section yang dimana mentee akan diajarkan materi fundamental bagi seorang UI UX Designer oleh para mentor professional dan dilanjutkan diberikan penugasa sebagai latihan setiap sectionnya. Fase kedua yaitu fase Mini Project yang berfokus pada pengembangan dan eksplorasi para mentee setelah mendapatkan materi fundamental. Pada fase ini seluruh mentee diberikan tugas untuk me-redesign tampilan aplikasi-aplikasi yang sudah terjadi agar menjadi lebih baik entah itu dari segi UX ataupun UInya. Fase terakhir yaitu Capstone Project yang dimana mentee setiap kelas akan berkolaborasi satu sama lain membentuk suatu kelompok yang bertujuan untuk membuat project yang real. Tak hanya desain saja, namun sampai aplikasi yang siap digunakan.

Berikut kurang lebih pengalaman saya ketika mengikuti Studi independen pada Alterra Academy. Dengan kita mengikuti pembelajaran diluar kampus dan ingin merasakan bagaimana situasi dunia kerja yang sesungguhnya saya sangat merekomendasikan untuk setidaknya mengikuti sekali dalam perkuliahan karena hasil akhir dari MSIB ini bisa menjadi sebuah pengalaman dan juga portofolio yang sangat berharga saat nantinya kita lulus nantinya.

Penulis : Fahri Arya Pratama

Artikel ini telah dibaca 44 kali

Baca Lainnya

Sosialisasi “Pentingnya Sertifikasi Halal bagi UMKM Muda di Desa Candi, Kab. Sidoarjo”

20 June 2024 - 11:06 WIB

Kerja Bakti “Pembersihan Sampah Sekitar Sungai di Desa Ciburial RW 7

15 June 2024 - 21:50 WIB

Kegiatan Pengolahan Sampah Terpadu di Desa Ciburial “Mengubah Sampah Organik Menjadi Pupuk Kompos”

15 June 2024 - 21:43 WIB

Profil Desa Ciburial: Keindahan Alam yang Membutuhkan Pengelolaan Sampah Terpadu

15 June 2024 - 21:33 WIB

Tax Policy and Economic Elites: Going Where the Money is Earmarking

12 June 2024 - 05:59 WIB

PERMASALAHAN KASUS GOOGLE TERHADAP KONSEP BUT

12 June 2024 - 02:56 WIB

Trending di Pendidikan