Menu

Mode Gelap
Djauzi dan Rafa Jadi Mojang Jajaka Kota Bandung 2023 *Pemilu 2024 Momentum Bagi Rakyat Indonesia Menentukan Masa Depan Negara dan Bangsa* Ini salah satu manfaat dari pajak yang Anda bayarkan… fasilitas kesehatan kepada seluruh masyarakat Indonesia, seperti @bpjskesehatan_ri. Ditjen pen pada rapat kerja HIMKI tahun 2023 Penandatanganan nota kesepahaman dan perjanjian kerja sama antara badan pengawas keuangan dan pembangunan dengan provinsi Papua Selatan Papua tengah Papua pegunungan dan Papua barat daya

News · 27 Jun 2023 18:56 WIB ·

Program Full Stack Developer Melalui PT GITS Indonesia Kampus Merdeka Batch 4


					Program Full Stack Developer Melalui PT GITS Indonesia Kampus Merdeka Batch 4 Perbesar

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) telah meluncurkan program inovatif yang diberi nama Kampus Merdeka pada tahun 2020. Program ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan dan bakat mahasiswa dalam persiapan memasuki dunia kerja. Dalam rangkaian program ini, terdapat pilihan program unggulan seperti Kampus Mengajar, MSIB (Magang dan Studi Independen Bersertifikat), Wirausaha Merdeka, dan sejumlah program lainnya. Tidak hanya itu, program ini juga memberikan konversi SKS (Satuan Kredit Semester) kepada mahasiswa yang mengikutinya.

Kampus Merdeka memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk mengembangkan diri sesuai dengan kompetensi yang dicari oleh dunia usaha dan industri melalui kegiatan di luar perkuliahan. Hal ini membuka peluang bagi mereka untuk mengasah keterampilan khusus yang dibutuhkan di dunia kerja. Dengan demikian, program Kampus Merdeka d⁶kiharapkan dapat mempersiapkan mahasiswa dengan lebih baik untuk menghadapi tantangan di masa depan.

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) berharap bahwa program Kampus Merdeka ini dapat memberikan manfaat yang signifikan bagi perkembangan kemampuan dan karir para mahasiswa di Indonesia. Program ini juga diharapkan dapat membantu mengurangi kesenjangan antara dunia pendidikan dan dunia kerja, sehingga lulusan universitas dapat dengan lancar beradaptasi dan berkontribusi dalam lingkungan profesional.

Program Kampus Merdeka telah menjalin kerja sama dengan PT GITS Indonesia. Program ini berlangsung mulai tanggal 16 Februari hingga 30 Juni 2022. Selama periode pembelajaran tersebut, peserta program akan ditempatkan dalam kelas-kelas yang sesuai dengan minat dan bakat mereka, dan akan didampingi oleh mentor berpengalaman di bidangnya.

Virtual Background MSIB Bersama GITS Indonesia Pada Kegiatan Onboarding 16 Februari 2023

Virtual Background MSIB Bersama GITS Indonesia Pada Kegiatan Onboarding 16 Februari 2023

Program Kampus Merdeka dengan PT GITS Indonesia menghadirkan kelas yang akan memberikan peserta pemahaman mendalam mengenai Full Stack Web Developer dengan menggunakan Framework Laravel 9. Materi yang akan dipelajari meliputi:

  1. Introduction Laravel 9: Peserta akan diperkenalkan dengan konsep dasar dan fitur terbaru dalam Framework Laravel versi 9.
  2. Setup Database: Materi ini akan membahas tentang konfigurasi dan pengaturan database dalam pengembangan aplikasi menggunakan Laravel 9.
  3. Konsep MVC: Peserta akan mempelajari konsep Model-View-Controller (MVC) dan bagaimana mengimplementasikannya dalam pengembangan web dengan Laravel 9.
  4. Build View dan Action CRUD: Materi ini akan mencakup pembuatan tampilan (view) dan tindakan dasar dalam operasi Create, Read, Update, dan Delete (CRUD) menggunakan Laravel 9.
  5. Auth dan Upload File: Peserta akan belajar tentang sistem autentikasi (Auth) dan mengelola unggahan file pada aplikasi web yang dikembangkan dengan menggunakan Laravel 9.
  6. Setup Basic Fitur E-Commerce: Materi ini akan membahas tentang pengaturan dasar fitur dalam pengembangan aplikasi e-commerce menggunakan Laravel 9.
  7. Invoice dan Payment: Peserta akan mempelajari bagaimana mengimplementasikan sistem pembuatan invoice dan proses pembayaran pada aplikasi e-commerce menggunakan Laravel 9.
  8. Kelola Web: Materi ini akan mencakup pengelolaan dan pemeliharaan aplikasi web yang dikembangkan dengan menggunakan Laravel 9.
  9. Master Admin E-Commerce: Peserta akan mempelajari bagaimana membangun dan mengelola panel administrasi (admin) pada aplikasi e-commerce menggunakan Laravel 9.

Kelas ini akan memberikan peserta pengetahuan dan keterampilan praktis dalam pengembangan aplikasi web menggunakan Framework Laravel 9. Dengan materi yang komprehensif dan didukung oleh mentor berpengalaman, peserta diharapkan dapat mempersiapkan diri dengan baik untuk tantangan di dunia kerja sebagai seorang Full Stack Web Developer.

Menurut Rahmat Dimas Syahputra, salah satu peserta studi independen Full Stack Web Developer di GITS, mengungkapkan, “Semua materi yang diperoleh selama mengikuti kegiatan ini memberikan pemahaman yang mudah dan lengkap tentang pengembangan aplikasi berbasis website full stack menggunakan Laravel 9.” Teman-teman bagi yang tidak mengerti Develop Website tidak perlu khawatir karena disini akan mempelajari materi dari native hingga menggunakan framework. Program pembelajaran di GITS terdiri dari beberapa materi yang harus diselesaikan dalam waktu 1 minggu. Setiap minggunya, peserta akan mendapatkan tugas yang harus diselesaikan  selama sesi kelas. Selain itu, peserta akan menerima sertifikat kompetensi sebagai bukti keberhasilan dalam mempelajari materi selama program ini, yang dapat digunakan sebagai tambahan portofolio dalam proses melamar pekerjaan.

Pada tahap akhir pembelajaran, peserta akan menyelesaikan proyek akhir berdasarkan pilihan studi kasus yang dibuat dan didiskusikan secara berkelompok. Dalam proyek akhir ini, saya dan anggota tim memilih studi kasus mengenai pengembangan Aplikasi E-Order Berbasis Website untuk Rumah Makan Bale Rasa. Aplikasi ini dirancang dengan tujuan membantu masyarakat dalam mengatasi masalah limbah kertas yang sering terjadi pada proses pemesanan makanan, serta untuk mempercepat waktu pemesanan dan mengurangi antrian.

Dokumentasi Pribadi Aplikasi E-Ordering Makanan/Mikunan di Kedai Makan Bale Rasa

Dokumentasi Pribadi Aplikasi E-Ordering Makanan/Mikunan di Kedai Makan Bale Rasa

Selama proyek akhir, kami menerima saran dan kritik konstruktif dari mentor yang sangat berharga. Hal ini memberikan motivasi kepada kami untuk terus memperbaiki fitur-fitur aplikasi agar menjadi lebih baik dan menarik bagi pengguna.

Aplikasi E-Order Berbasis Website untuk Rumah Makan Bale Rasa memiliki fitur-fitur yang dirancang dengan cermat, termasuk kemampuan melakukan pemesanan makanan secara online, pengelolaan menu, kasir digital, serta pelacakan status pesanan. Proyek akhir ini menjadi penutup dari program pembelajaran yang telah kami ikuti, di mana kami tidak hanya memperoleh pengetahuan dan keterampilan, tetapi juga mendapatkan pengalaman berharga dalam mengembangkan aplikasi sesuai dengan kebutuhan bisnis dan pelanggan.

Program Full Stack Web Developer di GITS merupakan pilihan yang tepat bagi mahasiswa yang ingin mengembangkan keahlian dalam bidang pengembangan web. Program ini tidak hanya meningkatkan soft skills yang penting dalam dunia kerja, tetapi juga mempersiapkan mahasiswa untuk bersaing di pasar tenaga kerja dan merancang ide bisnis inovatif yang berfokus pada pengembangan digital untuk meningkatkan sektor UMKM lokal.

Artikel ini telah dibaca 43 kali

Baca Lainnya

Kerja Bakti “Pembersihan Sampah Sekitar Sungai di Desa Ciburial RW 7

15 June 2024 - 21:50 WIB

Kegiatan Pengolahan Sampah Terpadu di Desa Ciburial “Mengubah Sampah Organik Menjadi Pupuk Kompos”

15 June 2024 - 21:43 WIB

Profil Desa Ciburial: Keindahan Alam yang Membutuhkan Pengelolaan Sampah Terpadu

15 June 2024 - 21:33 WIB

Tax Policy and Economic Elites: Going Where the Money is Earmarking

12 June 2024 - 05:59 WIB

PERMASALAHAN KASUS GOOGLE TERHADAP KONSEP BUT

12 June 2024 - 02:56 WIB

*Aksi Bersama Segenap Elemen Masyarakat, Pers, Kaum Buruh, Aktivis Pergerakan Menolak UU Penyiaran & Pandemi Treaty*

28 May 2024 - 11:02 WIB

Trending di Bisnis