Menu

Mode Gelap
Djauzi dan Rafa Jadi Mojang Jajaka Kota Bandung 2023 *Pemilu 2024 Momentum Bagi Rakyat Indonesia Menentukan Masa Depan Negara dan Bangsa* Ini salah satu manfaat dari pajak yang Anda bayarkan… fasilitas kesehatan kepada seluruh masyarakat Indonesia, seperti @bpjskesehatan_ri. Ditjen pen pada rapat kerja HIMKI tahun 2023 Penandatanganan nota kesepahaman dan perjanjian kerja sama antara badan pengawas keuangan dan pembangunan dengan provinsi Papua Selatan Papua tengah Papua pegunungan dan Papua barat daya

Pendidikan · 27 Dec 2023 14:20 WIB ·

Poster Edukasi Sebagai Media Informasi Para Siswa SDN Gunung Anyar 273


 Poster Edukasi Sebagai Media Informasi Para Siswa SDN Gunung Anyar 273 Perbesar

Penulis: Tessa Oktaviani Dahlan, Ida Wahyu Romandani, Nuriah Yuliati, Nisa Hafi Idhoh Fitriana

Sekolah adalah tempat pembelajaran yang tidak hanya mengandalkan peran seorang guru maupun media pembelajaran seperti buku, namun edukasi lain yang dapat dipakai sebagai media pembelajaran di sekolah seperti poster edukasi. Poster pendidikan atau disebut juga poster edukasi merupakan media visual berupa gambar, teks, dan elemen desain lain yang dirancang untuk menyampaikan pesan pendidikan. Poster edukasi ini merupakan sebuah media pembelajaran tentang perlakuan, pengelolaan dan pemanfaatan sarana dan prasarana untuk membentuk budaya kerja peserta didik di lingkungan sekolah.

Di SDN Gunung Anyar 273 edukasi dalam bentuk poster belum dilaksanakan, sehingga salah satu program yang dirancang mahasiswa yaitu membuat poster bulanan yang dapat menjadi bahan dan pesan edukasi kepada para siswa. Pesan yang disampaikan tidak hanya berfokus pada pesan ilmu pengetahuan, tetapi pesan lain seperti hari bersejarah, nilai moral, budaya, penghijauan, budidaya tanaman, dan pesan lainnya yang tentu memiliki tujuan mendidik. Pentingnya poster pendidikan tidak bisa di abaikan dalam dunia pendidikan. Poster edukasi bukan hanya sekadar dekorasi dinding, tetapi juga merupakan alat komunikasi yang efektif dalam menyebarkan pesan-pesan edukasi kepada berbagai kalanga khususnya para siswa. Poster pendidikan memiliki ciri-ciri khas yang membedakannya dari jenis poster lainnya. Ciri-ciri ini sangat penting untuk memastikan bahwa pesan pendidikan dapat tersampaikan dengan efektif kepada para siswa.

Salah satu isi pesan yang berhubungan dengan bidang sektor pertanian yaitu penyampaian informasi mengenai jenis tanaman hortikulturan dan jenis media tanam. Penyampaian isi pesan ini menjadi salah satu aspek penting mengingat gencarnya program penghijauan di area lingkungan sekolah. Poster edukasi memberikan informasi yang jelas sehingga dapat diaplikasikan dengan baik oleh para siswa untuk program penghijauan sekolah. Penggunaan gambar yang mendukung isi pesan juga dibutuhkan supaya para siswa dapat memvisualisasikan dengan baik apa yang disampaikan dalam poster edukasi.

Mahasiswa dibantu oleh para siswa untuk menempelkan poster di dinding sekolah. Pemilihan dinding di sekitar tangga karena dianggap adalah titik strategis yang sering dilewati oleh para siswa. Selama proses penempelan tersebut, mahasiswa juga sekaligus menjelaskan apa yang disampaikan dalam poster. Para siswa cenderung tertarik dengan hal baru yang belum didapatkannya selama pembelajaran di kelas. Selain sebagai media informasi, penempelan poster di area sekolah juga membantu menghias sekolah terutama dinding-dinding kosong yang polos dan tidak menarik. Memperbanyak poster edukasi disekolah juga membantu menyebarkan informasi mendidik yang mungkin belum didapatkan selama kegiatan belajar mengajar di kelas bersama guru.

Pemilihan media poster edukasi sebagai media pembelajaran di luar kelas adalah karena poster selain memberikan informasi dalam bentuk kata juga ditambah dengan gambar dan desain yang menarik. Desain disesuaikan dengan tema dan isi pesan yang akan disampaikan sehingga isi dalam informasi dapat disalurkan dengan jelas. Penyampaian informasi dalam poster edukasi juga cenderung ringkas dan dibarengi dengan bahasa yang mudah dimengerti. Hasil yang di inginkan dari poster edukasi adalah peningkatan pemahaman, kesadaran, dan nilai-nilai positif dalam pendidikan. Poster ini berusaha untuk memberikan manfaat dalam hal pengetahuan dan pemahaman kepada para siswa.

Poster edukasi memiliki peran yang penting dalam menyebarkan nilai-nilai edukasi dan informasi-informasi penting dalam dunia pendidikan. Program poster edukatif yang baru juga meningkatkan kreativitas dan inovasi siswa. Kedepannya pembuatan isi poster bisa dilakukan oleh para siswa melalui kegiatan di luar kelas, sehingga para siswa belajar langsung mendesain dan menyusun informasi yang kemudian disebarkan kepada siswa lainnya. Penggunaan media poster dan desain dapat membantu sekolah menyampaikan program-program prioritas. Penggunaan media yang disesuaikan dengan zamannya akan terkesan kekinian dan menarik. Media yang menarik, akan menjadi perhatian semua unsur-unsur di lingkungan sekolah, khususnya peserta didik.

Artikel ini telah dibaca 80 kali

Baca Lainnya

Ganjar: Sukarno Tak Pernah Bicara Kepentingan Pribadi, Keluarga

5 July 2024 - 14:45 WIB

Ganjar hingga Ahok jadi ketua dpp PDIP hingga 2025

5 July 2024 - 14:35 WIB

Mahasiswa Agribisnis Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur Sosialisasikan Pembuatan Eco Enzym di Gapoktan Keputih Bersemi

4 July 2024 - 17:36 WIB

Mahasiswa Agribisnis UPN Jawa Timur Gelar Kerja Bakti Bersama Gapoktan Keputih Bersemi: Mengembangkan Komoditas Organik untuk Masa Depan Berkelanjutan

4 July 2024 - 14:23 WIB

Mata dan mulut tertutup lakban seorang pria di temukan tewas gantung diri di fly over Cimindi Cimahi Bandung

28 June 2024 - 11:56 WIB

Tim PKM RSH UMS, Lakukan Penelitian Tentang Taktik Bahasa dalam Kejahatan Siber

24 June 2024 - 12:01 WIB

Trending di Pendidikan