Diskusi Program Kerja bersama Owner UD Wardana

Program Kompetisi Kampus Merdeka (PKKM) adalah salah satu program yang dikeluarkan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) RI untuk mendukung kebijakan kampus merdeka. Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur berhasil bekerjasama dengan beberapa mitra untuk merealisasi aksi magang yang di inisiasi oleh Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis dalam program Magang Mandiri 2022. Program ini diluncurkanuntuk memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk memperkuat kompetensinya, baik hard skill maupun soft skill melalui realisasi magang dunia kerja sesungguhnya

UPN “Veteran” Jawa Timur program studi Manajemen mengirimkan mahasiswa atas nama Gangsar Ragil Tri Waluyo (EM20) dan Deta Riza Aulya (EM20) untuk melaksanakan magang ke UD Wardana yang juga merupakan salah satu mitra serta tempat mahasiswa Program Studi Manajemen dalam melakukan magang. Bergerak dalam UMKM bidang sepatu dan tas serta terletak di Jalan Surodinawan gang tengah no. 30A, Kelurahan Surodinawan, Kecamatan Prajurit Kulon, Kota Mojokerto, Jawa Timur. “UD Wardana merupakan salah satu UMKM yang sangat membutuhkan adanya peran digital marketing dalam memasarkan produk-produknya yang sebelumnya dipasarkan secara konvensional” ujar Bapak Emru Suhadak, owner UD Wardana, Rabu (21/09/22).

Produk utama yang di hasilkan oleh Bapak Emru sejak tahun 2010 adalah sepatu mayoret yang mana juga tergolong jenis sepatu yang tidak digunakan dalam kegiatan keseharian dan hanya saat acara festival drumband saja sehingga target konsumen yang dimiliki masih belum luas. Adanya aturan menjaga jarak dan tidak berkerumun banyak orang saat Pandemi Covid-19 memberikan dampak yang sangat besar bagi UD Wardana, acara festival drumband yang terpaksa dihentikan berbanding lurus dengan kegiatan produksi sepatu mayoret yang harus berhenti juga. Inovasi baru pun bermunculan agar bisnis ini tidak ikut berhenti, dengan membuat sepatu yang terbuat dari bahan kulit ASLI, seperti sepatu boots dan sepatu sekolah. Selain itu, ada berbagai produk fashion, seperti tas ransel pria. Di produksi secara manual dengan kurang lebih 10 karyawan yang ada tidak menyurutkan UD Wardana bisa tetap bangkit dan memperkenalkan produknya ke mata dunia.

          Review Program Digital                                Marketing

Beberapa program kegiatan  yang diinisiasi secara mandiri oleh mahasiswa magang mandiri (Gangsar dan Deta) terhitung mulai September hingga Desember 2022 yakni pengoptimalan strategi digital marketing guna mempertahankan bisnis di UD Wardana. Seperti pembuatan media sosial dan e-commerce sebagai bentuk memperluas jangkauan produk agar dikenal banyak oleh customer. Pembuatan konten dan penyebarluasan melalui sosial media juga digencarkan agar produk dapat dikenal dan memiliki citra positif di kalangan masyarakat serta meningkatkan brand awarness produk dari UD Wardana. Memiliki nama yang unik dan arti yang cukup baik yakni brawmer 147 sehingga tercipta juga tagline menarik “Kualitas hebat, harga bersahabat? Brawmer147 lah pilihannya”

Melalui program magang mandiri ini diharapkan mahasiswa mampu untuk menerapkan strategi digital marketing yang tepat dan dapat menciptakan branding produk yang menarik. Diharapkan kerjasama antara UD Wardana dengan mahasiswa melalui program magang mandiri ini mampu membentuksolusi baik dalam pengembangan produk di era digital seperti ini.