Menu

Mode Gelap
Djauzi dan Rafa Jadi Mojang Jajaka Kota Bandung 2023 *Pemilu 2024 Momentum Bagi Rakyat Indonesia Menentukan Masa Depan Negara dan Bangsa* Ini salah satu manfaat dari pajak yang Anda bayarkan… fasilitas kesehatan kepada seluruh masyarakat Indonesia, seperti @bpjskesehatan_ri. Ditjen pen pada rapat kerja HIMKI tahun 2023 Penandatanganan nota kesepahaman dan perjanjian kerja sama antara badan pengawas keuangan dan pembangunan dengan provinsi Papua Selatan Papua tengah Papua pegunungan dan Papua barat daya

Bisnis · 14 Sep 2023 17:01 WIB ·

*Pj Gubernur Bahtiar Kobarkan Semangat Gotong Royong di Kampus UNM*

MAKASSAR – Penjabat Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel), Bahtiar Baharuddin, memberikan kuliah umum mengenai wawasan kebangsaan dan penguatan ideologi Pancasila, di hadapan mahasiswa Universitas Negeri (UNM) dan Panwaslu kabupaten/kota se-Sulsel, Kamis, 14 September 2023.

Hadir pada kegiatan tersebut, Ketua DPRD Sulsel Ina Kartika Sari, Ketua Bawaslu Sulsel Mardiana Rusli, dan Rektor UNM Prof. Husain Syam.

Kegiatan ini mengangkat tema Nasional-isme Goes To Campus yang dilaksanakan Direktorat Jenderal (Dirjen) Politik dan Pemerintahan Umum Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Pj Gubernur Sulsel, Bahtiar kembali menekankan pada penyelenggaraan Pemilu agar dapat terlaksana baik dari sisi anggaran, sarana dan prasarana maupun Sumber Daya Manusia (SDM) penyelenggara Pemilu.

“Selain bertugas sebagai Pj Gubernur, saya punya tugas untuk memastikan suksesnya penyelenggaraan Pemilu di Sulawesi Selatan tahun 2024,” ungkap Bahtiar.

Selain itu, ia juga menyampaikan pentingnya budaya gotong royong sebagai falsafah Pancasila yang telah dicetuskan oleh Ir. Soekarno.

“Budaya gotong royong juga ini selaras dengan budaya Bugis Makassar sehingga perlu dilestarikan. Misalnya dahulu ketika ada tetangga pindah rumah, tetangga sekitar rumah itu berbondong-bondong untuk turut memindahkan rumah panggung,” jelasnya.

Kata dia, nilai-nilai gotong royong yang dicetuskan leluhur terdahulu mulai digeser dengan pertukaran budaya. Karena itu, melalui keterbukaan informasi, diharapkan dapat ditingkatkan melalui budaya literasi.

Sementara, Rektor UNM Prof. Husain Syam menekankan pada pentingnya pemahaman Pancasila di lingkungan keluarga, maupun di lingkungan kampus. Salah satu budaya leluhur yang perlu dilestarikan yakni budaya gotong royong.

“Gotong royong ini salah budaya leluhur yang perlu dilestarikan khususnya kalangan kampus maupun di lingkungan keluarga,” tegasnya. (*)

Artikel ini telah dibaca 83 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Naik Bus, Ganjar-Mahfud Hadiri Sidang Perdana Sengketa Pilpres di MK

9 May 2024 - 10:39 WIB

Antisipasi sesar lembang.brin dorong bangunan di bandung gunakan anti gempa

8 May 2024 - 20:13 WIB

Tak Lagi Nyaleg DPR RI, Ono Surono: Saya Diperintah Nyalon DPRD Jabar

8 May 2024 - 19:02 WIB

Ganjar-Mahfud Resmi Deklarasi Oposisi!

8 May 2024 - 17:55 WIB

Google Ads Bantu UMKM Jangkau Lebih Banyak Customer

6 May 2024 - 13:21 WIB

Google Ads

Sosialisasi Program Ciburial MeSaT (Mengelola Sampah Terpadu) di Desa Ciburial, Kec. Cimenyan oleh mahasiswa yang melaksanakan program Magang MSIB di PT. Agritama Sinergi Inovasi penempatan Ketapang Kita beserta para penggiat lingkungan

3 May 2024 - 09:42 WIB

Trending di Kesehatan