Menu

Mode Gelap
Djauzi dan Rafa Jadi Mojang Jajaka Kota Bandung 2023 *Pemilu 2024 Momentum Bagi Rakyat Indonesia Menentukan Masa Depan Negara dan Bangsa* Ini salah satu manfaat dari pajak yang Anda bayarkan… fasilitas kesehatan kepada seluruh masyarakat Indonesia, seperti @bpjskesehatan_ri. Ditjen pen pada rapat kerja HIMKI tahun 2023 Penandatanganan nota kesepahaman dan perjanjian kerja sama antara badan pengawas keuangan dan pembangunan dengan provinsi Papua Selatan Papua tengah Papua pegunungan dan Papua barat daya

Bisnis · 27 Nov 2023 09:42 WIB ·

Peserta Aquabike Jetski World Championship di Balige Gunakan Avgas dari Pertamina


 Peserta Aquabike Jetski World Championship di Balige Gunakan Avgas dari Pertamina Perbesar

Media Bangsa – Sebagian besar peserta Aquabike Jetski World Championship 2023 Danau Toba, Provinsi Sumatra Utara, menggunakan bahan bakar minyak (BBM) jenis Avgas yang dipasok PT Pertamina Patra Niaga Operation Service Sumbagut.

“Jadi di venue Balige itu dominan yang terpakai Avgas. Memang Avgas itu untuk F1 Powerboat H2O sampai dengan Aquabike Jetski ini lebih di area venue Balige. Kalau untuk venue Samosir, Dairi dan Karo menggunakan BBM Pertamax Turbo,” kata Supply Chain Corporate Operaton Service Sumbagut PT Pertamina Patra Niaga, Iqbal Anggriawan, saat ditemui InfoPublik di area Paddock Aquabike Jetski World Championship 2023 Balige, Kabupaten Toba, Sumatra Utara, pada Minggu (26/11/2023).

Iqbal mengaku tidak mengetahui pasti spesifikasi mesin jetski yang dipakai dalam seri GP Aquabike Jetski di venue Balige itu.

Namun Avgas itu sebenarnya merupakan jenis BBM yang memiliki Research Octane Number (RON) dengan nilai 100 yang biasa dipergunakan untuk pesawat mesin piston.

“Avgas itu sebenarnya adalah BBM RON 100, bahan bakar pesawat mesin piston. Nah untuk spesifikasi mesin jetski sendiri kami kurang tahu seperti apa. Tapi dari panitia meminta pasokan avgas dari pertamina. Mungkin karena di sini lebih untuk ke freestyle,” imbuhnya.

Dia mengungkapkan untuk tiga venue lomba sebelumnya, yakni di Kabupaten Dairi, Karo dan Samosir, BBM yang dipergunakan adalah Pertamax Turbo dengan RON 98.

Sedangkan Avgas hanya dipakai tim peserta Aquabike Jetski di venue Balige, yang didatangkan dari Depot Pengisian Pesawat Udara (DPPU) Polonia, Medan, melalui jalur darat.

“Pada 22 November 2023 kemarin kami kirim 40 drum avgas dari DPPU Polonia ke venue Balige dengan pengawalan dari Polda Sumut. Alhamdulillah perjalanan lancar menggunakan dua truk, Jadi kami mengangkutnya dengan dua truk masing-masing mengangkut 20 drum,” jelas Iqbal.

Untuk venue Balige sendiri Pertamina Parta Niaga menyiapkan stok sebanyak delapan ribu liter yang dikemas dalam 40 drum.

Pada hari pertama lomba, lanjut Iqbal, Avgas yang sudah disalurkan sebanyak empat drum atau 800 liter dan hari kedua jumlahnya bertambah lagi tujun drum, hingga total 11 drum. Sedangkan untuk Pertamax Turbo pada venue Balige hanya diserap satu drum.

“Kita menyediakan tim yang selalu standby di sini. Kita support Aquabike Jetski World Championship 2023, kita beri knowledge pada para peserta terkait dengan spesifikasi produk, seperti apa handling yang baik dan kita juga sediakan booklet produk knowledge kepada peserta Aquabike itu,” kata dia.

Supervisor Receiving and Storage DPPU Polonia PT Pertamina Patra Niaga, Dody Vera, menambahkan, para peserta lomba tidak bisa mendapatkan pasokan BBM setiap saat karena panitia telah menetapkan jadwalnya.

Selain itu, panitia lomba menyiapkan lokasi di kontainer di dekat tenda BBM Pertamina untuk menyiapkan bahan bakar setiap peserta balapan jetski ini.

“Kami ada schedule dari panitia, jadi untuk memasok BBM harus di jam-jam tertentu, tidak boleh diluar itu. Satu hari itu ada dua kali waktu mengambil BBM,” tutup Dody.

Artikel ini telah dibaca 3 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Satgas Yonif 133/YS Gelar Kuali Merah Putih di Zona Merah

16 April 2024 - 09:46 WIB

Fundamental Ekonomi Indonesia Tetap Kuat Redam Dampak Konflik Timur Tengah

16 April 2024 - 09:36 WIB

Dukung Program Pompanisasi, Kementan Gencarkan Listrik Masuk Sawah

15 April 2024 - 08:12 WIB

Kementan dan Provinsi Banten Kembangkan Padi Varietas Biosalin

15 April 2024 - 08:03 WIB

Ini Bentuk Dukungan Pemerintah terhadap Petani

11 April 2024 - 11:33 WIB

KKP Raih Pengakuan Standar Internasional Antisuap

11 April 2024 - 11:23 WIB

Trending di Bisnis