Menu

Mode Gelap
Djauzi dan Rafa Jadi Mojang Jajaka Kota Bandung 2023 *Pemilu 2024 Momentum Bagi Rakyat Indonesia Menentukan Masa Depan Negara dan Bangsa* Ini salah satu manfaat dari pajak yang Anda bayarkan… fasilitas kesehatan kepada seluruh masyarakat Indonesia, seperti @bpjskesehatan_ri. Ditjen pen pada rapat kerja HIMKI tahun 2023 Penandatanganan nota kesepahaman dan perjanjian kerja sama antara badan pengawas keuangan dan pembangunan dengan provinsi Papua Selatan Papua tengah Papua pegunungan dan Papua barat daya

Pendidikan · 18 May 2022 04:24 WIB ·

Perbedaan TK A dan TK B itu apa saja? Orang tua harus tau ini


 Perbedaan TK A dan TK B itu apa saja? Orang tua harus tau ini Perbesar

 

Pendidikan tentunya penting bagi semua orang, karena itu pendidikan harus dimulai sejak dini. Mulai dari Taman Kanak-kanak, Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama sampai Akhir. Maka dari itu orang tua harus bertanggung jawab untuk memenuhi semua kebutuhan pendidikan anak mereka, karena anak tersebut adalah seorang penerus bangsa Indonesia. Tetapi sebelum itu orang tua harus tau, ternyata Taman Kanak-kanak itu dibagi menjadi 2, yaitu TK A dan TK B. Apa saja sih perbedaannya? Simak dibawah ini.

Ada beberapa hal yang dapat membedakan antara TK A dan TK B:

  1. Urutan dari sekolah

Sekolah itu dimulai dari Taman Kanak-kanak, Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama, lalu Sekolah Menegah Akhir. Taman Kanak-kanak sendiri dimulai dari TK A lalu TK B.

  1. Perbedaan usia anak

Orang tua biasanya menyekolahkan anaknya pada usia sekitar 4-5 tahun, disitulah dimulai jenjang pendidikan anak, yaitu di TK A terlebih dahulu. Setelah setahun berjalan, anak tersebut kemudian dipindahkan ke TK B untuk persiapan menuju sekolah dasar.

  1. Perbedaan istilah

Ada beberapa orang tua atau guru yang memilih untuk memberikan nama baru untuk Taman Kanak-kanak. Biasanya mereka menyebut TK A dengan sebutan TK nol kecil, dan TK B dengan sebutan TK nol besar.

  1. Perbedaan tujuan

Tujuan dibuatnya Taman Kanak-kanak adalah untuk memperkenalkan dunia pendidikan kepada anak mulai usia dini. Dalam Undang-undang dan Peraturan pemerintah juga sudah dijelaskan bahwa tujuan dibuatnya Taman Kanak-kanak itu untuk:

  1. Membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani agar anak memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut (Pasal 1 ayat 14 Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003).
  2. Mengembangkan kepribadian dan potensi diri sesuai dengan tahap perkembangan peserta didik (Penjelasan Pasal 28 ayat 3 Undang- Undang Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 2003).112
  3. Membantu meletakkan dasar kearah perkembangan sikap, pengetahuan, keterampilan, dan daya cipta yang diperlukan oleh anak didik dalam menyesuaikan diri dengan lingkungannya dan untuk pertumbuhan serta perkembangan selanjutnya (Pasal 3 Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 27 Tahun 1990).

Nah kalau TK A tujuannya lebih kepada memperkenalkan anak kepada dunia pendidikan, kalau TK B adalah persiapan bagi anak untuk melanjutkan jenjang pendidikannya ke Sekolah Dasar, dan yang diajarkan adalah bagaimana cara membaca, menulis, dan berhitung.

Bagaimana , kali ini Anda lebih mengerti mengenai perbedaan antara TK A atau TK nol kecil dengan TK B atau TK nol besar bukan? Sekarang saatnya anda untuk mulai menyekolahkan anak anda sebelum terlambat.

REFERENSI GAMBAR

  1. https://smk1sumenep.sch.id/wp-content/uploads/2021/10/sekolah.jpg
Artikel ini telah dibaca 69 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Naik Bus, Ganjar-Mahfud Hadiri Sidang Perdana Sengketa Pilpres di MK

9 May 2024 - 10:39 WIB

Antisipasi sesar lembang.brin dorong bangunan di bandung gunakan anti gempa

8 May 2024 - 20:13 WIB

Tak Lagi Nyaleg DPR RI, Ono Surono: Saya Diperintah Nyalon DPRD Jabar

8 May 2024 - 19:02 WIB

Ganjar-Mahfud Resmi Deklarasi Oposisi!

8 May 2024 - 17:55 WIB

Jokowi Rajin Bagi-bagi Bansos, Uang Dari Mana? Ini Kata Sri Mulyani

6 April 2024 - 10:59 WIB

Saat Presiden Sukarno Tidak Punya Uang Menjelang Lebaran????

1 April 2024 - 19:11 WIB

Trending di Bisnis