Menu

Mode Gelap
Djauzi dan Rafa Jadi Mojang Jajaka Kota Bandung 2023 *Pemilu 2024 Momentum Bagi Rakyat Indonesia Menentukan Masa Depan Negara dan Bangsa* Ini salah satu manfaat dari pajak yang Anda bayarkan… fasilitas kesehatan kepada seluruh masyarakat Indonesia, seperti @bpjskesehatan_ri. Ditjen pen pada rapat kerja HIMKI tahun 2023 Penandatanganan nota kesepahaman dan perjanjian kerja sama antara badan pengawas keuangan dan pembangunan dengan provinsi Papua Selatan Papua tengah Papua pegunungan dan Papua barat daya

Nasional · 15 Jul 2023 20:15 WIB ·

PERAN MUSEUM ASI MBOJO DALAM SEJARAH BIMA


 PERAN MUSEUM ASI MBOJO DALAM SEJARAH BIMA Perbesar

Gambar Museum Asi mbojo (sumber : www.tripadvisor.com)

Museum ASI Mbojo, yang terletak di kota Bima, Nusa Tenggara Barat, Indonesia, memiliki peran penting dalam menjaga dan mempromosikan sejarah dan budaya Bima. Museum ini merupakan tempat yang kaya akan peninggalan sejarah dan artefak-etnografis yang menggambarkan perkembangan masyarakat Bima dari masa ke masa. Salah satu aspek yang menonjol dalam peran museum ini adalah menjaga dan memamerkan sejarah Bima yang erat kaitannya dengan kerajaan-kerajaan yang pernah berdiri di wilayah tersebut.

Sebagai institusi budaya, Museum ASI Mbojo berperan sebagai penjaga dan pengawal memori kolektif masyarakat Bima. Melalui koleksi-koleksi yang ada, museum ini memperlihatkan perkembangan dan transformasi budaya Bima sejak zaman prasejarah hingga masa kini. Dalam hal ini, museum berfungsi sebagai penjaga warisan budaya yang berharga dan mengedukasi masyarakat serta pengunjung tentang warisan tersebut.

Salah satu fokus utama Museum ASI Mbojo adalah memperlihatkan sejarah dan peran kerajaan-kerajaan Bima. Bima memiliki sejarah panjang sebagai pusat pemerintahan yang penting di wilayah Nusa Tenggara Barat. Museum ini mengumpulkan dan memamerkan artefak-artefak, seperti arca-arca, perhiasan, senjata, dan dokumentasi sejarah yang berkaitan dengan kerajaan-kerajaan tersebut. Pengunjung dapat melihat dengan jelas bagaimana kehidupan di masa lalu dan sistem pemerintahan yang berlaku di kerajaan-kerajaan Bima.

Selain itu, Museum ASI Mbojo juga berperan dalam mempertahankan dan mempromosikan tradisi dan budaya masyarakat Bima. Museum ini sering mengadakan pameran dan acara budaya yang melibatkan masyarakat lokal, seperti pertunjukan seni tradisional, lokakarya kerajinan tangan, dan festival budaya. Ini tidak hanya membantu dalam memelihara tradisi-tradisi yang ada, tetapi juga menjadi wadah untuk memperkenalkan budaya Bima kepada masyarakat yang lebih luas.

Peran Museum ASI Mbojo sebagai pusat penelitian dan pengembangan juga tidak boleh diabaikan. Museum ini memberikan dukungan dan fasilitas bagi para peneliti dan akademisi yang tertarik untuk mempelajari sejarah, budaya, dan aspek-aspek lain dari masyarakat Bima. Melalui kerjasama dengan lembaga-lembaga pendidikan dan penelitian, museum ini berkontribusi pada pengembangan pengetahuan tentang sejarah dan budaya Bima.

Dalam kesimpulannya, Museum ASI Mbojo memiliki peran yang penting dalam menjaga, mempromosikan, dan mengembangkan sejarah dan budaya Bima. Melalui koleksi-koleksi yang ada, museum ini membantu memelihara warisan budaya yang berharga dan menyajikan kisah yang menarik tentang kerajaan-kerajaan Bima. Selain itu, museum ini juga berperan sebagai pusat kegiatan budaya dan riset yang berkontribusi pada pemahaman yang lebih baik tentang masyarakat Bima. Dengan demikian, Museum ASI Mbojo menjadi titik penting dalam menjaga identitas dan kekayaan budaya Bima untuk generasi sekarang dan mendatang.

 

Artikel ini telah dibaca 51 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Kerja Bakti “Pembersihan Sampah Sekitar Sungai di Desa Ciburial RW 7

15 June 2024 - 21:50 WIB

Kegiatan Pengolahan Sampah Terpadu di Desa Ciburial “Mengubah Sampah Organik Menjadi Pupuk Kompos”

15 June 2024 - 21:43 WIB

Profil Desa Ciburial: Keindahan Alam yang Membutuhkan Pengelolaan Sampah Terpadu

15 June 2024 - 21:33 WIB

Tax Policy and Economic Elites: Going Where the Money is Earmarking

12 June 2024 - 05:59 WIB

PERMASALAHAN KASUS GOOGLE TERHADAP KONSEP BUT

12 June 2024 - 02:56 WIB

pabrikpaving.id Bantu Supply Paving Block Kualitas No 1 untuk Area Jogja dan Sekitarnya

5 June 2024 - 13:12 WIB

Paving Block
Trending di Nasional