Menu

Mode Gelap
Djauzi dan Rafa Jadi Mojang Jajaka Kota Bandung 2023 *Pemilu 2024 Momentum Bagi Rakyat Indonesia Menentukan Masa Depan Negara dan Bangsa* Ini salah satu manfaat dari pajak yang Anda bayarkan… fasilitas kesehatan kepada seluruh masyarakat Indonesia, seperti @bpjskesehatan_ri. Ditjen pen pada rapat kerja HIMKI tahun 2023 Penandatanganan nota kesepahaman dan perjanjian kerja sama antara badan pengawas keuangan dan pembangunan dengan provinsi Papua Selatan Papua tengah Papua pegunungan dan Papua barat daya

Pendidikan · 20 May 2022 10:40 WIB ·

Peran Komputer di Dunia Pendidikan


 Membuat dokumen di komputer Perbesar

Membuat dokumen di komputer

Saat ini masyarakat global telah memasuki era digital, dimana semua sektor yang ada di masyarakat telah terdigitalisasi. Beberapa sektor diantaranya adalah sektor kesehatan, ekonomi, kependudukan, dan tentunya pendidikan. Dengan adanya pandemi Covid-19 membuat percepatan digitalisasi di sektor-sektor tersebut. Digitalisasi tidak dapat dilepaskan dari perangkat kerasnya, salah satunya komputer. Komputer berperan penting di kehidupan masyarakat saat ini, salah satunya bidang pendidikan. Peran komputer di dunia pendidikan sangatlah banyak.

Bidang pendidikan saat ini banyak disentuh oleh digitalisasi. Tentunya komputer berperan sangat penting dalam bidang ini. Orang-orang di dunia pendidikan akan sangat kesulitan bila tidak menggunakan komputer. Pasalnya, makin kesini makin banyak perhitungan yang perlu dilakukan untuk tujuan penelitian, pembelajaran, riset dan banyak lainnya. Berikut beberapa peranan komputer di dunia pendidikan.

  1. Mempermudah penghitungan

    Di tingkat perkuliahan, penghitungan yang dilakukan oleh mahasiswa dan dosen tentunya sangatlah kompleks. Banyak persamaan yang akan sangat sulit bila dilakukan secara manual. Dengan menggunakan komputer dan tools untuk menghitung, maka penghitungan dapat dilakukan dengan cepat dan hasil yang akurat.

  2. Memudahkan pembuatan dokumen
    Komputer yang berperan penting

    Membuat dokumen di komputer

    Dahulu untuk membuat sebuah dokumen diperlukan mesin ketik yang langsung diketik di bidang kertas tetapi saat ini pembuatan dokumen sangat mudah dilakukan menggunakan komputer. Pembuat dokumen tidak perlu takut untuk salah ketik karena sangat mudah diubah dengan mudah jika melakukan kesalahan. Dokumen yang dibuat juga dapat bervariatif, banyak format penulisan yang dapat digunakan user.

  3. Pertukaran dokumen menjadi mudah

    Kebutuhan pertukaran dokumen di dunia pendidikan juga tinggi. Siswa maupun mahasiswa kadang diminta untuk mengumpulkan tugas via media online. Untuk itu, siswa maupun mahasiswa dapat membuat dokumen di komputer dan langsung dikirim melalui media online kepada guru atau dosen.

  4. Memudahkan komunikasi

    Saat pandemi Covid-19, sektor pendidikan merupakan sektor yang cukup terpengaruh. Proses kegiatan belajar mengajar yang awalnya dilakukan secara tatap muka di ruang kelas harus ditiadakan. Namun dengan adanya perangkat komputer dan aplikasi komunikasi jarak jauh maka proses belajar mengajar dapat dilakukan dari mana saja.

Artikel ini telah dibaca 24 kali

Baca Lainnya

Naik Bus, Ganjar-Mahfud Hadiri Sidang Perdana Sengketa Pilpres di MK

9 May 2024 - 10:39 WIB

Antisipasi sesar lembang.brin dorong bangunan di bandung gunakan anti gempa

8 May 2024 - 20:13 WIB

Tak Lagi Nyaleg DPR RI, Ono Surono: Saya Diperintah Nyalon DPRD Jabar

8 May 2024 - 19:02 WIB

Ganjar-Mahfud Resmi Deklarasi Oposisi!

8 May 2024 - 17:55 WIB

Kenali Apa Itu Expert System / Sistem Pakar

17 April 2024 - 22:23 WIB

Database SQL VS Database NoSQL

16 April 2024 - 08:46 WIB

Trending di Tekno & Sains