SEO TERBUKTI MAMPU NAIKKAN RATING GOOGLE

Sebagai Copywriter yang baik, kamu perlu memahami teknik SEO (Search Engine Optimization) atau pengoptimalan mesin telusur seperti google. Dalam menulis sebuah artikel di dalam suatu website, SEO dibutuhkan agar audience mudah menemukan tulisanmu. Hal ini dikarenakan teknik SEO yang tepat mampu menaikkan rating google dan reputasi tulisanmu juga otomatis akan meningkat.

SEBERAPA PENTING KAH ADANYA ‘LINK’ BAGI RATING GOOGLE ?

INTERNAL LINK

Untuk menciptakan SEO yang kuat, perlu didorong dengan jumlah internal link yang banyak. Jika digambarkan dengan tubuh manusia, internal link seperti kepribadian yang dimiliki oleh seorang manusia. Internal link berhubungan dengan keyword yang dimunculkan melalui mesin pencarian yang membaca anchor text pada website. Hal ini pun mampu mempengaruhi jumlah pengunjung pada artikel di suatu website.

Contohnya adalah ‘interview kerja’ merupakan anchor text yang termasuk ke dalam internal link. Pada kalimat ‘interview kerja’ bisa disebut juga sebagai internal link yang mengandung keyword. Karena sebagai keyword, internal link mampu memicu mesin pencari memunculkan tulisanmu pada halaman mesin pencarian. Oleh karena itu, dalam membuat sebuah artikel kita perlu memperhatikan internal link nya. Pastikan mengandung banyak keyword yang relevan tetapi dalam bentuk kalimat yang bervariasi. Tujuannya agar meningkatkan rating pada google dan menciptakan peluang munculnya tulisanmu pada halaman pertama mesin pencarian. Untuk mendapatkan keyword yang relevan, kamu bisa melihatnya pada bagian ‘penelusuran terkait’ yang ada pada bagian bawah mesin pencarian. Perlu dicatat, maksimal keyword yang sama dalam suatu artikel berjumlah 20 agar tidak terdeteksi sebagai ‘spam keyword’.

EKSTERNAL LINK

Selain internal link, ada pula eksternal link yang keberadaannya juga dapat meningkatkan Domain Authority (DA) pada suatu website. DA adalah sebuah skor peringkat, yang mampu memprediksi seberapa baik peringkat suatu website. Rentang skor pada DA adalah 1-100. Keuntungannya jika DA milik situs mu tinggi, maka semakin mudah bagi tulisanmu muncul di halaman pertama pencarian.

Jika internal link bertujuan ke dalam website sendiri, eksternal link justru mengarah pada website lain. Contohnya seperti bagian informasi media sosial pada suatu website (Instagram, Facebook, Whatsapp, dan lain sebagainya). Jika ditekan maka otomatis kita akan diarahkan pada halaman Instagram, Facebook, atau whatsapp sang pemilik website.

Dalam eksternal link juga ada istilah no follow dan do follow yang merupakan pilihan pengaturan pada link yang ada. Maksud dari no follow ini adalah para pembaca tidak diarahkan pada halaman lain ketika menekan link yang ada pada artikel. Sebaliknya, pada do follow justru pembaca diarahkan pada halaman lain ketika menekan link yang ada. Istilah eksternal link dengan pengaturan no follow juga dapat disebut sebagai ‘back link’. Jika semakin banyak ‘back link’ yang dimuat pada situs-situs lain maka Domain Authority (DA) pada halaman website juga semakin meningkat.

Ingin tahu info lainnya seputar dunia copywriting, check artikel di bawah ini

KONTEN PROMOSI INSTANT, AUDIENS PUN TERPIKAT