Menu

Mode Gelap
Djauzi dan Rafa Jadi Mojang Jajaka Kota Bandung 2023 *Pemilu 2024 Momentum Bagi Rakyat Indonesia Menentukan Masa Depan Negara dan Bangsa* Ini salah satu manfaat dari pajak yang Anda bayarkan… fasilitas kesehatan kepada seluruh masyarakat Indonesia, seperti @bpjskesehatan_ri. Ditjen pen pada rapat kerja HIMKI tahun 2023 Penandatanganan nota kesepahaman dan perjanjian kerja sama antara badan pengawas keuangan dan pembangunan dengan provinsi Papua Selatan Papua tengah Papua pegunungan dan Papua barat daya

Uncategorized · 23 Dec 2022 22:04 WIB ·

Peningkatan Literasi dan Numerasi, Membantu Adaptasi Teknologi serta Membantu Administrasi di SD Negeri 044846 Buah Raya Bersama Kampus Mengajar Angkatan 4 Tahun 2022


 Peningkatan Literasi dan Numerasi, Membantu Adaptasi Teknologi serta Membantu Administrasi di SD Negeri 044846 Buah Raya Bersama Kampus Mengajar Angkatan 4 Tahun 2022 Perbesar

Program Kampus Mengajar merupakan salah satu program yang ada di dalam Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang berupa asistensi mengajar untuk memberdayakan mahasiswa dalam membantu proses pembelajaran di Sekolah Dasar maupun Sekolah Menengah Pertama di berbagai wilayah baik Desa maupun Kota. Salah satu sekolah sasaran yang menjadi lokasi penempatan adalah SD Negeri 044846 Buah Raya yang bertempat di Desa Buah Raya, Kecamatan Kutabuluh, Kabupaten Karo, Sumatera Utara. SDN 044846 Buah Raya adalah sekolah dengan akreditas C yang memiliki jumlah siswa sebanyak 60 orang. Pada program ini, mahasiswa yang terlibat memiliki tanggung jawab terutama dalam membantu pihak sekolah pada proses mengajar, membantu adaptasi teknologi, membantu administrasi sekolah agar dapat meningkatkan kemampuan literasi dan numerasi siswa. Melalui kegiatan-kegiatan yang dilakukan diharapkan agar mahasiswa dapat membantu meningkatkan minat belajar siswa apalagi saat ini merupakan masa pemulihan pasca covid-19.

Pembelajaran di luar kelas

Oleh karena itu, mahasiswa berperan dalam membimbing siswa-siswi agar dapat beradaptasi dengan baik sehingga perbaikan karakter, peningkatan soft skills, pemecahan masalah melalui berpikir kritis, menumbuhkan jiwa sosial dan kepedulian terhadap lingkungan sekitar dapat terlaksana dengan baik.

Sebelum menjalankan program kampus mengajar, mahasiswa melakukan observasi terlebih dahulu untuk mengetahui kondisi sekolah sasaran agar dapat membantu dalam perencanaan program yang sesuai dengan permasalahan ataupun kebutuhan pada sekolah sasaran.

Beberapa program yang dilakukan adalah membantu guru dalam proses pembelajaran dengan membawakan materi pada buku Tematik yang mencakup pelajaran Bahasa Indonesia, Matematika, Agama, PPKn dan SBDP. Sesekali mahasiswa membuat pembelajaran Bahasa Inggris sederhana di dalam kelas untuk meningkatkan kemampuan berbahasa asing. Dalam hal ini, mahasiswa tidak hanya berfokus pada siswa-siswi yang dapat mengikuti rangkaian pembelajaran dengan baik. Namun, mahasiswa tetap memberikan dampingan dan bimbingan khusus terhadap siswa-siswi yang masih kurang dalam membaca, menulis dan berhitung. Selain itu mahasiswa memberikan perubahan ke arah yang lebih baik melalui pemberian motivasi terhadap siswa untuk meningkatkan minat belajar siswa serta perbaikan karakter siswa melalui arahan agar dapat bersikap sopan, saling menghargai, mempunyai solidaritas tinggi dan jiwa sosial atau kepedulian yang tinggi terhadap lingkungan sekitar.

Bukan hanya membantu dalam proses kegiatan belajar-mengajar, mahasiswa membantu sekolah penugasan melalui adaptasi teknologi seperti melakukan sosialisasi dan pelaksanaan pre test dan post test AKM bagi siswa-siswi kelas V , memperkenalkan cara mengaktivasi dan mengoperasikan chromebook kepada Kepala sekolah dan guru SD Negeri 044846 Buah Raya, memperkenalkan cara penggunaan aplikasi canva kepada guru untuk membantu dalam pembuatan materi dengan konsep pembelajaran yang menarik, mendampingi siswa-siswi kelas V dalam mengikuti sosialisasi dan mengikut pelaksanaan ANBK serta pengerjaan kuis melalui salah satu aplikasi online seperti quizizz untuk memperkenalkan kepada siswa mengenai cara mengikuti kuis secara online.

Dalam membantu administrasi beberapa program yang telah dilakukan oleh mahasiswa adalah membantu menata ulang kembali perpustakaan yang sudah lama terbengkalai dan tidak pernah dibuka agar dapat dioperasikan kembali sesuai jadwal wajib kunjung perpustakaan yang telah disusun dan agar seluruh buku tersusun dengan rapi menurut jenis dan ukurannya, membantu pengurusan administrasi sekolah yang berkaitan dengan penyusunan data-data dan pencetakan serta membantu guru dalam penyelesaian administrasi yang dibutuhkan.

Membersihkan perpustakaan

Membantu administrasi sekolah

 

Analisis hasil pelaksanaan Program Kampus Mengajar yang telah dilakukan oleh mahasiswa di SD Negeri 044846 Buah Raya telah sesuai dengan ketercapaian tujuan dari Program Kampus Mengajar. Melalui program yang telah disusun di awal penugasan dan kegiatan yang telah terlaksana menunjukkan hasil yang baik khususnya dalam peningkatan literasi dan numerasi bagi siswa-siswi, membantu adaptasi teknologi serta membantu administrasi. Dalam hal ini, terlihat antusias dan semangat siswa-siswi yang tinggi dalam menyambut kedatangan mahasiswa setiap harinya untuk menantikan berbagai kegiatan yang menyenangkan yang akan dilakukan. Melalui kehadiran mahasiswa Program Kampus Mengajar memberikan hasil dan dampak yang positif bagi siswa-siswi, Kepala Sekolah dan guru-guru SD Negeri 044846 Buah Raya ke arah yang lebih baik khususnya dalam 3 aspek penting yang menjadi tujuan utama dari pelaksanaan Kampus Mengajar angkatan 4 serta berbagai perubahan dalam hal keterampilan berpikir kritis siswa, penanaman empati dan kepekaan sosial serta pengembangan wawasan dan soft skills.

 

Melalui program Kampus Mengajar diharapkan agar sekolah sasaran baik SD maupun SMP dapat terbantu oleh kehadiran mahasiswa-mahasiswa yang terlibat didalamnya melalui program yang telah dilakukan agar nantinya dapat menjadi program berkelanjutan yang akan berdampak baik bagi peningkatan kualitas siswa-siswi.

Artikel ini telah dibaca 69 kali

Baca Lainnya

*Aksi Bersama Segenap Elemen Masyarakat, Pers, Kaum Buruh, Aktivis Pergerakan Menolak UU Penyiaran & Pandemi Treaty*

28 May 2024 - 11:02 WIB

*Adakah yang Tahu Letak Jalan Culik di Bandung*

27 May 2024 - 15:31 WIB

*Kearifan Lokal Dapat Menjadi Bekal Membuka & Masuk Dalam Gerbang Indonesia Emas Tahun 2045*

26 May 2024 - 10:32 WIB

*Persiapan Generasi Milenial Hari Ini Untuk Membuka & Masuk ke Gerbang Indonesia Emas Pada Tahun 2045*

26 May 2024 - 00:46 WIB

Semangat Kebangkitan Nasional Untuk Energi Menuju Indonesia Emas

20 May 2024 - 15:42 WIB

Naik Bus, Ganjar-Mahfud Hadiri Sidang Perdana Sengketa Pilpres di MK

9 May 2024 - 10:39 WIB

Trending di Bisnis