Menu

Mode Gelap
Djauzi dan Rafa Jadi Mojang Jajaka Kota Bandung 2023 *Pemilu 2024 Momentum Bagi Rakyat Indonesia Menentukan Masa Depan Negara dan Bangsa* Ini salah satu manfaat dari pajak yang Anda bayarkan… fasilitas kesehatan kepada seluruh masyarakat Indonesia, seperti @bpjskesehatan_ri. Ditjen pen pada rapat kerja HIMKI tahun 2023 Penandatanganan nota kesepahaman dan perjanjian kerja sama antara badan pengawas keuangan dan pembangunan dengan provinsi Papua Selatan Papua tengah Papua pegunungan dan Papua barat daya

News · 26 Dec 2022 12:01 WIB ·

Peningkatan Kualitas Pelayanan Berbasis Aplikasi Klampid New Generation di Kota Surabaya


 Peningkatan Kualitas Pelayanan Berbasis Aplikasi Klampid New Generation di Kota Surabaya Perbesar

Maraknya perkembangan teknologi di era digitalisasi ini membuat manusia berlomba-lomba untuk menciptakan sesuatu yang dapat mempermudah segala hal. Termasuk yang terjadi di Kota Surabaya, pemerintah setempat melakukan berbagai perombakan sistem pencatatan sipil.

Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Surabaya merupakan instansi pemerintah yang bertanggungjawab memberikan pelayanan administrasi kependudukan di wilayah Kota Surabaya.

Dapat diketahui selama ini sistem  pelayanan administrasi kependudukan masih berjalan secara konvensional, dimana dalam kegiatan pelayanan administrasi kependudukan pemohon atau masyarakat harus mendatangi secara langsung kantor Dispendukcapil untuk mengurus dokumen administrasi kependudukan.

Dalam proses pemberian layanan masih terdapat banyak keluhan dari masyarakat. Lamanya proses pelayanan ditambah lagi pemohon harus bolak-balik ke rumah dan tempat pelayanan jika ada dokumen yang kurang membuat masyarakat kurang puas terhadap kinerja pelayanan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Surabaya.

Aplikasi Klampid New Generation diciptakan untuk menjawab kebutuhan kepengurusan administrasi kependudukan di Kota Surabaya. Pada tahun 2014 Dispendukcapil Kota Surabaya melakukan pengembangan e-Government berupa portal online pendaftaran administrasi kependudukan Kota Surabaya yang diberi nama e-Lampid, yakni kepanjangan dari Lahir, Mati, Pindah, Datang. Fitur yang ada pada aplikasi Klampid New Generation meliputi kategori pelayanan pemutakhiran data penduduk, pencatatan sipil, dan pendaftaran penduduk. Fitur-fitur pada aplikasi ini di desain secara mudah dan simpel agar masyarakat tidak kesulitan dalam mengoperasikannya.

Adanya inovasi digital layanan kependudukan, masyarakat tentunya tidak perlu melewati antrian panjang karena dalam pengajuan pengurusan administrasi kependudukan tidak perlu repot datang kantor Dispendukcapil ataupun kelurahan/kecamatan, melainkan cukup dengan mendaftarkan diri pada aplikasi sebagai pemohon pada menu layanan yang hendak diurus. Aplikasi ini tentu memberikan sisi positif kepada masyarakat karena sangat mudah, murah, dan cepat dalam memproses permohonan yang diajukan.

 

Suasana Pelayanan Adminduk di Kantor Kecamatan Rungkut

Suasana Pelayanan Adminduk di Kantor Kecamatan Rungkut

Artikel ini telah dibaca 39 kali

Baca Lainnya

Naik Bus, Ganjar-Mahfud Hadiri Sidang Perdana Sengketa Pilpres di MK

9 May 2024 - 10:39 WIB

Antisipasi sesar lembang.brin dorong bangunan di bandung gunakan anti gempa

8 May 2024 - 20:13 WIB

Tak Lagi Nyaleg DPR RI, Ono Surono: Saya Diperintah Nyalon DPRD Jabar

8 May 2024 - 19:02 WIB

Ganjar-Mahfud Resmi Deklarasi Oposisi!

8 May 2024 - 17:55 WIB

Sosialisasi Program Ciburial MeSaT (Mengelola Sampah Terpadu) di Desa Ciburial, Kec. Cimenyan oleh mahasiswa yang melaksanakan program Magang MSIB di PT. Agritama Sinergi Inovasi penempatan Ketapang Kita beserta para penggiat lingkungan

3 May 2024 - 09:42 WIB

Rumah Penjual Tabung Gas di Jl Toddopuli 10 Makassar Sulsel Terbakar

2 May 2024 - 14:19 WIB

Trending di News