Menu

Mode Gelap
Djauzi dan Rafa Jadi Mojang Jajaka Kota Bandung 2023 *Pemilu 2024 Momentum Bagi Rakyat Indonesia Menentukan Masa Depan Negara dan Bangsa* Ini salah satu manfaat dari pajak yang Anda bayarkan… fasilitas kesehatan kepada seluruh masyarakat Indonesia, seperti @bpjskesehatan_ri. Ditjen pen pada rapat kerja HIMKI tahun 2023 Penandatanganan nota kesepahaman dan perjanjian kerja sama antara badan pengawas keuangan dan pembangunan dengan provinsi Papua Selatan Papua tengah Papua pegunungan dan Papua barat daya

Pendidikan · 20 May 2022 15:29 WIB ·

Kenali Pengaruh Game Online Terhadap Konsentrasi Belajar Siswa


 Pengaruh Game Online Terhadap Konsentrasi Belajar Siswa Perbesar

Pengaruh Game Online Terhadap Konsentrasi Belajar Siswa

Pengaruh Game Online Terhadap Konsentrasi Belajar Siswa yang Perlu Kamu Ketahui!

Di dunia modern saat ini, dunia mengalami perkembangan dan kemajuan yang sangat pesat di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi. Pada era sekarang ini, game online sudah tidak asing lagi bagi remaja, anak-anak maupun orang dewasa. Game online adalah game yang didesain semenarik mungkin untuk menghadirkan kepuasan batin bagi pemainnya dengan menggunakan media elektronik berformat multimedia. Game online telah berkembang pesat akhir-akhir ini, dan semakin lama permainan game semakin seru dan menghibur. Mulai dengan tampilan, gaya permainan, grafik permainan, resolusi gambar dan banyak lagi. Game online menjadi tren baru yang permintaannya semakin meningkat karena tidak lagi bisa dimainkan sendiri (single) dan bisa dimainkan dengan puluhan orang dari lokasi yang berbeda secara bersamaan (multiplayer).

Bermain game online berdampak positif bagi perkembangan kognitif remaja, namun bermain game online yang berlebihan akan menghabiskan banyak waktu. jika sudah tergila-gila dengan game online, remaja akan menjadi malas dan akan bermain dengan menggunakan waktu belajarnya.

Dampak positif game online terhadap konsentrasi belajar siswa

a. Mempercepat Pola Pikir

Salah satu efek positif dari game adalah mempercepat pemikiran Anda. Bagaimana Anda bisa melakukan itu? Keunggulan ini dicapai terutama dengan strategi yang digunakan dalam permainan yang merangsang otak untuk berpikir cepat ketika mengambil keputusan.

b. Melatih kelincahan

Bermain game juga dapat melatih kelincahan. Hal ini karena dalam game terdapat fungsi simultan dari bekerja, bermain, dan berolahraga. Video game memiliki banyak permainan yang membangkitkan beberapa penyesuaian dan kejelian mata.

c. Mengurangi stres

Orang tua tidak hanya mengalami stres, tetapi juga anak-anaknya. Bermain game adalah cara untuk melepaskan diri dari stres dan mengurangi tingkat stres.

Dampak negatif game online terhadap konsentrasi belajar siswa

a. Malas Belajar

Malas belajar itu repot, dan kurangnya semangat belajar adalah efek dari bermain game online yang disebabkan oleh kecanduan.

b. Mengganggu Kesehatan

Ketika Anda tergila-gila dengan permainan, Anda sering melupakan apa yang perlu dipenuhi oleh tubuh Anda, seperti pola makan yang tidak teratur dan kurang tidur. Jika hal ini terus dilakukan, pasti akan mempengaruhi kesehatan fisik kita. Juga, jika Anda menatap layar ponsel atau komputer untuk waktu yang lama, mata Anda mungkin sakit atau menjadi kabur. Hal ini disebabkan radiasi yang dipancarkan dari layar handphone/komputer.

c. Tidak Fokus Dalam Pembelajaran

Bermain game online dapat mengurangi energi belajar siswa. Hal ini dikarenakan mereka bermain game online sepanjang malam dan kurang tidur sehingga tidak fokus dan mengantuk saat belajar.

Kesimpulan & Penutup

Berdasarkan penjelasan di atas, bermain game online dapat memiliki efek positif atau negatif tergantung bagaimana kita menggunakannya dan menyikapinya. Tentunya jika Anda bisa menggunakan game tersebut dengan baik, keberadaan game online akan memberikan dampak positif bagi kita. Di sisi lain, jika Anda menjadi kecanduan dan tidak bisa menggunakan dengan bijak, keberadaan game online tersebut akan berdampak negatif dan menghambat pendidikan Anda.

Sekian, Semoga bermanfaat !!

Artikel ini telah dibaca 35 kali

Baca Lainnya

*Ditjen Bina Bangda Apresiasi terhadap Publikasi Data Statistik Sektoral Pemkab Lebak*

25 February 2024 - 12:28 WIB

Mewaspadai Gejala Resesi Ekonomi dengan Bijaksana

25 February 2024 - 12:23 WIB

JIMLY ASSHIDDIQIE – Guru Besar Ilmu Hukum Universitas Indonesia, Guru Besar Kehormatan UNHAN, STHM, dan Honorary Professor of Melbourne University School of Law. Ketua MKRI pertama (2003), Ketua DKPP pertama (2012), dan anggota DPD-RI dan MPR-RI (2019-2024)

24 February 2024 - 19:11 WIB

Diduga rem tidak berfungsi, sebuah truk tangki Elpiji menabrak Dump truk.

24 February 2024 - 16:53 WIB

*Seorang Suami Naik Pitam Akibat Istrinya Dilecehkan oleh Saudara Iparnya*

24 February 2024 - 14:04 WIB

*Minta Jajarannya Perkuat Kinerja, Kepala BSKDN Optimistis Hasilkan Strategi Kebijakan Berkualitas*

24 February 2024 - 13:06 WIB

Trending di Bisnis