Menu

Mode Gelap
Djauzi dan Rafa Jadi Mojang Jajaka Kota Bandung 2023 *Pemilu 2024 Momentum Bagi Rakyat Indonesia Menentukan Masa Depan Negara dan Bangsa* Ini salah satu manfaat dari pajak yang Anda bayarkan… fasilitas kesehatan kepada seluruh masyarakat Indonesia, seperti @bpjskesehatan_ri. Ditjen pen pada rapat kerja HIMKI tahun 2023 Penandatanganan nota kesepahaman dan perjanjian kerja sama antara badan pengawas keuangan dan pembangunan dengan provinsi Papua Selatan Papua tengah Papua pegunungan dan Papua barat daya

Uncategorized · 21 Dec 2022 21:41 WIB ·

Pengalaman Mengikuti Studi Independen Kampus Merdeka Batch 3 2022 di Microsoft x Mari Belajar.


 Pengalaman Mengikuti Studi Independen Kampus Merdeka Batch 3 2022 di Microsoft x Mari Belajar. Perbesar

Magang dan Studi Independen Bersertifikat (MSIB) merupakan salah satu program yang dibuat oleh Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) di Kampus merdeka. Program ini dibuat untuk memastikan mahasiswa dapat menerapkan keterampilan, mendapatkan kompetensi terbaik, kompetensi terkini, dan kompetensi terdepan untuk menghadapi dunia masa depan. Program ini didirikan oleh Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) yaitu Pak Nadiem Anwar Makarim.

Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek), Nadiem Anwar Makarim mengungkapkan bahwa MSIB bukanlah program magang atau studi independen biasa. Mitra Industri yang menjadi rekanan untuk MSIB adalah perusahaan dan organisasi kelas dunia yang sudah terjamin kredibilitasnya, sehingga mahasiswa mendapatkan bimbingan (mentoring) dari para ahli yang berpengalaman.

Program Magang dan Studi Independen Bersertifikat (MSIB) angkatan dibuka pada Juni 2022. Mahasiswa yang memenuhi syarat awal mulai dapat melakukan registrasi di platform Kampus Merdeka, sembari menunggu proses seleksi mitra-mitra penyelenggara program. Pada periode ini Kemendikbudristek akan membuka kesempatan bagi lebih dari 19 ribu mahasiswa untuk melakukan magang dan studi di lebih dari 150 mitra yang lolos proses seleksi.

Untuk syarat daftar program MBKM ini adalah siswa harus mempunyai Surat Rekomendasi dari Fakultas, SPTJM (Surat Pernyataan Tanggung Mutlak), dua surat tersebut diajukan ke fakultas untuk mendapatkan ttd dari dekan. Selain itu siswa harus menyiapkan Transkrip Nilai, CV (Curriculum Vitae), KTP dan sertifikat organisasi.

Pada Batch 3 ini saya mendaftar pada mitra Mari Belajar x Microsoft dan mengambil fokus learning Data Analyst and AI. Studi Independen yang saya ikuti sama seperti mengikuti perkuliahan seperti biasa. Siswa mengikuti kelas setiap hari, mengikuti ujian tengah semester dan ujian akhir semester, membuat capstone project. Proses pembelajaran di Mari Belajar x Microsoft ini dilakukan secara online setiap minggu dengan melakukan tatap muka sebanyak 8 kali pada setiap mata kuliah. Di Mari Belajar x Microsoft terdapat Sinkron dan Asinkron. Sinkron merupakan pembelajaran langsung dengan dosen dan Asinkron merupakan pembelajaran melewati tugas, jadi siswa diberikan tugas setiap minggunya oleh dosen.

Perbedaan mitra Mari Belajar x Microsoft dengan mitra lain adalah pada mitra ini kami bisa sekaligus mengikuti ujian sertifikasi microsoft dengan  free pass. Siswa dapat mengikuti ujian sertifikasi apabila mendapat nilai UAS/UTS diatas 80. Apabila sudah mencapai nilai yang ditentukan maka siswa dapat mengikuti ujian sertifikasi sesuai dengan apa yang telah dicapai. Dan kami diberikan Azure pass Free untuk dapat mengakses Azure yang digunakan sebagai tools dalam proses pembelajaran.

Mentor pada mitra ini sangat responsif dan membimibing para siswa nya dengan baik. Mentor memberikan penjelasan materi dengan sangat jelas dan mudah dipahami. Mentor menguasai learning path nya, jadi apabila siswa kesusahan dan bertanya kepada menor, mentor bisa menjawab dengan baik. Mentor berinteraksi dengan siswa sangat baik, dan memiliki interaksi dua arah.

Program Studi Independen ini juga bisa dikonversi ke 20 sks secara penuh. Seperti konversi ke KKN dan mata kuliah lainnya. Untuk konversi KKN siswa harus membuat laporan atau modul yang digunakan untuk luaran KKN.

 

Dokumentasi Pembelajaran :

Artikel ini telah dibaca 27 kali

Baca Lainnya

Naik Bus, Ganjar-Mahfud Hadiri Sidang Perdana Sengketa Pilpres di MK

9 May 2024 - 10:39 WIB

Antisipasi sesar lembang.brin dorong bangunan di bandung gunakan anti gempa

8 May 2024 - 20:13 WIB

Tak Lagi Nyaleg DPR RI, Ono Surono: Saya Diperintah Nyalon DPRD Jabar

8 May 2024 - 19:02 WIB

Ganjar-Mahfud Resmi Deklarasi Oposisi!

8 May 2024 - 17:55 WIB

Jokowi Rajin Bagi-bagi Bansos, Uang Dari Mana? Ini Kata Sri Mulyani

6 April 2024 - 10:59 WIB

Saat Presiden Sukarno Tidak Punya Uang Menjelang Lebaran????

1 April 2024 - 19:11 WIB

Trending di Bisnis