Menu

Mode Gelap
Djauzi dan Rafa Jadi Mojang Jajaka Kota Bandung 2023 *Pemilu 2024 Momentum Bagi Rakyat Indonesia Menentukan Masa Depan Negara dan Bangsa* Ini salah satu manfaat dari pajak yang Anda bayarkan… fasilitas kesehatan kepada seluruh masyarakat Indonesia, seperti @bpjskesehatan_ri. Ditjen pen pada rapat kerja HIMKI tahun 2023 Penandatanganan nota kesepahaman dan perjanjian kerja sama antara badan pengawas keuangan dan pembangunan dengan provinsi Papua Selatan Papua tengah Papua pegunungan dan Papua barat daya

Uncategorized · 22 Dec 2022 23:25 WIB ·

Pengalaman Mengikuti MSIB Batch III di Ruangguru


 Pengalaman Mengikuti MSIB Batch III di Ruangguru Perbesar

 

Magang dan Studi Independen (MSIB) adalah salah satu dari rangkaian program dari Kampus Merdeka yang mana merupakan kebijakan dari Merdeka Belajar yang dibentuk oleh Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia. Sesuai namanya, MSIB sendiri terbagi menjadi dua program, yakni program Magang Bersertifikat dan Studi Independen Bersertifikat. Kedua program ini bekerja sama dengan berbagai mitra yang kompeten sesuai dengan bidangnya untuk menyelenggarakan program yang berjalan selama kurang lebih satu semester dengan bobot program setara 20 SKS yang nantinya dapat dikonversi ke mata kuliah yang sesuai oleh pihak Universitas.

Pada tanggal 13 Juli 2022, saya mendapat kabar bahwa saya lolos untuk mengikuti program Studi Independen Bersertifikat dengan program spesifik Frontend Engineering dengan mitra PT Ruang Raya Indonesia atau yang lebih dikenal dengan Ruangguru sebagai pelaksana program.  Program ini dimulai pada tanggal 18 Agustus 2022 sampai dengan tanggal 23 Desember 2022. Dengan rentang waktu kurang lebih lima bulan ini, saya mendapatkan banyak pengalaman serta ilmu yang bermanfaat untuk saya.

Selama lima bulan, kami belajar dengan metode pembelajaran secara asinkron. Yakni mempelajari materi melalui Learning Management Systems (LMS) serta mengikuti latihan yang diberikan serta mengikuti post test agar pemahaman kami lebih mantap. Tak hanya sekedar belajar mandiri melalui LMS, kami juga mengikuti pembelajaran melalui Live QnA di mana sesi ini merupakan sesi tanya jawab mengenai materi, tugas, maupun proyek yang dipandu oleh instruktur. Selain Live QnA, kami juga dikelompokkan menjadi beberapa kelompok dengan sebutan house yang mana per housenya dipimpin oleh satu mentor yang bertindak sebagai pembimbing peserta. Selain bertindak sebagai pembimbing, mentor juga mengadakan sesi coaching untuk peserta secara 1 on 1.

Materi yang saya dapatkan selama mengikuti program ini adalah implementasi konsep pemrograman menggunakan Javascript, frontend web development dengan ReactJs, library ReactJs mulai dari component, props, state, lifecycle, dan handling event, serta deploying menggunakan Netlify dan Firebase. Selain materi pokok program, saya juga mendapatkan materi softskill terkait communication and presentation skill, analytical thinking, serta Project Management yang mana ketiga materi tersebut menunjang materi pokok yang telah saya terima.

Opini pribadi saya selama mengikuti program SIB Frontend Engineering di Ruangguru adalah banyak sekali manfaat dan hal baru yang saya dapatkan. Mulai dari learning module yang diberikan maupun dari pengalaman teman-teman satu program yang saling sharing mengenai pengalaman mereka di bidang yang relevan dengan program. Saya sangat bersyukur dapat diberi kesempatan untuk mengikuti program SIB ini karena manfaatnya yang besar dan dapat saya rasakan sendiri

Artikel ini telah dibaca 21 kali

Baca Lainnya

Naik Bus, Ganjar-Mahfud Hadiri Sidang Perdana Sengketa Pilpres di MK

9 May 2024 - 10:39 WIB

Antisipasi sesar lembang.brin dorong bangunan di bandung gunakan anti gempa

8 May 2024 - 20:13 WIB

Tak Lagi Nyaleg DPR RI, Ono Surono: Saya Diperintah Nyalon DPRD Jabar

8 May 2024 - 19:02 WIB

Ganjar-Mahfud Resmi Deklarasi Oposisi!

8 May 2024 - 17:55 WIB

Jokowi Rajin Bagi-bagi Bansos, Uang Dari Mana? Ini Kata Sri Mulyani

6 April 2024 - 10:59 WIB

Saat Presiden Sukarno Tidak Punya Uang Menjelang Lebaran????

1 April 2024 - 19:11 WIB

Trending di Bisnis