Menu

Mode Gelap
Djauzi dan Rafa Jadi Mojang Jajaka Kota Bandung 2023 *Pemilu 2024 Momentum Bagi Rakyat Indonesia Menentukan Masa Depan Negara dan Bangsa* Ini salah satu manfaat dari pajak yang Anda bayarkan… fasilitas kesehatan kepada seluruh masyarakat Indonesia, seperti @bpjskesehatan_ri. Ditjen pen pada rapat kerja HIMKI tahun 2023 Penandatanganan nota kesepahaman dan perjanjian kerja sama antara badan pengawas keuangan dan pembangunan dengan provinsi Papua Selatan Papua tengah Papua pegunungan dan Papua barat daya

Pendidikan · 3 Jul 2023 20:59 WIB ·

Pengalaman Belajar di Luar Kampus Melalui Program MSIB


 Logo Kampus Merdeka Perbesar

Logo Kampus Merdeka

Program MSIB (Magang dan Studi Independen Bersertifikat) Kampus Merdeka terus memberikan kontribusi signifikan dalam meningkatkan keterampilan dan kemandirian mahasiswa di seluruh Indonesia. Program yang diluncurkan oleh pemerintah pada tahun 2021 ini telah mencapai hasil yang membanggakan, memberikan peluang yang lebih luas bagi generasi muda dalam mengembangkan diri dan berkontribusi pada pembangunan negara.

Melalui MSIB Kampus Merdeka, mahasiswa di berbagai perguruan tinggi di Indonesia diberikan kesempatan untuk mengikuti beragam kegiatan pengembangan keterampilan di luar kurikulum akademik. Program ini bertujuan untuk membekali mereka dengan kompetensi tambahan yang relevan dengan dunia kerja dan membantu mereka dalam menghadapi tantangan global.

Salah satu keberhasilan terbesar program ini terletak pada pendekatan praktis yang diterapkan dalam pembelajarannya. Mahasiswa diberikan kesempatan untuk terlibat langsung dalam proyek-proyek nyata di berbagai sektor, seperti teknologi, kewirausahaan, riset, dan pengembangan sosial. Mereka bekerja bersama dengan mentor yang berpengalaman dan berkompeten, memberikan mereka wawasan dan keterampilan yang berharga.

Logo Hacktiv8 | Sumber: https://itechmagz.id/2023/06/23/hacktiv8-dorong-perkembangan-talenta-digital-di-surabaya/

Logo Hacktiv8 | Sumber: https://itechmagz.id/2023/06/23/hacktiv8-dorong-perkembangan-talenta-digital-di-surabaya/

Program MSIB bekerjasama dengan berbagai mitra dari berbagai industri. Salah satu mitra yang bekerja sama dengan MSIB adalah Hacktiv8. Program studi independen di Hacktiv8 menawarkan 7 learning Paths, yaitu: Web Developer Program, React and React Native for Front End Developer, Python for Data Science, Golang for Front End programmer, Node JS for Back End Web Developer, Android Java for Mobile Developer, dan UI/UX Design. Program studi independen bersertifikat Hacktiv8 berlangsung dengan durasi 4 bulan,  yang dimulai pada 16 Februari dan berakhir pada 30 Juni 2023.

 

Dalam pembelajaran UI/UX Design, terdapat 2 metode pembelajaran, yaitu asynchronous dan synchronous. Bentuk pembelajaran asynchronous yaitu peserta diharuskan melakukan preparation learning sebelum melakukan sesi bersama mentor, untuk jadwal lebih pembelajaran fleksibel dengan kegiatan pribadi mahasiswa. Dalam pembelajaran ini para peserta diwajibkan untuk menonton video materi yang telah disediakan, lalu mengerjakan beberapa tugas yaitu membuat ringkasan dan mengerjakan praktik harian. Sedangkan pada pembelajaran synchronous mengharuskan peserta untuk mengikuti sesi Live Session Class dimana dalam sesi ini para peserta dapat menanyakan kesulitan yang mereka hadapi ketika mereka belajar suatu materi sebelumnya, pembelajaran synchronus ini dijadwalkan 2 pertemuan dalam 1 minggu, yaitu pada setiap hari Selasa dan Kamis pukul 19.00-22.00.

 

Salah satu mahasiswa yang mengikut program Studi Independen Hacktiv8 adalah Dipika Syaiban Ainun, seorang mahasiswa semester 6 jurusan Informatika di Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur. Selama mengikuti pembelajaran UI/UX Design, mahasiswa diberikan materi UI/UX Overview, Introduction platform UI/UX,Mindset UI/UX Designer, Framing Design Strategy, Rapid Prototyping, Mindset UI Designer, Design Pattern, Digital Prototyping, Interaction Design, hingga Design Sprint, dan ditutup dengan pengerjaan Final Project di akhir sesi pembelajaran. Menurut Dipika Syaiban Ainun, pembelajaran yang diberikan Hacktiv8 ini mudah dipahami, materinya lengkap, dan cocok bagi orang-orang yang ingin mendalami UI/UX Design.

 

Bagi Dipika Syaiban Ainun, banyak pengalaman baru yang didapatkan setelah ikut berpartisipasi dalam kegiatan Studi Independen di Hacktiv8. Program ini sangat direkomendasikan bagi siapapun yang ingin mempelajari ilmu baru di luar kampus tanpa mengkhawatirkan konversi SKS.

Artikel ini telah dibaca 86 kali

Baca Lainnya

Naik Bus, Ganjar-Mahfud Hadiri Sidang Perdana Sengketa Pilpres di MK

9 May 2024 - 10:39 WIB

Antisipasi sesar lembang.brin dorong bangunan di bandung gunakan anti gempa

8 May 2024 - 20:13 WIB

Tak Lagi Nyaleg DPR RI, Ono Surono: Saya Diperintah Nyalon DPRD Jabar

8 May 2024 - 19:02 WIB

Ganjar-Mahfud Resmi Deklarasi Oposisi!

8 May 2024 - 17:55 WIB

Kenali Apa Itu Expert System / Sistem Pakar

17 April 2024 - 22:23 WIB

Database SQL VS Database NoSQL

16 April 2024 - 08:46 WIB

Trending di Tekno & Sains