Menu

Mode Gelap
Djauzi dan Rafa Jadi Mojang Jajaka Kota Bandung 2023 *Pemilu 2024 Momentum Bagi Rakyat Indonesia Menentukan Masa Depan Negara dan Bangsa* Ini salah satu manfaat dari pajak yang Anda bayarkan… fasilitas kesehatan kepada seluruh masyarakat Indonesia, seperti @bpjskesehatan_ri. Ditjen pen pada rapat kerja HIMKI tahun 2023 Penandatanganan nota kesepahaman dan perjanjian kerja sama antara badan pengawas keuangan dan pembangunan dengan provinsi Papua Selatan Papua tengah Papua pegunungan dan Papua barat daya

Pendidikan · 23 Dec 2022 17:37 WIB ·

PENGALAMAN BARU BELAJAR BERSAMA KAMPUS MERDEKA STUDI INDEPENDEN BATCH 3


 PENGALAMAN BARU BELAJAR BERSAMA KAMPUS MERDEKA STUDI INDEPENDEN BATCH 3 Perbesar

Haloo Sobat Merdeka!!!

Mendengar Kampus Merdeka sudah tidak asing lagi diperbincangkan oleh kalangan mahasiswa. Kampus Merdeka merupakan kebijakan yang dikeluarkan oleh Kemendikbudristek yang memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk belajar di luar program studi atau di luar kampus. Kampus merdeka ini dapat memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mengarah langsung pada kesiapan karir dengan menerapkan ilmu ke dalam permasalahan dunia nyata. Terdapat berbagai jenis kegiatan dalam program Kampus Merdeka yang dapat diakses di laman Kampus Merdeka. Salah satu jenis kegiatannya yaitu Magang Studi Independen Bersertifikat (MSIB).

Program Magang Studi Independen Bersertifikat (MSIB) Kampus Merdeka memberikan kesempatan mahasiswa untuk belajar mengasah kemampuan di dalam dunia industri dengan belajar dan bekerja secara langsung di dalam projek yang diberikan nyata. Kegiatan MSIB ini dapat memberikan pengalaman mahasiswa untuk belajar di luar kampus sekitar 16 minggu sampai 24 minggu yang dapat dikonversi ke SKS mahasiswa. Program magang memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk bekerja dalam organisasi dan mengerjakan projek secara nyata dengan didampingi mentor. Sedangkan, Program Studi Independen menyediakan kesempatan mahasiswa untuk belajar langsung di organisasi mitra yang relevan dengan keterampilan dunia kerja.

Sekitar bulan Juni 2022, Program Magang dan Studi Independen Bersertifikat (MSIB) angkatan 3 telah dibuka. Program MSIB ini sudah dibuka dalam 2 angkatan sebelumnya dan telah dibuka kembali untuk angkatan 3. Mahasiswa dapat mengakses dan mendaftarkan diri dengan melengkapi data administrasi yang dibutuhkan pada laman Kampus Merdeka. Mahasiswa dapat memilih mitra dan learning path sesuai keinginan.

Penerimaan peserta MSIB angkatan 3 bergantung pada seleksi masing-masing mitra. Pengumuman seleksi dapat dilihat di email yang telah terdaftar pada akun Kampus Merdeka dan akan terkonfirmasi juga di dalam laman Kampus Merdeka. Mahasiswa bisa menerima tawaran selama kurang lebih 3 hari dan jika diterima maka mahasiswa tersebut dapat berkegiatan di mitra yang bersangkutan dan menjadi peserta MSIB angkatan 3.

Keseruan Studi Independen di Zenius

Tanggapan dari salah satu mahasiswa UPN “Veteran” Jawa Timur yang telah menyelesaikan Studi Independennya di salah satu mitra yaitu Zenius di bidang Data Analytics yang bernama Zilvi Azus Sriyanti. Mahasiswi ini berasal dari program studi sistem informasi dan sedang menempuh semester 5.

Zilvi mengatakan bahwa belajar Studi Independen selama satu semester ini sangat menambah wawasan dan pengalaman baru yang cukup menarik. Menurutnya kegiatan belajar yang diajarkan setiap mitra memiliki cara masing-masing. Kebetulan mahasiswi ini diterima di Zenius. Zenius merupakan platform belajar berbasis teknologi yang telah berdiri sejak tahun 2004. Pada program MSIB ini, Zenius membuka 5 learning path yaitu  Data Analytics, Accelerated Machine Learning Program, UI/UX in Product Design: From Design Thinking to Rapid Prototyping, Technology Product Management, dan Web Development.

Pembelajaran yang dilakukan pada keseluruhan program dilaksanakan selama 18 Minggu yang terbagi dalam 2 part, yang pertama yaitu Fundamentals Skills yang mempelajari kemampuan literasi, numerasi, dan berpikir saintifik dan part yang kedua yaitu Spesialization sesuai bidangnya. Untuk pengalaman di Batch 3 ini, dalam part yang pertama dilakukan selama 4 minggu dan part Spesialization Data Analytics dilakukan dalam 14 minggu. Sesi pembelajaran dilakukan dengan live class, mempelajari modul, video, dan mengerjakan latihan. Selain itu, juga terdapat sesi mentoring yang dilakukan secara fleksibel oleh mentor.

“Yang tak kalah seru dari program ini yaitu adanya Final Project yang membuat kita langsung terjun untuk praktik terkait apa yang sudah dipelajari sebelumnya dan didampingi oleh mentor serta tutor yang telah mahir di bidangnya. Kita bisa bertanya langsung dengan orang ahlinya,” ujar Zilvi, Selasa (20/12/22).

Dalam pengerjaan Final Project, dilakukan secara berkelompok dengan teman dari berbagai kampus dan daerah. Mereka harus bekerja sama untuk mengerjakan Final Project dengan pembagian tugas kelompok dan melakukan presentasi untuk pengujian terakhir.

“Dari studi ini, saya bisa mengenal teman-teman baru dari berbagai daerah yang cukup menarik karena bisa sharing bahasa yang cukup beragam. Saya pun berharap bisa bertemu mereka suatu saat nanti,” kata Zilvi, Selasa (20/12/22).

Di mitra Zenius ini, terdapat sesi Career Coaching di akhir program setelah penyelesaian Final Project. Mahasiswa diberikan kesempatan untuk bertanya langsung terkait karir di bidang Data Analyst dan apa saja skill yang dibutuhkan. Softskill disini sangat berperan penting dalam karir karena softskill karena tidak dapat dipelajari dalam waktu yang singkat sehingga penting untuk diasah.

Keuntungan Mengikuti Studi Independen

Dalam Studi Independen ini mahasiswa bisa berinteraksi langsung dengan orang yang bergerak di bidangnya seperti tutor profesional atau mentor yang mendampingi selama kegiatan. Dari kegiatan Studi Independen Bersertifikat ini mahasiswa akan mendapatkan sertifikat setelah lolos mengikuti program sehingga bisa berguna untuk pencarian kerja kedepannya.

“Selama saya mengikuti Program Magang Studi Independen Bersertifikat (MSIB) Batch 3 ini, selain saya mendapatkan pengalaman belajar baru yang berbeda, saya juga bisa mendapatkan relasi baru di luar kampus bahkan berbeda daerah. Selain itu, di Zenius ini saya juga mendapatkan stimulus pulsa setiap bulan,” ujar Zilvi, Selasa (20/12/22).

Dari program MSIB ini tentunya banyak manfaat yang didapatkan oleh mahasiswa seperti pengalaman belajar yang berbeda dari pembelajaran di kampus yang dirasakan sebelumnya dan menemukan relasi baru dari berbagai latar belakang.

Artikel ini telah dibaca 38 kali

Baca Lainnya

Ganjar: Sukarno Tak Pernah Bicara Kepentingan Pribadi, Keluarga

5 July 2024 - 14:45 WIB

Ganjar hingga Ahok jadi ketua dpp PDIP hingga 2025

5 July 2024 - 14:35 WIB

Mahasiswa Agribisnis Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur Sosialisasikan Pembuatan Eco Enzym di Gapoktan Keputih Bersemi

4 July 2024 - 17:36 WIB

Mahasiswa Agribisnis UPN Jawa Timur Gelar Kerja Bakti Bersama Gapoktan Keputih Bersemi: Mengembangkan Komoditas Organik untuk Masa Depan Berkelanjutan

4 July 2024 - 14:23 WIB

Mata dan mulut tertutup lakban seorang pria di temukan tewas gantung diri di fly over Cimindi Cimahi Bandung

28 June 2024 - 11:56 WIB

Tim PKM RSH UMS, Lakukan Penelitian Tentang Taktik Bahasa dalam Kejahatan Siber

24 June 2024 - 12:01 WIB

Trending di Pendidikan