Menu

Mode Gelap
Djauzi dan Rafa Jadi Mojang Jajaka Kota Bandung 2023 *Pemilu 2024 Momentum Bagi Rakyat Indonesia Menentukan Masa Depan Negara dan Bangsa* Ini salah satu manfaat dari pajak yang Anda bayarkan… fasilitas kesehatan kepada seluruh masyarakat Indonesia, seperti @bpjskesehatan_ri. Ditjen pen pada rapat kerja HIMKI tahun 2023 Penandatanganan nota kesepahaman dan perjanjian kerja sama antara badan pengawas keuangan dan pembangunan dengan provinsi Papua Selatan Papua tengah Papua pegunungan dan Papua barat daya

Nasional · 14 Sep 2023 10:01 WIB ·

Pemuda Madani Adukan RCTI ke KPI


 Pemuda Madani Adukan RCTI ke KPI Perbesar

Media Bangsa – Rombongan Pemuda Madani tiba di Kantor Komisi Penyiaran Indonesia sekitar jam 13:50 WIB hari ini (13/9/2023) dipimpin langsung oleh Ketua Umum Pengurus Pusat Furqan Jurdi.

 Kedatangan Pemuda Madani ke KPI untuk mengadukan Siaran Adzan Magrib di salah satu stasiun televisi yang menampilkan Bakal Calon Presiden yang akan akan ikut bertanding pada Pemilihan Presiden 2024.

 Siaran Adzan Magrib Menurut Furqan Jurdi adalah bentuk politisasi Agama demi kepentingan politik. Bagi dia, politisasi Agama yang disiarkan oleh RCTI melanggar putusan Mahkamah Konstitusi yang melarang total penggunaan tempat Ibadah untuk menjadi panggung politik.

 “Kami membawa aduan ini karena Siaran RCTI itu melanggar banyak sekali ketentuan perundang-undangan.” Kata Furqan di Kantor KPI selesai menyampaikan aduannya.

Ketentuan Undang-undang yang dimaksud adalah ketentuan yang terdapat dalam UU Nomor 40 Tahun 1999 tentang Pers, UU Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu, UU nomor 32 Tahun 2002 tentang penyiaran termasuk peraturan turunannya dan Kode Etik Jurnalistik.

Sebagai bakal Calon Presiden, penyiaran Ganjar Pranowo di Program Adzan Magrib adalah kampanye sebelum waktunya. “Tayangan RCTI itu harus dianggap kampanye diluar waktu yang dijadwalkan KPU” Lanjut Furqan.

 Karena itu, menurut Dia RCTI melakukan pelanggaran yang kian serius. “Media-media yang bandel seperti ini harus diberi Sanksi yang tegas bila perlu dicabut izin siarnya. Karena RCTI sudah puluhan kali mengulangi kesalahan dalam setiap programnya dan meski diberi sanksi tetap mengulangi kesalahannya”Jelasnya.

 Dalam kesempatan itu juga Ketua Umum Pemuda ini mendorong KPI untuk segera meyusun dan mengesahkan Pengawasan dan Pemantauan Pemberitaan, Penyiaran, dan Iklan Kampanye Pemilihan Umum Tahun 2023.

Dalam pengaduan yang dilayangkan Pemuda Madani, RCTI diduga melanggar prinsip demokrasi dan prinsip informasi yang seimbang dan adil. Melanggar keputusan Mahkamah konstitusi nomor 65/puu-xxi/2023 yang melarang penggunaan tempat ibadah, melanggar ketentuan UU Pemilu yang khususnya yang berkaitan dengan waktu kampanye, format dan segmen yang mensponsori calon dengan perlakuan yang tidak adil terhadap Bakal Calon yang lain melanggar Kode Etik Jusnalistik untuk bersikap Independen dan tidak memiliki itikad buruk. RCTI juga diduga melanggar UU 32 tentang penyiaran. 

Laporan Pemuda Madani diterima oleh bagian pengaduan KPI dan akan segera di proses sesuai dengan mekanisme yang berlaku.

Artikel ini telah dibaca 13 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

pabrikpaving.id Bantu Supply Paving Block Kualitas No 1 untuk Area Jogja dan Sekitarnya

5 June 2024 - 13:12 WIB

Paving Block

*Aksi Bersama Segenap Elemen Masyarakat, Pers, Kaum Buruh, Aktivis Pergerakan Menolak UU Penyiaran & Pandemi Treaty*

28 May 2024 - 11:02 WIB

*Adakah yang Tahu Letak Jalan Culik di Bandung*

27 May 2024 - 15:31 WIB

*Kearifan Lokal Dapat Menjadi Bekal Membuka & Masuk Dalam Gerbang Indonesia Emas Tahun 2045*

26 May 2024 - 10:32 WIB

*Persiapan Generasi Milenial Hari Ini Untuk Membuka & Masuk ke Gerbang Indonesia Emas Pada Tahun 2045*

26 May 2024 - 00:46 WIB

Semangat Kebangkitan Nasional Untuk Energi Menuju Indonesia Emas

20 May 2024 - 15:42 WIB

Trending di Bisnis