Menu

Mode Gelap
Djauzi dan Rafa Jadi Mojang Jajaka Kota Bandung 2023 *Pemilu 2024 Momentum Bagi Rakyat Indonesia Menentukan Masa Depan Negara dan Bangsa* Ini salah satu manfaat dari pajak yang Anda bayarkan… fasilitas kesehatan kepada seluruh masyarakat Indonesia, seperti @bpjskesehatan_ri. Ditjen pen pada rapat kerja HIMKI tahun 2023 Penandatanganan nota kesepahaman dan perjanjian kerja sama antara badan pengawas keuangan dan pembangunan dengan provinsi Papua Selatan Papua tengah Papua pegunungan dan Papua barat daya

Bisnis · 17 Oct 2023 07:19 WIB ·

Pembangunan Bendungan Cijurey Paket I Ditargetkan Tuntas 2028


 Pembangunan Bendungan Cijurey Paket I Ditargetkan Tuntas 2028 Perbesar

Media Bangsa – Pembangunan Bendungan Cijurey Paket I di Kecamatan Sukamakmur, Cariu, Kabupaten Bogor, Provinsi Jawa Barat, oleh PT Brantas Abipraya (Persero), ditargetkan rampung lima tahun lagi atau pada 2028, untuk mengatasi banjir yang kerap terjadi di Kabupaten Karawang dan Bekasi.

“Pembangunan bendungan (Dijurey) ini adalah salah satu upaya Brantas Abipraya dalam kontribusi kami mengatasi banjir yang kerap terjadi di Kabupaten Karawang dan Bekasi. Bendungan inipun ditargetkan tuntas tahun 2028,” ujar Direktur Operasi I Brantas Abipraya, Muhammad Toha Fauzi, dalam keterangannya di Jakarta pada Senin (16/10/2023).

Direktur Toha mengatakan, bendungan itu memantapkan komitmen Brantas Abipraya menjadi Badan Usaha Milik Negara (BUMN) di bidang konstruksi yang unggul dalam pembangunan infrastruktur air.

Bendungan Cijurey dibangun dengan tipe urugan random tanah, agar dapat mereduksi banjir sebesar 59,33 persen.

“Tak hanya itu, bendungan inipun nantinya akan menjadi solusi untuk kebutuhan masyarakat untuk mengairi lahan persawahan dan irigasi yang kering selama kemarau,” katanya.

Menurut Toha, selain mengairi irigasi seluas 561 hektare (ha), bendungan ini juga diproyeksi akan menghasilkan air baku sebesar 0.71 meter kubik (m3) per detik dan PLTA sebesar 2×0.5 mega watt (MW).

Adapun ruang lingkup pekerjaan pada pembangunan bendungan ini diantaranya Pekerjaan persiapan, Bangunan pengelak, Bendungan utama, Instrumentasi; Pekerjaan hidromekanikal dan elektrikal, Bangunan fasilitas, penunjang operasional yaitu pengerjaan Dermaga Apung, dan Penunjang penerapan SMKK (Sistem Manajemen Keselamatan Konstruksi).

Dalam penyelesaiannya, lanjut dia, Brantas Abipraya akan berfokus untuk menghasilkan karya konstruksi bendungan yang unggul, tepat mutu, tepat biaya dan tepat waktu.

“Ini salah satu langkah kami berkontribusi dalam pengendalian bencana alam banjir, bagaimana Brantas Abipraya hadir untuk membangun negeri,” tutup Toha.

Artikel ini telah dibaca 6 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Ganjar: Sukarno Tak Pernah Bicara Kepentingan Pribadi, Keluarga

5 July 2024 - 14:45 WIB

Ganjar hingga Ahok jadi ketua dpp PDIP hingga 2025

5 July 2024 - 14:35 WIB

Mata dan mulut tertutup lakban seorang pria di temukan tewas gantung diri di fly over Cimindi Cimahi Bandung

28 June 2024 - 11:56 WIB

pabrikpaving.id Bantu Supply Paving Block Kualitas No 1 untuk Area Jogja dan Sekitarnya

5 June 2024 - 13:12 WIB

Paving Block

*Aksi Bersama Segenap Elemen Masyarakat, Pers, Kaum Buruh, Aktivis Pergerakan Menolak UU Penyiaran & Pandemi Treaty*

28 May 2024 - 11:02 WIB

*Adakah yang Tahu Letak Jalan Culik di Bandung*

27 May 2024 - 15:31 WIB

Trending di Bisnis