Menu

Mode Gelap
Djauzi dan Rafa Jadi Mojang Jajaka Kota Bandung 2023 *Pemilu 2024 Momentum Bagi Rakyat Indonesia Menentukan Masa Depan Negara dan Bangsa* Ini salah satu manfaat dari pajak yang Anda bayarkan… fasilitas kesehatan kepada seluruh masyarakat Indonesia, seperti @bpjskesehatan_ri. Ditjen pen pada rapat kerja HIMKI tahun 2023 Penandatanganan nota kesepahaman dan perjanjian kerja sama antara badan pengawas keuangan dan pembangunan dengan provinsi Papua Selatan Papua tengah Papua pegunungan dan Papua barat daya

Pendidikan · 10 Jul 2023 14:09 WIB ·

Program Studi Independen Bersertifikat Kampus Merdeka di RevoU Tech Academy Menyediakan Peluang Karir di Era Digital


 Program Studi Independen Bersertifikat Kampus Merdeka di RevoU Tech Academy Menyediakan Peluang Karir di Era Digital Perbesar

Surabaya – Seorang penulis, yang juga mahasiswa, telah mengikuti program Magang dan Studi Independen Bersertifikat (MSIB) Kampus Merdeka di RevoU Tech Academy. Program ini merupakan bagian dari inisiatif Kampus Merdeka yang dicanangkan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia (Kemendikbudristek RI) untuk memberikan pilihan pembelajaran yang lebih luas kepada mahasiswa. Dalam program MSIB, penulis memilih bidang studi dalam product management, data analytics, software engineering, dan digital marketing.

Program MSIB Kampus Merdeka di RevoU Tech Academy memberikan kesempatan kepada peserta untuk belajar langsung dari praktisi industri terkemuka di Asia Tenggara. Dalam program ini, penulis bertemu dengan lebih dari 2000 peserta lainnya yang memiliki minat dan tujuan yang sama untuk mengembangkan karir di industri teknologi.

Dalam pelaksanaan program Studi Independen, penulis mengikuti beberapa modul pembelajaran yang berfokus pada bidang studi yang dipilihnya. Dalam modul Data Analytics, penulis mempelajari dasar-dasar analisis data, metode berpikir analitis, serta pengoperasian perangkat data analisis. Penulis juga memperdalam pengetahuan tentang cloud platforms, big data analysis, machine learning, dan data mining.

Dalam modul Product Management, penulis memahami konsep dasar product management, perbedaan antara visi perusahaan dan visi produk, serta langkah-langkah untuk mendefinisikan dan memprioritaskan pasar bagi suatu produk. Penulis juga mempelajari proses market research dan identifikasi masalah atau kesenjangan dalam target pasar atau target persona.

Selanjutnya, dalam modul Digital Marketing, penulis memperoleh pengetahuan dasar tentang pemasaran dalam konteks digital. Penulis belajar tentang pemilihan channel marketing yang tepat, menentukan tujuan dan sasaran kampanye, serta pentingnya spesialisasi dalam dunia digital marketing. Penulis juga memahami pentingnya strategic thinking dan mengambil keputusan dalam konteks pemasaran online.

Terakhir, dalam modul Software Engineering, penulis memperdalam pemahaman tentang ilmu komputer, teknik perangkat lunak, dan pengembangan web. Penulis belajar tentang HTML, CSS, JavaScript, dan proses desain serta penerbitan proyek web.

Selama program MSIB, penulis juga terlibat dalam capstone projects yang berfokus pada masing-masing bidang studi. Penulis bekerja dalam kelompok untuk menerapkan pembelajaran yang diperoleh ke dalam proyek nyata dan mendapatkan pengalaman dalam kolaborasi tim serta pemecahan masalah secara kreatif.

Dalam capstone project Data Analytics, penulis dan timnya diberikan tugas untuk menganalisis data penjualan sebuah perusahaan dan memberikan insight serta rekomendasi untuk meningkatkan profitabilitas perusahaan. Di capstone project Product Management, penulis fokus pada penelitian dan analisis untuk memprioritaskan masalah dalam sebuah aplikasi dan merancang solusi yang tepat. Sementara dalam capstone project Digital Marketing, penulis menciptakan konten dan merancang kampanye untuk meningkatkan kesadaran merek sebuah aplikasi. Terakhir, di capstone project Software Engineering, penulis dan timnya membuat aplikasi web serta melakukan penelitian untuk meningkatkan kegunaan dan fitur aplikasi tersebut.

Penulis merasa bahwa program Studi Independen Bersertifikat Kampus Merdeka di RevoU Tech Academy memberikan pengalaman pembelajaran yang praktis dan relevan dengan dunia kerja. Dengan mendapatkan sertifikasi dan pengalaman nyata melalui capstone projects, penulis merasa lebih siap untuk memasuki dunia kerja di era digital yang terus berkembang.

Dengan menyelesaikan program ini, penulis dapat mengkonversi hingga 20 SKS ke perguruan tinggi yang bersangkutan. Hal ini memberikan nilai tambah bagi penulis dalam mengejar karir di bidang yang dipilihnya.

Program Studi Independen Bersertifikat Kampus Merdeka di RevoU Tech Academy menunjukkan komitmen pemerintah Indonesia dalam meningkatkan akses dan kualitas pendidikan di bidang teknologi. Program ini tidak hanya memberikan pengetahuan dan keterampilan praktis, tetapi juga memberikan kesempatan untuk berkolaborasi dengan praktisi industri terkemuka, membangun jaringan profesional, dan mempersiapkan diri untuk tantangan karir di era digital.

RevoU Tech Academy sendiri merupakan lembaga pendidikan berbasis online yang fokus pada pengembangan keterampilan digital. Melalui kombinasi kuliah, sesi mentoring, tugas individu, dan capstone projects, peserta program MSIB mendapatkan pengalaman belajar yang komprehensif dan terstruktur.

“Program ini adalah tonggak penting dalam perjalanan saya sebagai seorang penulis yang ingin mengembangkan karir di industri teknologi. Saya merasa terbantu dengan kurikulum yang relevan dan mendapatkan pengalaman nyata dalam mengerjakan capstone projects. Saya sangat berterima kasih kepada RevoU Tech Academy dan Kampus Merdeka atas kesempatan ini,” ujar penulis.

Diharapkan bahwa program MSIB Kampus Merdeka di RevoU Tech Academy akan terus memberikan kesempatan kepada mahasiswa Indonesia untuk mengembangkan keterampilan yang dibutuhkan di era digital. Dengan adanya program ini, diharapkan lulusan dapat menjadi tenaga kerja yang kompeten dan siap bersaing dalam pasar kerja yang semakin kompetitif.

Artikel ini telah dibaca 78 kali

Baca Lainnya

*Ditjen Bina Bangda Apresiasi terhadap Publikasi Data Statistik Sektoral Pemkab Lebak*

25 February 2024 - 12:28 WIB

Mewaspadai Gejala Resesi Ekonomi dengan Bijaksana

25 February 2024 - 12:23 WIB

JIMLY ASSHIDDIQIE – Guru Besar Ilmu Hukum Universitas Indonesia, Guru Besar Kehormatan UNHAN, STHM, dan Honorary Professor of Melbourne University School of Law. Ketua MKRI pertama (2003), Ketua DKPP pertama (2012), dan anggota DPD-RI dan MPR-RI (2019-2024)

24 February 2024 - 19:11 WIB

Diduga rem tidak berfungsi, sebuah truk tangki Elpiji menabrak Dump truk.

24 February 2024 - 16:53 WIB

*Seorang Suami Naik Pitam Akibat Istrinya Dilecehkan oleh Saudara Iparnya*

24 February 2024 - 14:04 WIB

*Minta Jajarannya Perkuat Kinerja, Kepala BSKDN Optimistis Hasilkan Strategi Kebijakan Berkualitas*

24 February 2024 - 13:06 WIB

Trending di Bisnis