Menu

Mode Gelap
Djauzi dan Rafa Jadi Mojang Jajaka Kota Bandung 2023 *Pemilu 2024 Momentum Bagi Rakyat Indonesia Menentukan Masa Depan Negara dan Bangsa* Ini salah satu manfaat dari pajak yang Anda bayarkan… fasilitas kesehatan kepada seluruh masyarakat Indonesia, seperti @bpjskesehatan_ri. Ditjen pen pada rapat kerja HIMKI tahun 2023 Penandatanganan nota kesepahaman dan perjanjian kerja sama antara badan pengawas keuangan dan pembangunan dengan provinsi Papua Selatan Papua tengah Papua pegunungan dan Papua barat daya

Bisnis · 24 Feb 2024 13:06 WIB ·

*Minta Jajarannya Perkuat Kinerja, Kepala BSKDN Optimistis Hasilkan Strategi Kebijakan Berkualitas*

Sabtu, 24 Februari 2024

MEDIA-BANGSA-Jakarta- Kepala Badan Strategi Kebijakan Dalam Negeri (BSKDN) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Yusharto Huntoyungo meminta jajarannya memperkuat kinerja guna menghasilkan strategi kebijakan berkualitas. Hal itu disampaikannya saat memberi sambutan dalam acara Peningkatan Kapasitas Aparatur Sipil Negara (ASN) BSKDN Tahun 2024. Kegiatan tersebut berlangsung di 5G Resort Bogor pada Kamis, 22 Februari 2024.

“Saat ini kita dihadapkan dengan berbagai tantangan yang berkaitan dengan perumusan, penyusunan, dan pemberian rekomendasi strategi kebijakan di bidang pemerintahan dalam negeri yang dipastikan harus semakin berkualitas dari waktu ke waktu,” jelas Yusharto.

Dia melanjutkan, rekomendasi kebijakan yang berkualitas akan sangat berdampak terhadap jalannya roda pemerintahan, baik di tingkat pusat maupun daerah. Untuk itu, sebagai lembaga yang mengemban tugas dan fungsi (tusi) menyusun strategi kebijakan, BSKDN perlu terus mengembangkan kompetensi analis kebijakan. Hal ini terutama agar memiliki keterampilan dan pengetahuan untuk melakukan analisis mendalam terhadap masalah-masalah kompleks yang dihadapi pemerintah.

“Mereka (analis kebijakan) dapat membantu mengidentifikasi solusi-solusi yang efektif, efisien, serta memperkirakan implikasi jangka panjang dari keputusan-keputusan yang diambil,” ungkapnya.

Sementara itu, Yusharto mengatakan dalam melaksanakan tusinya, BSKDN membutuhkan kerja sama dengan lembaga riset di tingkat pusat, daerah, hingga perguruan tinggi. Kolaborasi tersebut diyakini Yusharto dapat menjadi media transfer pengetahuan dan pengalaman antar lembaga dan mengembangkan solusi atas permasalahan yang dihadapi pemerintah. Hal ini termasuk mendorong inovasi di berbagai faktor hingga mendukung pembangunan daerah secara berkelanjutan.

“Dengan demikian, kolaborasi dengan lembaga riset ini akan memberikan banyak manfaat strategis bagi organisasi kita, baik dalam hal pengembangan pengetahuan maupun capaian tujuan-tujuan bersama,” jelasnya.

Dalam kesempatan tersebut, Yusharto juga mengapresiasi jajarannya yang telah menunjukkan kinerja yang baik. Dengan kinerja tersebut rekomendasi kebijakan yang dihasilkan dapat dimanfaatkan tidak hanya oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagri), tetapi juga pemerintah daerah. “Bapak/Ibu sudah menunjukkan dedikasi dan dukungan yang cukup baik sepanjang tahun 2023, dan dengan demikian berbagai tugas di lingkungan BSKDN dapat kita laksanakan sebaik-baiknya,” pungkasnya.

Artikel ini telah dibaca 9 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

ID FOOD Sampaikan Inisiatif Strategis Peningkatan Akses Petani dan UMKM Perempuan di Sektor Pangan

17 April 2024 - 10:01 WIB

Budaya Halalbihalal Bisa Membangun Komunikasi Baik Antar-Stakeholders Pangan

17 April 2024 - 09:57 WIB

Satgas Yonif 133/YS Gelar Kuali Merah Putih di Zona Merah

16 April 2024 - 09:46 WIB

Fundamental Ekonomi Indonesia Tetap Kuat Redam Dampak Konflik Timur Tengah

16 April 2024 - 09:36 WIB

Database SQL VS Database NoSQL

16 April 2024 - 08:46 WIB

Dukung Program Pompanisasi, Kementan Gencarkan Listrik Masuk Sawah

15 April 2024 - 08:12 WIB

Trending di Bisnis