Menu

Mode Gelap
Djauzi dan Rafa Jadi Mojang Jajaka Kota Bandung 2023 *Pemilu 2024 Momentum Bagi Rakyat Indonesia Menentukan Masa Depan Negara dan Bangsa* Ini salah satu manfaat dari pajak yang Anda bayarkan… fasilitas kesehatan kepada seluruh masyarakat Indonesia, seperti @bpjskesehatan_ri. Ditjen pen pada rapat kerja HIMKI tahun 2023 Penandatanganan nota kesepahaman dan perjanjian kerja sama antara badan pengawas keuangan dan pembangunan dengan provinsi Papua Selatan Papua tengah Papua pegunungan dan Papua barat daya

Pendidikan · 10 Jul 2023 15:42 WIB ·

Merdeka Belajar Kampus Merdeka – Apasih Studi Independent Itu?


 Merdeka Belajar Kampus Merdeka – Apasih Studi Independent Itu? Perbesar

Surabaya – Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) telah menjadi sorotan dalam dunia pendidikan tinggi di Indonesia sejak diperkenalkan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) pada tahun 2020. Program inovatif ini bertujuan untuk memberikan kebebasan belajar kepada mahasiswa dan mengubah paradigma tradisional pendidikan tinggi. Dengan semakin dekatnya penerapan MBKM, para mahasiswa di seluruh Indonesia dapat merasakan manfaat dari transformasi ini.

Program MBKM memberikan mahasiswa kebebasan dalam memilih mata kuliah yang ingin mereka ambil dan memperoleh kredit atas mata kuliah tersebut, baik di dalam maupun di luar universitas mereka. Tujuan utama dari program ini adalah untuk meningkatkan mutu pendidikan tinggi di Indonesia dengan memberikan fleksibilitas dan aksesibilitas yang lebih besar bagi mahasiswa. Program MBKM ini terdiri dari 2 kegiatan yang dapat diikuti oleh mahasiswa yang pertama ada kegiatan Magang Bersertifikat dan yang kedua ada Studi Independent Bersertifikat jadi tak jarang dari mereka menyebut kegiatan MBKM ini dengan nama MSIB atau kepanjangannya Magang Studi Independent Bersertifikat.

Nah untuk lebih jelasnya Studi Independent itu seperti apa? Mari kita simak pengalaman dari salahsatu narasumber dari mahasiswa yang pernah mengikuti Studi Independent di salah satu mitra mbkm yakni Igo Alfando Revastia mahasiswa asal UPN Veteran Jawa Timur yang pada saat ini mengikuti Kegiatan Studi Independent di Babastudio. Ada total sekitar 31.368 Peserta pendaftar MSIB Batch 4. Babastudio adalah salah satu mitra mbkm dari 187 mitra  yang bergabung dalam kegiatan MBKM ini.

Program Studi Independent Babastudio adalah program pembelajaran mandiri yang fleksibel dan disesuaikan dengan kebutuhan peserta. Peserta memiliki kebebasan untuk memilih topik yang ingin mereka pelajari, seperti desain grafis, pengembangan web, pemasaran digital, atau bahkan penulisan konten digital. Dan untuk saya sendiri memilih UI/UX Designer. Dimana pada materi UI/UX Designer ini mahasiswa diajarkan mulai dari pembuatan wireframe di figma sampai pembuatan website menggunakan visual studio code.

Salah satu keunggulan mengikuti Studi Independent di Babastudio salah satunya yakni memiliki reputasi sebagai pusat pelatihan digital yang terpercaya. Mitra Babastudio telah berpengalaman dalam mengajar dan membimbing ribuan peserta dari berbagai latar belakang. Dengan tenaga pengajar yang ahli dan kurikulum yang terus diperbarui sesuai dengan perkembangan terbaru di industri digital, peserta dapat memastikan bahwa mereka mendapatkan pendidikan berkualitas tinggi.

Program Studi Independent Mitra Babastudio menawarkan fleksibilitas waktu dan tempat. Peserta dapat mengakses materi pembelajaran secara online melalui platform digital Mitra Babastudio. Ini memungkinkan peserta untuk belajar sesuai dengan kecepatan mereka sendiri dan mengatur jadwal studi mereka dengan lebih fleksibel, tanpa terikat oleh batasan waktu dan tempat.

Selama program Studi Independent, peserta juga mendapatkan dukungan dari tim pendidik Mitra Babastudio. Mereka akan diberikan panduan dan umpan balik yang berguna untuk membantu peserta memahami dan menerapkan konsep-konsep yang dipelajari. Tim pendidik akan siap membantu menjawab pertanyaan dan memberikan bimbingan yang dibutuhkan untuk memastikan peserta mendapatkan manfaat maksimal dari program ini.

Artikel ini telah dibaca 10 kali

Baca Lainnya

Pemanfaatan Sampah Dapur Menjadi Cairan Serbaguna bersama Mahasiswa Pengabdian Masyarakat UPN “Veteran” Jawa Timur

22 June 2024 - 18:26 WIB

Sosialisasi “Pentingnya Sertifikasi Halal bagi UMKM Muda di Desa Candi, Kab. Sidoarjo”

20 June 2024 - 11:06 WIB

Kerja Bakti “Pembersihan Sampah Sekitar Sungai di Desa Ciburial RW 7

15 June 2024 - 21:50 WIB

Kegiatan Pengolahan Sampah Terpadu di Desa Ciburial “Mengubah Sampah Organik Menjadi Pupuk Kompos”

15 June 2024 - 21:43 WIB

Profil Desa Ciburial: Keindahan Alam yang Membutuhkan Pengelolaan Sampah Terpadu

15 June 2024 - 21:33 WIB

Tax Policy and Economic Elites: Going Where the Money is Earmarking

12 June 2024 - 05:59 WIB

Trending di Pendidikan