Menu

Mode Gelap
Djauzi dan Rafa Jadi Mojang Jajaka Kota Bandung 2023 *Pemilu 2024 Momentum Bagi Rakyat Indonesia Menentukan Masa Depan Negara dan Bangsa* Ini salah satu manfaat dari pajak yang Anda bayarkan… fasilitas kesehatan kepada seluruh masyarakat Indonesia, seperti @bpjskesehatan_ri. Ditjen pen pada rapat kerja HIMKI tahun 2023 Penandatanganan nota kesepahaman dan perjanjian kerja sama antara badan pengawas keuangan dan pembangunan dengan provinsi Papua Selatan Papua tengah Papua pegunungan dan Papua barat daya

Bisnis · 12 Feb 2024 19:09 WIB ·

Menjelang Coblosan, Mengapa Semakin Banyak Orang Mantap Pilih Ganjar?

Oleh : Gus Raharjo

Hari-hari terakhir menjelang pencoblosan, ada satu pelajaran yang membuat banyak orang pada akhirnya memilih Ganjar-Mahfud. Mereka yang sejak awal hatinya sudah begitu mantap, kini semakin bulat tekadnya. Mereka yang semula bimbang, dengan logika dan akan sehat mereka akhirnya bisa mengambil keputusan. Sementara pihak-pihak yang sejak mula bodo amat, justru kini menjadi kelompok paling lantang membela seperti tengah jihad.

Pertanyaannya, apa sebab? Apa sebab dukungan pada Ganjar-Mahfud semakin tidak terbendung. Jawabannya sudah terhampar di depan mata kita, dan siapapun yang bersih serta jernih mata hatinya akan dengan mudah menemukan jawaban. Dari seluruh perjalanan kampanye. Dari begitu banyak perjumpaan dengan rakyat. Dari sebegitu kompleks pertanyaan dalam setiap forum diskusi. Juga dari serentetan babak debat capres. Inilah alasannya.

Pertama, @ganjarpranowo capres paling dekat dengan rakyat. Mari kita bicara data dan fakta. Dari ribuan foto publikasi acara dari tiap capres, siapa yang paling sering bersentuhan dengan rakyat? Tidak bisa disangkal, Ganjarlah orangnya. Setiap hari tangan Ganjar menerima cium dari rakyat. Tidak jarang rakyat merangkul, memeluk, hingga sekadar bersandar ke bahu Ganjar. Semua diterima. Bahkan tidak terhitung jumlahnya foto Ganjar dicium oleh para lansia. Itulah tanda nyata cinta rakyat kepada pemimpinnya.

Hal yang sama tidak akan mungkin kita temukan pada capres lain. Apalagi pada sosok Prabowo. Bisa disebut Prabowo selalu jauh dari rakyatnya. Ada begitu banyak video adegan Prabowo menolak dipeluk pendukungnya. Selalu ada ajudan yang siap menghalangi rakyat untuk bersentuhan dengan Prabowo. Tidak terbayang bagaimana jika kelak Prabowo terpilih. Sementara Anies, cenderung lebih banyak menemui pendukungnya di kafe dan di balai-balai pertemuan. Jarang sekali turun langsung bersama rakyat.

Kedua, dari serentetan kampanye Ganjar-Mahfud tidak pernah sekalipun sepi peminat. Di rumah warga, di pasar-pasar, di lapangan, di jalan, hingga di stadion dan forum besar, semua selalu disesaki rakyat. Di kampanye sebulan terakhir, terlihat sekali militansi pendukung Ganjar. Baik di kota besar maupun pelosok. Di Pati, ratusan warga membludak dan terbakar semangat hanya karena menghadiri diskusi tentang sepak terjang Ganjar. Untuk kampanye akbar, tidak usah ditanya. Selalu membludak. Berbeda sekali dengan pendukung Prabowo yang banyak sekali diisi massa bayaran.

Ketiga, dan inilah kuncinya, Ganjar di rangkaian debat capres selalu menunjukkan performa terbaiknya. Antara gagasan dan penampilannya selalu mengedepankan komunikasi dan etika. Semua pertanyaan terselesaikan, semua gagasan tercurahkan. Tanpa banyak gimik, tanpa melupakan etika. Tidak ada satupun blunder keluar dari mulut Ganjar. Jauh dari Prabowo yang sering banget marah-marah. Beda dari Anies yang hanya berpusat pada teori dan wacana. Ganjar berbicara fakta, berbicara pengalaman selama menjadi pemimpin di Jateng.

Atas segala jejak rekamnya itulah Ganjar sangat layak mendapat begitu banyak dukungan. Ganjar berangkat dari proses yang jujur. Tidak ada namanya mengkadali MK. Semesta ikut membantunya. Dari kalangan mahasiswa, rakyat desa, kaum urban, agamawan, hingga akademisi, semua turut memberi dukungan secara moral kepada Ganjar. Tidak ada lagi keraguan, tidak ada lagi beban di hati. Pemimpin yang tak punya beban masa lalu, tak punya rekam jejak hitam. Itulah Ganjar Pranowo yang sebenarnya. Atas segala catatan gemilang itu, marilah kita sambut kemenangan Ganjar-Mahfud!

Artikel ini telah dibaca 35 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Sains dan Teknologi Miliki Peran Penting dalam Wujudkan SDGs

21 February 2024 - 07:00 WIB

Zulpikar, Pengamat Politik Bank Zoel Institute : Banyak Kejanggalan Pada Pemilu 2024

20 February 2024 - 22:06 WIB

Rapat Tahun OJK, Ketua MPR RI Bamsoet Optimistis Perekonomian Nasional Meningkat Pasca Pemilu 2024

20 February 2024 - 17:46 WIB

Pelaku Penganiayaan di Patikraja Banyumas Dibekuk Polisi

20 February 2024 - 15:04 WIB

OJK-BPK Perkuat Kompetensi Pengendalian Kualitas Pengawasan IJK

20 February 2024 - 11:03 WIB

Perpres Nomor 19/2024 Diharapkan Mampu Akselerasi Industri Gim Nasional

20 February 2024 - 10:54 WIB

Trending di Bisnis