Menu

Mode Gelap
Djauzi dan Rafa Jadi Mojang Jajaka Kota Bandung 2023 *Pemilu 2024 Momentum Bagi Rakyat Indonesia Menentukan Masa Depan Negara dan Bangsa* Ini salah satu manfaat dari pajak yang Anda bayarkan… fasilitas kesehatan kepada seluruh masyarakat Indonesia, seperti @bpjskesehatan_ri. Ditjen pen pada rapat kerja HIMKI tahun 2023 Penandatanganan nota kesepahaman dan perjanjian kerja sama antara badan pengawas keuangan dan pembangunan dengan provinsi Papua Selatan Papua tengah Papua pegunungan dan Papua barat daya

Teknologi · 23 Dec 2022 14:42 WIB ·

Menjadi Web Developer dengan mengikuti Studi Independen bersama Skilvul


 Menjadi Web Developer dengan mengikuti Studi Independen bersama Skilvul Perbesar

Studi Independen Bersertifikat Kampus Merdeka di Skilvul dilaksanakan mulai dari tanggal 3 Agustus 2022 hingga 21 Desember 2022 atau berlangsung selama 4 bulan. Kegiatan pembelajaran dilakukan melalui platform zoom secara synchronous dan melalui website skilvul secara asynchronous. Materi yang diberikan dilengkapi dengan modul, pretest, dan postest untuk menunjang pemahaman peserta. Selain mempelajari hardskill, peserta juga diberikan materi softskill yang menjadi target kompetensi peserta untuk menunjang kesiapan karir kedepannya. Studi independen ditutup dengan project akhir dan peserta bekerja sesuai kelompok untuk mengembangkan solusi hingga menjadi produk. Mitra dari program ini adalah PT Impactbyte Teknologi Edukasi (Skivul) dengan jenis program Back-end Web Developer, Skilvul adalah platform pendidikan teknologi yang membantu untuk menghasilkan talenta digital. Tak hanya hardskill saja, Skilvul juga memberikan softskil yang berguna juga untuk menunjang peserta pada dunia kerja nanti. Program ini dilaksanakan atas dasar program persiapan karir untuk mempersiapkan generasi terbaik Indonesia oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia yang memberikan kesempatan bagi mahasiswa/i untuk mengasah kemampuan sesuai bakat dan minat dengan terjun langsung ke dunia kerja sebagai persiapan karir masa depan. Program Studi Independen Bersertifikat Kampus Merdeka di Skilvul berjalan dengan lancar dan aman. Banyak sekali ilmu yang didapat di bidang Back-end Web Developer dan pengembangan Softskill. Diharapkan, Program Magang & Studi Independen Bersertifikat Kampus Merdeka oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan ini dapat terus berlangsung agar dapat menghasilkan mahasiswa yang berwawasan tinggi dan SDM yang unggul agar mampu memajukan bangsa dan negara.

Skilvul merupakan salah satu partner kampus merdeka Program Studi Independen Skilvul pertama kali dilaksanakan tahun 2021 yang diikuti banyak peserta perguruan tinggi seluruh Indonesia. Pada tahun 2022 Skilvul melanjutkan program tersebut dengan berbagai learning path. Segala rangkaian kegiatan dilakukan secara daring melalui platform skilvul dan live class melalui platform zoom.

Selama program berlangsung, Skilvul menghadirkan pembelajaran dengan sistem synchronous pada live class yang diadakan melalui platform zoom dan asynchronous melalui website skilvul. Selain itu, terdapat sesi mentoring yang ditujukan agar peserta dapat bertanya kepada mentor masing-masing dan mendapatkan pendalaman lebih terhadap materi yang dijelaskan pada sesi live class. Di akhir program terdapat Final Project yang harus diselesaikan oleh setiap kelompok. Pada program Back-end Web Developer, Final Project dilaksanakan dalam tim yang terdiri dari enam peserta dengan masing-masing tiga anggota dari setiap learning path yaitu front-end dan back-end. Melalui program Studi Independen Kampus Merdeka di Skilvul ini, peserta diharapkan akan menjadi generasi yang siap dan kompeten dalam bidang teknologi, mampu menggunakan teknologi untuk dapat menyelesaikan berbagai masalah di masyarakat, dan mampu berkontribusi terhadap negara agar menjadi negara maju.

Program Studi Independen Skilvul terdiri atas pembelajaran individu dan capstone project yang dilakukan dalam tim multidisiplin. Para mahasiswa memilih satu (1) dari lima (5) learning paths yang ditawarkan dalam program Studi Independen Skilvul yaitu Game Development, 3D Animation, UI/UX Design, Front-End Web Development atau Back-End Web Development.

Studi Independen Bersertifikat di Skilvul ini bertujuan untuk Meningkatkan employability dan tingkat kesiapan kerja dengan cara melengkapi mahasiswa dengan keterampilan digital, keterampilan pengembangan produk,keterampilan abad 21 (softskills), dan portofolio yang berupa prototypes serta membantu pemerintah untuk menyelesaikan permasalahan sosial melalui inovasi digital dan mengurangi angka pengangguran muda di Indonesia.

Pada proses persiapan, melalui proses matchmaking berdasarkan peminatan pada suatu bidang tantangan/challenge yang diberikan oleh Challenge Partners, peserta akan membentuk tim yang berisi 6 orang. Pada saat capstone project, setiap kelompok akan memiliki 1 mentor profesional yang membimbing para mahasiswa jika mengalami kendala dalam mengikuti proses pembelajaran. Satu (1) mentor akan membimbing 4 – 5 tim (20 – 25 orang). Setiap tim akan menyelesaikan tantangan dari Challenge Partners sebagai mitra industri Skilvul dalam program studi independen untuk menghasilkan solusi digital sebagai proyek final. Selain itu, Skilvul menyediakan konselor untuk pendampingan psikologis para mahasiswa jika mereka menemui kesulitan non-akademik dalam mengikuti pembelajaran. Di sisi lain, Skilvul juga bekerjasama dengan para dosen pendamping dari berbagai universitas mahasiswa terpilih untuk memantau dan mengevaluasi jalannya kegiatan pembelajaran Skilvul.

Pada program Studi Independen Skilvul 2022, khususnya Back-end Web Developer, peserta diharapkan dapat memiliki keahlian dalam membuat RESTful API secara mandiri untuk mendukung fungsionalitas suatu aplikasi. Pada program ini, peserta melaksanakan kegiatan tidak hanya dengan menggunakan bahan bacaan online atau pembelajaran asynchronous melalui modul, tetapi peserta juga diberikan live class secara synchronous yang diajarkan langsung dengan instruktur-instruktur profesional yang sudah terlebih dahulu bekerja dalam industri IT. Peserta juga diberikan mentor yang membimbing peserta, menjawab pertanyaan peserta dan memberikan arahan dalam mengikuti program ini hingga selesai. Sesi metoring dilakukan secara online tiap tiga kali seminggu dengan mentor untuk membahas progress serta tantangan yang dihadapi peserta. Sesi mentoring ini berguna bagi peserta untuk berdiskusi tentang materi yang telah diberikan agar dapat pemahaman lebih. Setelah mengikuti semua pembelajaran dan materi Back-end Web Developer dari skilvul, peserta diminta untuk melaksanakan Final Project untuk melatih peserta memecahkan masalah yang telah diberikan sesuai challenge yang telah dipilih dan juga melatih peserta memberikan solusi terhadap masalah tersebut dengan mengimplementasikan materi-materi yang telah dipelajari sebelumnya.

Tidak hanya hardskill yang dipelajari dalam program ini, peserta juga diberikan sesi tambahan untuk meningkatkan softskill. Pada bidang softskills, Kurikulum pembelajaran Studi Independen Skilvul mengacu pada UNICEF 12 Core Life Skills, yaitu mencakup 12 keterampilan dasar yang dibutuhkan di Abad 21 (21st Century Skills) – empathy, participation, respect for diversity, communication, resilience, self-management, decision making, negotiation, cooperation, problem solving, critical thinking, and creativity. Kegiatan tersebut berupa workshop dengan instructor yang berpengalaman dalam bidang yang diajarkan. Beberapa workshop tersebut diantaranya yaitu Mental Health Protocol in Competitive Era, CV-Interview Preparation, Mental Health Protocol 2: Stress & Time Management, Technical Test Preparation, Entrepreneurship & Pitching, CV Design Refreshment, dan Portfolio Management.

 

Artikel ini telah dibaca 21 kali

Baca Lainnya

Naik Bus, Ganjar-Mahfud Hadiri Sidang Perdana Sengketa Pilpres di MK

9 May 2024 - 10:39 WIB

Antisipasi sesar lembang.brin dorong bangunan di bandung gunakan anti gempa

8 May 2024 - 20:13 WIB

Tak Lagi Nyaleg DPR RI, Ono Surono: Saya Diperintah Nyalon DPRD Jabar

8 May 2024 - 19:02 WIB

Ganjar-Mahfud Resmi Deklarasi Oposisi!

8 May 2024 - 17:55 WIB

Kenali Apa Itu Expert System / Sistem Pakar

17 April 2024 - 22:23 WIB

Database SQL VS Database NoSQL

16 April 2024 - 08:46 WIB

Trending di Tekno & Sains