Menu

Mode Gelap
Djauzi dan Rafa Jadi Mojang Jajaka Kota Bandung 2023 *Pemilu 2024 Momentum Bagi Rakyat Indonesia Menentukan Masa Depan Negara dan Bangsa* Ini salah satu manfaat dari pajak yang Anda bayarkan… fasilitas kesehatan kepada seluruh masyarakat Indonesia, seperti @bpjskesehatan_ri. Ditjen pen pada rapat kerja HIMKI tahun 2023 Penandatanganan nota kesepahaman dan perjanjian kerja sama antara badan pengawas keuangan dan pembangunan dengan provinsi Papua Selatan Papua tengah Papua pegunungan dan Papua barat daya

News · 26 Dec 2022 10:45 WIB ·

Menjadi seorang Full Stack Web Development MSIB PT Arkatama


 Menjadi seorang Full Stack Web Development MSIB PT Arkatama Perbesar

Saya Achmad Arbi Hanafi, mahasiswa Informatika, Semester 5 di UPN Veteran Jawa Timur. saya sedang mengikuti program kampus merdeka bersama PT Arkatama Multi Solusindo. Saya tinggal di Ploso Timur gg 1 Masjid No.9 Surabaya, dan follow instagram saya @arbi_hanafi.

Di era serba digital, profesi sebagai Web Development menjadi diminati banyak kalangan, dari mahasiswa Informatika hingga orang-orang yang tidak memiliki latar belakang sebagai IT. Profesi tersebut diminati karena, selain gaji yang diperoleh lumayan besar, banyak platform pembelajaran gratis yang dapat diakses, salah satunya dari PT Arkatama. Sebelum membahas lebih lanjut mari berkenalan apa itu Full Stack Web Development.

Apa itu Full Stack Web Development ?

Web Development merupakan pekerjaan di bidang pembuatan website, sedangkan Full Stack Web Development merupakan pekerjaan membuat website yang mencakup keseluruhan dimulai dari markup, codingan, jaringan, hingga proses pengembangan website.

Pekerjaan tersebut membutuhkan keahlian khusus dan pengalaman, hal ini diperlukan karena dalam prosesnya dibutuhkan sebuah algoritma, struktur data, pengolahan basis data dari bahasa pemrograman yang digunakan.

Kenapa Web Development profesi yang diminati ?

Pekerjaan ini diminati karena gaji yang didapatkan di Indonesia sendiri cukup besar, dari 4 – 7 juta per bulan. Jumlah ini didasarkan atas wilayah dan kondisi industri serta posisi yang ditempati, apakah junior web development atau senior web development.

Pembelajaran agar menjadi Full Stack Web Development

Menjadi full stack web development diperlukan keahlian khusus dan pengalaman, sehingga diperlukan pembelajaran yang terstruktur. Pembelajaran terstruktur yang saya lampirkan adalah struktur dari MSIB PT. Arkatama bersama Kampus Merdeka.

Berikut adalah struktur pembelajaran serta penjelasannnya yang telah disusun oleh PT Arkatama Multi Solusindo :

  1. Pengenalan Desain Web Dasar

Memperkenalkan materi dari pembuatan website dimulai dari HTML dan web design, Meta Data, Text Formatting, Fundamentals, Hyperlinks, Docs and structure, Debugging HTML, Cara kerja CSS, CSS Syntax, Selector CSS Values dan Units, The box models, Debugging CSS, Mengenal Bootstrap, Konsep Foundation, Semantik UI, dan cara menerapkannya.

2. Bahasa pemrograman Java Script dan PHP

Bahasa pemrograman yang diperlukan didalam pembuatan website, bahasa tersebut digunakan untuk memberikan algoritma pada website yang dibuat.

3. Prototype web menggunakan Figma

Figma merupakan alat yang digunakan dalam membuat design atau mockup baik dalam mode desktop atau mobile.

4. Pemrograman berorientasi objek

Pemrograman yang didasarkan pada konsep objek dan akan diterapkan pada bahasa pemrograman PHP.

5. Framework Code Igniter dan konsep MVC

Framework digunakan agar website yang dibuat terstruktur dan lebih aman dibandingkan tanpa menggunakan framework.

6. Database Management

Menejemen database digunakan sebagai penyimpanan dan tempat memenejemen data yang terkait di dalam website tersebut.

7. Web API dan Dokumentasi API

Software interface untuk melakukan komunikasi antar program dalam 2 komputer atau lebih. Proses dokumentasi API dalam berbagai bentuk seperti JSON atau .yml.

8. Advanced tools

Proses pengecekan dokumen website apakah terdapat kesalahan menggunakan software yang sesuai.

9. Website Deployment

Proses mendeploy website yang dibuat kedalam server, agar dapat diakses banyak pihak.

10. Continues Integration Continues Development

Sesuai namanya yaitu kelanjutan integrasi dari deploy website.

Struktur pembelajaran yang saya cantumkan diatas merupakan materi pembelajaran yang saya dapatkan ketika mengikuti program MSIB Full Stack Web Development di PT Arkatama Multi Solusindo. Akhir dari pembelajaran yang saya terima adalah pembuatan tugas akhir bertema toko online menggunakan Code Igniter 3.

Program full stack web development dari PT Arkatama membantu saya mempelajari bagaimana membangun website dari awal. Sebagai penutup, saya berharap semoga MBKM, MSIB, dan PT Arkatama terus berinovasi dengan program-programnya demi memaksimalkan kemampuan mahasiswa/i Indonesia.

Artikel ini telah dibaca 66 kali

Baca Lainnya

Zulpikar, Pengamat Politik Bank Zoel Institute : Banyak Kejanggalan Pada Pemilu 2024

20 February 2024 - 22:06 WIB

Rapat Tahun OJK, Ketua MPR RI Bamsoet Optimistis Perekonomian Nasional Meningkat Pasca Pemilu 2024

20 February 2024 - 17:46 WIB

Pelaku Penganiayaan di Patikraja Banyumas Dibekuk Polisi

20 February 2024 - 15:04 WIB

Babinsa Kratonan Dampingi Petugas Dinsos Cek Warga Terlantar

19 February 2024 - 18:54 WIB

Kelelahan luar biasa jadi penyebab ketua kpps di ujung Berung Bandung meninggal dunia

18 February 2024 - 13:09 WIB

*Terjadi Kelalaian Pemungutan Suara di TPS 02 Kel. Bulogading Kec. Ujung Pandang, Warga Desak KPU Lakukan Pemiligan Suara Ulang*

18 February 2024 - 11:28 WIB

Trending di Bisnis