Menu

Mode Gelap
Djauzi dan Rafa Jadi Mojang Jajaka Kota Bandung 2023 *Pemilu 2024 Momentum Bagi Rakyat Indonesia Menentukan Masa Depan Negara dan Bangsa* Ini salah satu manfaat dari pajak yang Anda bayarkan… fasilitas kesehatan kepada seluruh masyarakat Indonesia, seperti @bpjskesehatan_ri. Ditjen pen pada rapat kerja HIMKI tahun 2023 Penandatanganan nota kesepahaman dan perjanjian kerja sama antara badan pengawas keuangan dan pembangunan dengan provinsi Papua Selatan Papua tengah Papua pegunungan dan Papua barat daya

Uncategorized · 22 Dec 2022 12:32 WIB ·

Menjadi Seorang Data Scientist Bisa Melalui Studi Indepen di Startup Campus


 Menjadi Seorang Data Scientist Bisa Melalui Studi Indepen di Startup Campus Perbesar

Kini kesempatan berkarier di bidang teknologi sangat menjanjikan, mengingat banyak perusahaan yang berlomba – lomba mengimplementasikan teknologi informasi untuk bisa bersaing di pasar dan industri yang semakin ketat. Sehingga membutuhkan tenaga kerja yang memiliki wawasan luas terhadap teknologi informasi. Salah satu tenaga kerja yang paling banyak dicari oleh perusahaan adalah Data scientist. Data science bertugas untuk mengolah data agar mampu menciptakan strategi bisnis perusahaan.

Bagi siapa pun yang ingin terjun ke bidang data, tidak perlu takut untuk memulai belajar dari nol karena menjadi data scients tidak perlu berlatar belakang IT. Siapa saja bisa mempelajari dengan memiliki tekad yang kuat, hal ini didukung dengan banyaknya sejumlah platform internet yang menyediakan program untuk mempelajari bidang tersebut.

Program yang bisa diikuti merupakan program yang dibuat oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi RI yaitu Kampus Merdeka. Kemendikbud memiliki tujuan terhadap Program Magang dan Studi Independen Bersertifikat (MSIB) – Kampus Merdeka agar mahasiswa dapat mengusai berbagai keilmuan untuk bekal memasuki dunia kerja.

Kampus merdeka berkolaborasi dengan berbagai perusahaam organisasi, institusi pemerintahan hingga startup yang dapat diikuti oleh mahasiswa, mahasiswa dari semua PTN dan PTS yang terdaftar pada PDDikti bisa mengikuti program tersebut dengan maximal mengikuti sebanyak 2 semester. Kurun waktu tersebut cukup untuk mendapatkan pengalaman di dunia profesi, salah satunya persiapan menjadi seorang data scientist.

Dari banyaknya mitra yang ada, startup campus menjadi salah satu mitra program studi indepen untuk bisa belajar menjadi data scientist. Program ini berlangsung selama satu semester perkuliahan atau 5 bulan yang setara 20 sks. Aktivitas belajar dari Startup Campus mencakup pembelajaran mandiri, kelas sinkronus, mentorship, proyek individu, sharing session, networking, dan proyek final demo day. Sebagian dari aktivitas belajar tersebut dilaksanakan dalam satu group kecil dimana tiap group didampingi mentor dan fasilitator yang bertanggung jawab dalam pengembangan akademis peserta dari awal hingga akhir program.

Sesi Live Session Studi Independen Startup Campus. Foto : Tarisa Kamilia

Kurikulum pembelajaran dirancang oleh pengajar terbaik dalam ekosistem startup, sehingga mahasiswa dapat memiliki kompetensi sebagai seorang data science yang mampu memahami tiga komponen yang terlibat dalam Data Science, yaitu Organising, Packaging, dan Delivering Data (The OPD of Data). Modul belajar yang mampu mencapai tiga komponen tersebut mencakup materi tentang Introduction Data Science and Getting Data Ready, Data Storytelling, Reproducible Research (Insights-as-a-Code), Understanding Data, Machine Learning Techniques, dan Final Project.

Mahasiswa mendapatkan materi langsung dari expert speaker dan mentor yang merupakan seorang data scientist. Hal ini membantu mahasiswa dalam mempelajari materi tersebut dari nol karena akan dimbing langsung oleh para ahli data. Salah satu peserta data science di Startup Campus, Tarisa Kamilia, mengungkapkan, “Proses pembelajaran jadi jauh lebih mudah dimengerti dengan adanya kesempatan untuk bertanya secara langsung kepada mentor yang bekerja sebagai data scientist ”

Dari seluruh materi yang telah didapatkan, mahasiswa harus mengimplementasikannya pada final project. Final project memiliki waktu pengerjaan selama 1 bulan untuk menyelesaikan permasalahan bisnis menggunakan pemodelan kuantitatif dan teknik analisis data, dapat mengkomunikasikan hasil analisis dan mempresentasikan hasil visualisasi data dengan efektif.

Program Studi indepen ini menjadi suatu solusi kepada para pembaca yang tertarik dengan data scientist, selain dari kurikulum yang disiapkan dengan matang, peserta akan mendapatkan networking dengan berbagai partner dalam dunia Data Science, dan mampu mengembangkan soft skill dan hard skill.

Artikel ini telah dibaca 47 kali

Baca Lainnya

Naik Bus, Ganjar-Mahfud Hadiri Sidang Perdana Sengketa Pilpres di MK

9 May 2024 - 10:39 WIB

Antisipasi sesar lembang.brin dorong bangunan di bandung gunakan anti gempa

8 May 2024 - 20:13 WIB

Tak Lagi Nyaleg DPR RI, Ono Surono: Saya Diperintah Nyalon DPRD Jabar

8 May 2024 - 19:02 WIB

Ganjar-Mahfud Resmi Deklarasi Oposisi!

8 May 2024 - 17:55 WIB

Jokowi Rajin Bagi-bagi Bansos, Uang Dari Mana? Ini Kata Sri Mulyani

6 April 2024 - 10:59 WIB

Saat Presiden Sukarno Tidak Punya Uang Menjelang Lebaran????

1 April 2024 - 19:11 WIB

Trending di Bisnis