Menu

Mode Gelap
Djauzi dan Rafa Jadi Mojang Jajaka Kota Bandung 2023 *Pemilu 2024 Momentum Bagi Rakyat Indonesia Menentukan Masa Depan Negara dan Bangsa* Ini salah satu manfaat dari pajak yang Anda bayarkan… fasilitas kesehatan kepada seluruh masyarakat Indonesia, seperti @bpjskesehatan_ri. Ditjen pen pada rapat kerja HIMKI tahun 2023 Penandatanganan nota kesepahaman dan perjanjian kerja sama antara badan pengawas keuangan dan pembangunan dengan provinsi Papua Selatan Papua tengah Papua pegunungan dan Papua barat daya

Pendidikan · 11 Oct 2023 11:53 WIB ·

MENJADI MITRA MAGANG MERDEKA, MAHASISWA PUAS PILIH PT DISTY


 Kegiatan On Boarding di salah satu mitra yaitu di PT. Disty Teknologi Indonesi Perbesar

Kegiatan On Boarding di salah satu mitra yaitu di PT. Disty Teknologi Indonesi

Program Kampus Merdeka, yang merupakan perwujudan dari inovasi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mengalami peningkatan minat yang signifikan. Salah satunya adalah program magang merdeka. Benefit yang ditawarkan berhasil mempopulerkan program ini di kalangan mahasiswa. Tidak hanya memberikan pengalaman yang menyesuaikan dengan kebutuhan mahasiswa, tetapi uang saku juga diberikan kepada mahasiswa yang mengikuti program ini. Selain itu, Kemendikbud juga memastikan konversi 20 sks bagi para peserta magang. Hal ini bertujuan agar mahasiswa dapat fokus mengoptimalkan keahlian selama magang.

PT Disty Teknologi

PT Disty Teknologi, adalah salah satu perusahaan yang berkontribusi menjadi mitra dalam program magang merdeka ini. Ternyata tahun ini adalah kedua kalinya PT Disty berpartisipasi menjadi mitra. Sebagai perusahaan yang bergerak di bidang teknologi, pada batch sebelumnya PT Disty terfokuskan untuk memberikan peluang pelatihan kepada mahasiswa berlatar belakang IT. Menariknya, pada batch ke 3 ini PT Disty membuat inovasi dengan membuka divisi non IT, yaitu divisi Digital Marketing dan Copywriting. Berdasarkan pemaparan Bapak Candra selaku pendiri PT Disty, beliau mengatakan bahwa setelah website selesai dibuat ternyata client mempertanyakan lagi mengapa website nya sepi ?. Oleh karena itu, Bapak Candra menyadari perlu adanya kontribusi tim marketing sebagai solusi permasalahan ini. Untuk mengetahui lebih dalam mengenai PT Disty Teknologi, kamu bisa kunjungi website resminya melalui link berikut distyindonesia.com .

Benefit Magang Merdeka di PT Disty

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, magang merdeka ini memberikan benefit berupa

  1. Pengalaman
  2. Uang saku
  3. Konversi 20 sks
  4. Tiket mobilisasi

Demi keamanan dan kenyamanan peserta magang, PT Disty juga memberikan beberapa benefit. Selama magang, para peserta magang mendapatkan BPJS ketenagakerjaan. Harapannya mahasiswa mendapat perlindungan asuransi jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan selama jam kerja. Selain itu, mahasiswa juga difasilitasi ruang khusus peserta magang yang masih berada di satu gedung tempat Kantor PT Disty berada. Tujuannya agar mahasiswa dapat bekerja dengan nyaman dan memiliki privasi. Di dalam ruangan khusus peserta magang ini, terdapat fasilitas berupa smart TV agar proses pengerjaan project lebih nyaman.

Alur Program Magang Merdeka PT Disty

Memilih metode hybrid, sistem magang di PT Disty terbagi menjadi 4 sesi,

Sesi 1

Sesi pertama dimulai pada tanggal 18 Agustus 2022 hingga 9 September 2022 yang dilaksanakan secara online. Pada sesi pertama ini, seluruh mahasiswa masih dijadikan satu untuk mendapatkan mentoring materi dasar sistem informasi dan digital marketing. Kelas dilaksanakan menggunakan Zoom meeting yang dibina langsung oleh para profesional di bidangnya dari internal PT Disty sendiri.

“…Bisa belajar coding sama database yang belum tau seluk beluk mendalamnya” ujar salah satu anggota divisi digital marketing Dwi Kusuma Dewi, mahasiswa jurusan Desain Komunikasi Visual Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur.

Menurut pernyataan Dwi, sesi pertama ini mampu memberikan pengalaman baru bagi mahasiswa non IT. Selain itu, secara keseluruhan para mahasiswa juga dapat mengetahui bagaimana alur dan cara kerja Perusahaan IT dalam menjawab tantangan di era digitalisasi saat ini.

Demi pelaksanaan program magang merdeka yang optimal, diadakan evaluasi yang berlangsung selama se pekan mulai dari tanggal 9 september 2022 hingga 16 september 2022. Dalam proses evaluasi ini, para mahasiswa mendapat quiz maupun tugas yang bertujuan untuk mencari tahu seberapa dalam pemahaman para mahasiswa selama kegiatan mentoring sebelum memasuki sesi selanjutnya.

Sesi 2

Sesi 2 pun dilaksanakan pada tanggal 16 september 2022 hingga 30 september 2022. Pada sesi ini kegiatan juga dilaksanakan secara online, namun pada sesi ini para mahasiswa mulai difokuskan pada divisi nya masing-masing. Masih dalam kegiatan mentoring, bedanya materi yang diberikan lebih mendalam dan temanya sesuai dengan masing-masing divisi.

Sesi 3

Berikutnya adalah sesi yang paling ditunggu-tunggu para mahasiswa, sesi 3 yang dilaksanakan secara offline. Sesi ini dilaksanakan pada tanggal 3 oktober 2022 hingga 19 desember 2022. Pada sesi ini, para mahasiswa dihadapkan langsung dengan project real. Mengingat PT Disty menggunakan metode hybrid, tiap mahasiswa dituntut untuk bekerja di kantor  selama 2 kali dalam sepekan dan sisanya dilaksanakan secara WFH (Work From Home). Berdasarkan pernyataan Bapak Candra, nantinya dalam sesi 3 ini mahasiswa tidak hanya fokus dalam  proyek divisi nya masing-masing. Namun, juga akan ada kolaborasi antar divisi untuk melasungkan project yang lebih besar. Tujuannya agar merekatkan hubungan antar mahasiswa peserta magang dan menciptakan inovasi-inovasi baru yang segar.

“…Family Friendly, Easy going, Gak ada pressure yang berlebihan” pernyataan salah satu anggota divisi Analysis System, Muhammad Faris Afif mahasiswa jurusan teknik informatika Universitas Negeri Surabaya.

Faris mengungkapkan pendapatnya bahwa magang di PT Disty ini cukup menarik. Pada sesi 3 ini, PT Disty juga mengenalkan budaya kerja nya yang fleksible namun tetap fokus pada target yang ingin dicapai.

Sesi 4

Pada sesi ke 4, nantinya mahasiswa difokuskan untuk menyelesaikan laporan akhir magang. Oleh karena itu, sesi yang dilaksanakan mulai dari 22 desember 2022 hingga 31 desember 2022 ini akan kembali dilaksanakan secara online. Tujuannya agar mahasiswa memiliki waktu yang leluasa dalam pengerjaan laporan akhir. Karena ini step terakhir, harapannya mahasiswa dapat menyelesaikan magang merdeka ini dengan lancar.

Untuk kalian yang berminat mengikuti program magang merdeka, kalian bisa jadikan PT Disty sebagai salah satu pilihan. Disini adalah tempat yang tepat untuk mengasah kemampuan kalian. Selain itu, bagi mahasiswa IT maupun non IT juga dapat beradaptasi dengan lingkungan kerja sebuah Perusahaan di bidang IT.

Artikel ini telah dibaca 73 kali

Baca Lainnya

Ganjar: Sukarno Tak Pernah Bicara Kepentingan Pribadi, Keluarga

5 July 2024 - 14:45 WIB

Ganjar hingga Ahok jadi ketua dpp PDIP hingga 2025

5 July 2024 - 14:35 WIB

Mahasiswa Agribisnis Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur Sosialisasikan Pembuatan Eco Enzym di Gapoktan Keputih Bersemi

4 July 2024 - 17:36 WIB

Mahasiswa Agribisnis UPN Jawa Timur Gelar Kerja Bakti Bersama Gapoktan Keputih Bersemi: Mengembangkan Komoditas Organik untuk Masa Depan Berkelanjutan

4 July 2024 - 14:23 WIB

Mata dan mulut tertutup lakban seorang pria di temukan tewas gantung diri di fly over Cimindi Cimahi Bandung

28 June 2024 - 11:56 WIB

Tim PKM RSH UMS, Lakukan Penelitian Tentang Taktik Bahasa dalam Kejahatan Siber

24 June 2024 - 12:01 WIB

Trending di Pendidikan