Menu

Mode Gelap
Djauzi dan Rafa Jadi Mojang Jajaka Kota Bandung 2023 *Pemilu 2024 Momentum Bagi Rakyat Indonesia Menentukan Masa Depan Negara dan Bangsa* Ini salah satu manfaat dari pajak yang Anda bayarkan… fasilitas kesehatan kepada seluruh masyarakat Indonesia, seperti @bpjskesehatan_ri. Ditjen pen pada rapat kerja HIMKI tahun 2023 Penandatanganan nota kesepahaman dan perjanjian kerja sama antara badan pengawas keuangan dan pembangunan dengan provinsi Papua Selatan Papua tengah Papua pegunungan dan Papua barat daya

Pendidikan · 8 Jul 2023 02:52 WIB ·

Menjadi Front-End Web Development melalui Bootcamp Di Skilvul Melalui MSIB BATCH 4


 Menjadi Front-End Web Development melalui Bootcamp Di Skilvul Melalui MSIB BATCH 4 Perbesar

 

 

Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) adalah sebuah program pendidikan tinggi yang dicanangkan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) Republik Indonesia. Program ini bertujuan untuk memberikan kebebasan belajar kepada mahasiswa dan meningkatkan kualitas pendidikan tinggi di Indonesia.Program MBKM menawarkan berbagai fleksibilitas bagi mahasiswa, seperti kesempatan untuk mengambil mata kuliah lintas program studi, kuliah di luar kampus tempat mereka terdaftar, mengikuti program pengalaman kerja, atau menjalankan usaha sambil tetap mengikuti perkuliahan. Hal ini memungkinkan mahasiswa untuk menggali minat mereka, mengembangkan kompetensi lintas disiplin, dan mendapatkan pengalaman nyata di dunia kerja.Melalui MBKM, mahasiswa juga dapat memanfaatkan berbagai sumber belajar, termasuk teknologi informasi dan komunikasi, untuk mendapatkan pengetahuan di luar dosen dan ruang kelas tradisional. Selain itu, program ini juga memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mendapatkan beasiswa dalam rangka memperluas akses dan meratakan kesempatan Pendidikan.

Dalam Magang dan Studi Independen bersertifikat terdapat banyak mitra yang menawarkan kepada mahasiswa untuk belajar langsung ke dalam bidang yang disukai. Salah satu contoh mitra yang menawarkan tersebut adalah PT IMPACTBYTE TEKNOLOGI EDUKASI atau yang bisa disebut Skilvul.Skilvul menawarkan banyak bidang yang bisa dipelajari dalam MSIB periode ini, salah satunya menyita perhatian dari seorang mahasiswa dari UPN Veteran Jawa Timur yan bernama Alamsyah Mahendra Putra.

 

Alamsyah Mahendra Putra adalah mahasiswa yang tertarik untuk belajar di Skilvul, mahasiswa tersebut tertarik untuk mengambil Studi Independen Bersertifikat pada bidang Front-end Web Development yang ditawarkan oleh mitra tersebut. Waktu yang akan ditempuh selama menjalani Studi Independen Bersertifikat adalah 4 bulan. Selama waktu itu mahasiswa akan menerima materi serta arahan dari mitra yang dipilih.Alamsyah Mahendra Putra atau yang sering dikenal dengan panggilan “Alam” mengikuti berbagai kelas dari mitra yang dipilihnya. Kegiatan yang di sediakan cukup fleksibel, pihak mitra menentukan jadwal untuk kelas dan pemaparan materi maka mahasiswa diharuskan untuk mengikuti kelas tersebut dengan menggunakan media Zoom dari jam 08.00-11.00 WIB.Lalu adanya pertemuan dengan mentor setiap minggu 2 kali dan untuk waktunya didiskusikan terlebih dahulu dengan mentor masing-masing, pada sesi ini mahasiswa diberi kebebasan untuk bertanya terkait materi yang telah disampaikan pada sesi berlangsung.

 

Aktivitas Studi Independen Front-end Web Development meliputi pembelajaran individu dan project akhir dalam bentuk tim. Pada pembelajaran individu, setiap peserta akan mengikuti kelas dalam bentuk asynchronous (online melalui modul belajar di Skilvul website) dimana peserta dapat berkonsultasi dengan expert terkait materi yang dipelajarinya melalui kelas mentor atau forum diskusi yang ada.Selain itu, setiap peserta akan memiliki pembimbing sebagai tempat konsultasi jika ditemui kesulitan non-akademik dalam mengikuti pembelajaran. Pada program studi independen ini, terdapat beberapa learning path yang disediakan salah satunya, yaitu Front-end Web Development. Pada projek akhir, peserta akan dibagi menjadi kelompok, dimana satu kelompok terdiri atas 3 sampai 4 orang dengan tema yang telah ditentukan oleh Skilvul yang diambil melalui kategori Challenges pada laman website Skilvul

Materi yang diberikan oleh pihak Skilvul dilakukan secara berurutan sehingga mahasiswa dapat mengikuti materi dari awal atau dasar sampai ke pembuatan Website Restfull API. Selama 4 bulan mahasiswa akan menerima materi. Ada  21 modul  skilvul yang sudah  saya kerjakan yaitu Pembelajaran yang didapatkan mulai dari Memulai Dasar Pemrograman untuk Menjadi Front-end Web Development hingga  pembuatan  Website, Memulai Dasar Pemrograman untuk Menjadi Front-end Web Development, Pengenalan ke Bahasa coding(Intro To Coding), Belajar Dasar Git dengan GitHub, Belajar Dasar Pemrograman Web, Belajar Dasar Pemrograman JavaScript, Belajar Membuat Front-End Web untuk Pemula, Belajar Fundamental Front-End Web Development, Menjadi Front-End Web Developer Expert. Pertemuan dengan instruktur diadakan setiap minggunya dengan melatih softskill dan hardskill di bidang teknologi. Pada akhir kegiatan dilakukan pengerjaan projek akhir dengan tim beranggotakan 4 orang, 2 orang dari kelas Front-End Dan 2 orang dari kelas Back-End untuk mengerjakan Website Asean Youth Forum yang berbasis Aplikasi Web, kegiatan meliputi membuat desain UI/UX, proses coding, testing, dan maintenance.

Pada pertengahan program Magang dan Studi Independen Bersertifikat pihak mitra membentuk tim untuk final project namun pada pertengahan ini tim di wajibkan untuk sudah menyusun rencana project, yaitu project plan. project plan ini sebagai tolak ukur pemahaman mahasiswa terkait project yang akan dikerjakan, project plan yang dimaksud adalah pembuatan rencana membuat aplikasi website dengan konsep yang sudah di tentukan oleh pihak mitra, dengan kata lain mahasiswa membuat aplikasi sesuai tema yang sudah disediakan oleh mitra. Pengerjaan final project dilakukan oleh beberapa mahasiswa yang telah dibentuk menjadi sebuah kelompok, kemudian mengerjakan dalam waktu kurang lebih satu bulan setengah. Setelah menjalani masa pembuatan aplikasi, mahasiswa akan ditugaskan untuk mempresentasikan aplikasi tersebut, presentasi ini juga menjadi akhir dari program MSIB di Skilvul.

Dari program Magang dan Studi Independen Bersertifikat ini dapat diambil banyak pelajaran, dari segi sosial, menambah relasi, menambah soft skill dan hard skill, serta mendapatkan pengalaman baru dengan mengerjakan proyek aplikasi website dengan cara berkelompok.

 

 

 

Artikel ini telah dibaca 21 kali

Baca Lainnya

Kerja Bakti “Pembersihan Sampah Sekitar Sungai di Desa Ciburial RW 7

15 June 2024 - 21:50 WIB

Kegiatan Pengolahan Sampah Terpadu di Desa Ciburial “Mengubah Sampah Organik Menjadi Pupuk Kompos”

15 June 2024 - 21:43 WIB

Profil Desa Ciburial: Keindahan Alam yang Membutuhkan Pengelolaan Sampah Terpadu

15 June 2024 - 21:33 WIB

Tax Policy and Economic Elites: Going Where the Money is Earmarking

12 June 2024 - 05:59 WIB

PERMASALAHAN KASUS GOOGLE TERHADAP KONSEP BUT

12 June 2024 - 02:56 WIB

*Aksi Bersama Segenap Elemen Masyarakat, Pers, Kaum Buruh, Aktivis Pergerakan Menolak UU Penyiaran & Pandemi Treaty*

28 May 2024 - 11:02 WIB

Trending di Bisnis