Menu

Mode Gelap
Djauzi dan Rafa Jadi Mojang Jajaka Kota Bandung 2023 *Pemilu 2024 Momentum Bagi Rakyat Indonesia Menentukan Masa Depan Negara dan Bangsa* Ini salah satu manfaat dari pajak yang Anda bayarkan… fasilitas kesehatan kepada seluruh masyarakat Indonesia, seperti @bpjskesehatan_ri. Ditjen pen pada rapat kerja HIMKI tahun 2023 Penandatanganan nota kesepahaman dan perjanjian kerja sama antara badan pengawas keuangan dan pembangunan dengan provinsi Papua Selatan Papua tengah Papua pegunungan dan Papua barat daya

Tekno & Sains · 6 Jul 2023 19:17 WIB ·

Menjadi Ahli Data Sebagai Data Scientist Melalui Studi Independent Di Narasio Data


 Menjadi Ahli Data Sebagai Data Scientist Melalui Studi Independent Di Narasio Data Perbesar

Kampus Merdeka merupakan program yang dibuat oleh Nadiem Makarim dengan tujuan untuk memberikan seluruh mahasiswa kesempatan untuk mengasah kemampuan sesuai bakat dan minat dengan terjun langsung ke dunia kerja sebagai langkah persiapan karier. Salah satu program Kampus Merdeka adalah Studi Independen.

Salah satunya yaitu Haikal Azam Assiddiqi yang biasa dipanggil Haikal, ia adalah seorang mahasiswa dari Universitas Pembangunan Nasional “ Veteran “ Jawa Timur yang sedang mengikuti dalam kegiatan Program Magang Dan Studi Independen dari Kampus Merdeka. Di program ini, Haikal memilih program sebagai Data Scientist. Haikal memilih belajar Data Science karena ingin menjadi seorang ahli data terutama dalam bidang Data Science. Selain itu Data Science sangat penting karena dapat membantu organisasi atau individu untuk memahami permasalahan yang ada dan bisa mengambil keputusan yang lebih baik.

Untuk memperdalam ilmu mengenai Data Scienctist, Haikal Mengikuti program studi independen yang dilaksanakan oleh Narasio Data yang dilakukan secara daring. Di Narasio Data, peserta akan diajar oleh mentor-mentor yang sangat berpengalaman, assignment yang dapat mengasah soft kill dan hard skill, dan belajar mengambil real study kasus dari sebuah permasalah perusahaan dengan mengerjakan final project. Selain itu, dia Narasio Data sendiri memiliki beberapa peraturan yang harus ditaati oleh perserta agar perserta dapat menjadi pribadi yang disiplin dan tanggung jawab.

Sistem pembelajaran di Narasio Data dibagi dua fase, di fase pertama yaitu hari sebelum kegiatan mentoring itu peserta diwajibkan untuk belajar mandiri terlebih dahulu pada laman e-learning yang disediakan oleh pihak mitra yaitu di website sinau.narasiodata.com. kemudian peserta diwajibkan untuk mengerjakan Exercise tentang materi yang telah dipelajari untuk dikumpulkan setelah kegiatan mentoring. Dan di fase kedua yaitu hari dimana kegiatan mentoring bersama mentor, pada kegiatan mentoring ini peserta diharapkan untuk bisa berdiskusi dengan mentor tentang materi yang telah dibelajari sebelumnya dan mentor akan memberi solusi serta sedikit memberikan masukan agar bisa menyelesaikan Exercise-nya.

Menurut Haikal, sangat banyak sekali benefit yang didapat setelah mengikuti kegiatan program studi independent yang telah dilaksanakan oleh kampus merdeka bersama mitra Narasio Data ini. Yaitu berupa ilmu yang mengasah hard skill maupun soft skill dan mendapat pengalaman dalam menyelesaikan masalah dalam perusahaan. Selain ilmu baru, Haikal mengaku senang karena mendapat teman-teman baru dari seluruh Universitas di Indonesia. Haikal berharap semoga program ini terus bisa dilaksanakan dan diikuti oleh teman-teman mahasiswa lainnya karena sangat membantu sekali untuk masa depan mahasiswa seluruh Indonesia

Artikel ini telah dibaca 56 kali

Baca Lainnya

Ganjar: Sukarno Tak Pernah Bicara Kepentingan Pribadi, Keluarga

5 July 2024 - 14:45 WIB

Ganjar hingga Ahok jadi ketua dpp PDIP hingga 2025

5 July 2024 - 14:35 WIB

Mata dan mulut tertutup lakban seorang pria di temukan tewas gantung diri di fly over Cimindi Cimahi Bandung

28 June 2024 - 11:56 WIB

*Aksi Bersama Segenap Elemen Masyarakat, Pers, Kaum Buruh, Aktivis Pergerakan Menolak UU Penyiaran & Pandemi Treaty*

28 May 2024 - 11:02 WIB

*Adakah yang Tahu Letak Jalan Culik di Bandung*

27 May 2024 - 15:31 WIB

*Kearifan Lokal Dapat Menjadi Bekal Membuka & Masuk Dalam Gerbang Indonesia Emas Tahun 2045*

26 May 2024 - 10:32 WIB

Trending di Bisnis