Menu

Mode Gelap
Djauzi dan Rafa Jadi Mojang Jajaka Kota Bandung 2023 *Pemilu 2024 Momentum Bagi Rakyat Indonesia Menentukan Masa Depan Negara dan Bangsa* Ini salah satu manfaat dari pajak yang Anda bayarkan… fasilitas kesehatan kepada seluruh masyarakat Indonesia, seperti @bpjskesehatan_ri. Ditjen pen pada rapat kerja HIMKI tahun 2023 Penandatanganan nota kesepahaman dan perjanjian kerja sama antara badan pengawas keuangan dan pembangunan dengan provinsi Papua Selatan Papua tengah Papua pegunungan dan Papua barat daya

Pendidikan · 19 May 2022 06:15 WIB ·

Meningkatnya Angka Jumlah Pendidik Putus Sekolah Diera Pandemi


 Meningkatnya Angka Jumlah Pendidik Putus Sekolah Diera Pandemi Perbesar

Peningkatan Jumlah Siswa Putus Sekolah Karena Pandemi.

Peningkatan angka siswa pendidik putus sekolah karena pandemi menjadi perhatian pada dunia pendidikan.

Salah satu permasalahan yang muncul adalah meningkatnya angka putus sekolah dini. Hal ini bisa terjadi karena bukan hanya siswa yang putus sekolah di masa pandemi ini, tetapi pekerjaan orang tuanya juga mengalami tekanan finansial akibat pandemi ini, sehingga keadaan lah yang memaksa mereka untuk  membantu orang tuanya bekerja. Peningkatan penurunan jumlah siswa tidak hanya terjadi di tingkat sekolah. Peningkatan ini juga terlihat di tingkat universitas.

Kesenjangan Sosial

Adapun alasan pada peristiwa ini adalah terjadinya kesenjangan pada peserta didik, dimana dimasa pandemi ini mengharuskan siswa untuk melaksanakan sekolah dengan pembelajaran jarak jauh (PJJ). Dengan sistem pembelajaran jarak jauh (PJJ) menjadi pertentangan bagi orang tua siswa yang menganggap sistem ini tidak efektif dan orang tua berfikir dengan sistem pembelajaran ini sama saja anak mereka tidak bersekolah. Dampak lainnya, yaitu terjadi keksenjangan sosial. Kesenjangan sosial muncul  ketika kelompok-kelompok sosial bersaing. Dalam kompetisi, ada pihak pemenang dan kalah, atau kelompok yang beruntung dan kelompok yang “kurang” beruntung.

Dari permasalahan tersebut pemerintah harus mengambil langkah terhadap perbaikan di dunia pendidikan nantinya setelah pasca pandemi.

Artikel ini telah dibaca 21 kali

Baca Lainnya

Zulpikar, Pengamat Politik Bank Zoel Institute : Banyak Kejanggalan Pada Pemilu 2024

20 February 2024 - 22:06 WIB

Rapat Tahun OJK, Ketua MPR RI Bamsoet Optimistis Perekonomian Nasional Meningkat Pasca Pemilu 2024

20 February 2024 - 17:46 WIB

Pelaku Penganiayaan di Patikraja Banyumas Dibekuk Polisi

20 February 2024 - 15:04 WIB

Babinsa Kratonan Dampingi Petugas Dinsos Cek Warga Terlantar

19 February 2024 - 18:54 WIB

Kelelahan luar biasa jadi penyebab ketua kpps di ujung Berung Bandung meninggal dunia

18 February 2024 - 13:09 WIB

*Terjadi Kelalaian Pemungutan Suara di TPS 02 Kel. Bulogading Kec. Ujung Pandang, Warga Desak KPU Lakukan Pemiligan Suara Ulang*

18 February 2024 - 11:28 WIB

Trending di Bisnis