Menu

Mode Gelap
Djauzi dan Rafa Jadi Mojang Jajaka Kota Bandung 2023 *Pemilu 2024 Momentum Bagi Rakyat Indonesia Menentukan Masa Depan Negara dan Bangsa* Ini salah satu manfaat dari pajak yang Anda bayarkan… fasilitas kesehatan kepada seluruh masyarakat Indonesia, seperti @bpjskesehatan_ri. Ditjen pen pada rapat kerja HIMKI tahun 2023 Penandatanganan nota kesepahaman dan perjanjian kerja sama antara badan pengawas keuangan dan pembangunan dengan provinsi Papua Selatan Papua tengah Papua pegunungan dan Papua barat daya

Pendidikan · 9 Jul 2023 18:10 WIB ·

Mengembangkan Digital Skill Melalui Studi Independen di Binar Academy


 Kegiatan Studi Independen di Binar Academy Perbesar

Kegiatan Studi Independen di Binar Academy

Program Studi Independen Kampus Merdeka merupakan kegiatan yang dirancang untuk memberikan kesempatan bagi para mahasiswa dalam mendapatkan pengalaman serta peningkatan skill sehingga menjadi lebih siap dalam menghadapi dunia kerja nantinya. Kegiatan ini dilakukan melalui aktivitas di luar perkuliahan, namun tetap diakui sebagai bagian dari perkuliahan. Para mahasiswa akan dibimbing oleh para profesional yang berpengalaman dari berbagai organisasi dan perusahaan terkemuka di dunia.

Satu di antara banyak perusahaan yang menjadi mitra dari kegiatan Studi Independen adalah PT. Lentera Bangsa Benderang. PT. Lentera Bangsa Benderang dengan nama Binar Academy ini  merupakan pelopor startup EdTech (Educational Technology) di Indonesia yang fokus bergerak di bidang pengembangan digital skill dan talenta dengan menyediakan akses ke pengalaman belajar yang disempurnakan dengan perjalanan belajar yang jelas, terarah, melalui gaya belajar yang beragam, serta para pengajar yang telah ahli di bidangnya. Bidang pembelajaran yang disediakan oleh Binar Academy salah satunya adalah UI/UX Design.

Program Studi Independen di Binar Academy pada  bidang UI/UX Design dalam proses pembelajarannya terdiri atas pembelajaran yang dibimbing oleh fasilitator melalui fitur video conference (zoom), pembelajaran individu, pengerjaan pre-test untuk mengukur sejauh mana pemahaman mahasiswa pada materi yang akan dipelajari, dan challenge yang diberikan setiap memasuki materi baru, serta pengerjaan proyek akhir yang bertujuan untuk mengasah kemampuan, pengembangan, dan mengaplikasikan pengetahuan yang telah dipelajari secara keseluruhan mulai dari materi chapter pertama sampai terakhir. Kegiatan ini dilakukan kurang lebih lima bulan yang dimulai dari tanggal 16 Februari 2023 sampai dengan 30 Juni 2023.

Dari semua materi yang diberikan, didapatkan berbagai hasil sebagai berikut.

  1. Mengetahui pengantar dunia pemrograman.
  2. Memahami fundamental UI/UX.
  3. Memahami design thinking process emphatizing dan melakukan riset untuk kebutuhan UI/UX.
  4. Memahami design thinking process defining dan ideation dengan komponen di dalamnya untuk mendefinisikan permasalahan, memvalidasi, dan mencari ide solusi permasalahan user.
  5. Mampu membuat prototype product dengan menggunakan design system yang sudah disusun.
  6. Memahami mekanisme testing untuk diterapkan pada desain produk yang telah dibuat dalam memperoleh feedback dari calon pengguna untuk iterasi berikutnya.
  7. Memahami UX Writing dan dan menerapkan UI/UX Revamp untuk dipublikasikan pada stakeholder dan menyusun UX Portofolio.
  8. Memahami peran UI/UX dalam pengembangan perangkat lunak dan manajemen proyek.
  9. Membuat sebuah desain produk dalam bentuk aplikasi mobile dan website yang mempu memecahkan permasalahan pengguna berdasarkan hasil riset/temuan dan proses UI/UX, serta mengomunikasikan bagaimana desain produk yang dirancang dapat membantu pengguna.

Akan ada banyak manfaat yang bisa didapatkan dengan mengikuti Studi Independen di Binar Academy. Binar Academy memberikan pengalaman melatih digital skill yang berbeda dengan kurikulum yang dirancang sesuai kebutuhan industri. Melalui kegiatan ini, kita bisa memiliki peluang yang besar dalam melanjutkan karier impian.

Artikel ini telah dibaca 47 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Zulpikar, Pengamat Politik Bank Zoel Institute : Banyak Kejanggalan Pada Pemilu 2024

20 February 2024 - 22:06 WIB

Rapat Tahun OJK, Ketua MPR RI Bamsoet Optimistis Perekonomian Nasional Meningkat Pasca Pemilu 2024

20 February 2024 - 17:46 WIB

Pelaku Penganiayaan di Patikraja Banyumas Dibekuk Polisi

20 February 2024 - 15:04 WIB

Babinsa Kratonan Dampingi Petugas Dinsos Cek Warga Terlantar

19 February 2024 - 18:54 WIB

Kelelahan luar biasa jadi penyebab ketua kpps di ujung Berung Bandung meninggal dunia

18 February 2024 - 13:09 WIB

*Terjadi Kelalaian Pemungutan Suara di TPS 02 Kel. Bulogading Kec. Ujung Pandang, Warga Desak KPU Lakukan Pemiligan Suara Ulang*

18 February 2024 - 11:28 WIB

Trending di Bisnis